Lifestyle

Pesta Para Pecinta Modifikasi

26 Februari, 2018

Image Pesta Para Pecinta Modifikasi

Hobi modifikasi adalah hal yang lumrah di kalangan para pecinta mobil. Biasanya tingkat pergaulan berbanding lurus dengan selera gaya dan kepiawaian bermain modifikasi pada mobil. Terlepas dari umur, namun mereka yang sering disebut ‘anak mobil’ ini senang sekali berkumpul, biasanya terbentuk dari suatu komunitas atau malah berkumpul menjadi suatu komunitas sendiri. Kini para individu pecinta modifikasi dan juga teman-teman satu komunitas bisa ikut bersenang-senang di ajang modifikasi internasional yang akan diadakan di Tanah Air. Acara yang sedianya akan membuat gebrakan di bulan November 2018 ini akan diberi nama Indonesia Modification Expo (IMX). Acara ini digagas oleh Asosiasi Pemodifikasi dan Aftermarket atau National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).

Di awal tahun, tepatnya 10 hingga 12 Februari 2018, NMAA sudah mulai menjajal gagasannya dengan tampil di Osaka Automesse. Dengan mengusung tema Great Indonesia, Andre Mulyadi sebagai founder NMAA menyatakan bahwa usaha asosiasi melalui acara ini adalah untuk memamerkan mereka aftermarket asli Tanah Air, serta menampilkan hasil modifikasi seniman dalam negeri agar bisa lebih banyak dilihat oleh dunia. Osaka Automesse sendiri adalah sebuah perhelatan ‘Car and Customizing Motor Show’ yang diadakan di Kansai dan setiap tahunnya menjaring paling tidak 200.000 pengunjung. Mulai diadakan sejak 1997, acara di tanggal 10 Februari kemarin adalah perhelatannya yang ke-22.

            Yang sukses diboyong ke Jepang dalam pameran ini adalah unit Mercedes-Benz E250 W212 milik Chandra Kenzo, produk ban local Accelera, suspensi udara Revolt.id, produk lampu Yoong Motor, rumah airbrush Tomy Airbrush, distro otomotif ZC Distromotive, dukungan Bank BJB sebagai bank lokal juga yang turut membantu menyukseskan berjalannya pameran Great Indonesia ini. Acara serupa di Jepang sebenarnya sudah banyak sekali, seperti Nagoya Auto Trend dan Fukuoka Custom Car Show. Sementara di belahan bumi lain ada SEMA Motor Show yang tahun lalu didaulat di Las Vegas.

SEMA Motor Show ini adalah perayaan produk aftermarket terbaik dan modifikasi tergila dari Amerika dan sekitarnya. Walaupun Anda tergiur dengan mobil yang dipajang di acara ini, sayangnya sebagian besar tidak dijual. Uniknya, para producen mobil menjadikan acara ini sebagai ajang survey mereka—artinya jika ada yang menjadi ketertarikan pasar, biasanya mereka akan memproduksi versi sejenis. Jika Amerika dirasa terlalu jauh untuk berpartisipasi, mungkin keluarga Wuling bisa mulai melirik negara tetangga. Di Thailand juga diadakan acara serupa, yaitu Bangkok International Auto Salon. Perhelatan di Bangkok berani menjulukki dirinya sendiri sebagai ASEAN’s Biggest and Most Exciting Modified Car Show. Pesta megah bagi para pecinta modifikasi ini akan diadakan tanggal 4 hingga 8 Juli 2018.

Menyambut IMX yang rencananya akan diadakan di November 2018 nanti, kira-kira sudah ada ide modifikasi apa dari keluarga Wuling untuk mendandani seri Confero dan Corteznya agar tampil lebih keren dan seru? Bersiaplah dari sekarang, mumpung masih ada jarak 9 bulan ke depan. Semangat drive for a better life!

 

 

http://otomotif.kompas.com/read/2018/01/25/194703715/lagi-modifikator-lokal-bawa-nama-indonesia-go-international

https://www.thesun.co.uk/motors/4816590/sema-motor-show-2017-the-best-modified-cars-on-show-in-las-vegas-from-monster-trucks-to-muscle-cars/

http://www.automesse.jp/en/