Lifestyle

Sunroof – Tampil Berkelas ala Cortez

5 Maret, 2018

Image Sunroof – Tampil Berkelas ala Cortez

Jika sebelumnya fitur sunroof hanya bisa kita temui di seri mobil mewah, kini kemewahan itu bisa dimiliki dan dirasakan semua kalangan. Sunroof adalah sebuah panel kaca yang terletak di bagian atap mobil, persisnya ada di atas kursi depan. Mekanismenya ada yang bisa dibuka/digerakkan secara manual dan ada pula yang digerakkan oleh tenaga motor. Pada awalnya fitur sunroof diciptakan untuk memberikan kesejukan bagi penumpang mobil di tengah perjalanan, jadi sewaktu-waktu butuh angin segar tinggal dibuka saja.

Perusahaan mobil pertama yang membuat fitur ini adalah Nash Motor Company di tahun 1937, selanjutnya begitu banyak merek mobil lain yang menawarkan fitur ini dan kebanyakan adalah mobil yang cukup mewah seperti sedan atau limosine. Melompat 81 tahun kemudian, kini di 2018 Wuling Motors menawarkan fitur ini di seri terbarunya, yaitu Cortez, karena Wuling ingin menawarkan sebuah pilihan yang bisa dirasakan cukup mewah untuk penggemar MPV buatan Cikarang ini. Namun, jika kamu masih belum mengerti atau belum terbiasa dengan fungsi sunroof, silakan ikuti beberapa informasi menarik ini ya.

 

Fungsi Sunroof

Seperti yang sudah kita ketahui, sunroof bisa berguna sebagai fitur alternatif untuk sirkulasi udara. Di saat udara di dalam kabin terlalu pengap, dia bisa bermanfaat untuk membantu sirkulasi udara selain jendela pintu. Di tengah perjalanan, jika kita ingin mematikan AC dan ingin merasakan sejuknya angin alami, tombolnya tinggal dipencet maka sirkulasi udara akan lebih lancar dan angin segarpun bisa kita rasakan berhembus mengisi seluruh ruang kabin. Namun, tentunya kita juga perlu waspada dengan partikel pasir atau debu yang juga mungkin ikut masuk.

 

Perawatan Mobil dengan Sunroof

Saat kita perlu udara segar menggunakan sunroof, ketahuilah bahwa kita tidak perlu membukanya lebar-lebar. Perhatikan situasi sekitar; jika sedang di tengah kemacetan tentunya kita tidak ingin polusi dari asap knalpot di sekitar memasukki ruang kabin. Jika sedang di sekitar jalan berpasir atau pantai, kita bisa buka sedikit saja panel sunroofnya agar membatasi kemungkinan jumlah pasir atau debu yang masuk ke area kabin. Tidak hanya ke permukaan interior mobil, tetapi ancaman pasir ini juga mungkin saja akan mengganggu fungsi panelnya, karena ukuran pasir yang sangat kecil mampu menyumbat sambungan panel sunroof ini. Cara terbaik tentunya adalah dengan rajin mencuci mobil dan membersihkan sela-sela di area panel sunroof ini. Sambungan karet dan motor elektriknya juga harus rajin diawasi dan dirawat.

Yang menyenangkan dari sunroof yang disediakan di seri Cortez ini adalah penumpang tidak langsung kontak dengan sinar matahari, karena panel sunroofnya sudah dilengkapi dengan lapisan penutup yang bisa dibuka secara manual maupun menggunakan tombol otomatis. Untuk memastikan kamu mendapartkan seri Cortez yang sesuai dengan keinginanmu—baik dengan atau pun tanpa sunroof, segera kunjungi dealer terdekat di kotamu dan dapatkan informasi selengkap-lengkapnya sebelum memutuskan untuk membeli Cortez yang sesuai dengan pilihanmu. The new choice of MPV is finally here!

http://blog.autointhebox.com/3-top-functions-of-sunroof-and-how-to-maintain-it.html

http://mentalfloss.com/article/60012/moonroof-different-sunroof