Tetap Sehat Sambil Menyetir - Wuling Motors

Lifestyle

Tetap Sehat Sambil Menyetir

28 Agustus, 2018

Image Tetap Sehat Sambil Menyetir

Apakah Anda sempat menghitung berapa kali Anda menguap sambil menyetir dalam perjalanan ke kantor tadi pagi? Mengantuk adalah efek alamiah saat otak Anda kekurangan asupan oksigen saat tidur malam, terlebih jika Anda kekurangan waktu tidur malam Anda.

Jika Anda punya waktu luang sekitar satu jam untuk pergi ke pusat kebugaran (gym) sebelum jam masuk kantor akan sangat bagus, sehingga tubuh Anda dapat digerakkan secara aktif dan tubuh pun akan lebih terpancing untuk mengalirkan asupan oksigen ke seluruh anggota tubuh, termasuk ke otak. Saat menyetir, tubuh kita terpaksa harus berada dalam posisi duduk—tidak jarang hingga berjam-jam lamanya dalam menembus kemacetan Ibu Kota. Lalu bagaimana cara menghalau rasa kantuk saat menyetir?

Mudah saja. Jika Anda masih ingat gerakan senam pagi atau pernah ikut kelas yoga, maka beberapa gerakan tersebut bisa dipraktikkan saat Anda menyetir dalam kondisi duduk. Berikut adalah beberapa bagian persendian tubuh yang perlu Anda latih agar tidak tegang karena terlalu lama menyetir:

Leher

Saat menyetir tentunya pandangan akan lebih fokus menghadap ke depan, dengan pandangan mata sesekali bergeser ke kaca spion di atas kepala dan di sisi kanan kiri mobil. Namun tanpa disadari leher Anda pasti tegang karena terlalu lama memandang ke depan. Yang bisa Anda lakukan adalah letakkan jemari kiri Anda di dagu, lalu dorong ke arah kanan selama hitungan 10 detik. Lalu lakukan hal yang sama dengan tangan kanan Anda ke arah kiri. Kemudian dorong dagu ke arah atas, sehingga mata Anda dapat melihat ke arah-langit-langit mobil—lakukan ini selama 10 detik.

Jika sudah, lanjutkan dengan menengok ke arah kanan dan kiri, masing-masing juga 10 detik lamanya. Jika ingin lebih seru, nyalakan musik R&B di head unit Cortez Anda, dan goyangkan kepala sesuai irama musik. Dijamin Anda akan langsung segar kembali.

Lengan

Mirip dengan leher Anda, lengan pun bisa kram dan tegang karena terlalu lama menggenggam setir kemudi. Anda bisa menekuk punggung tangan kiri Anda menggunakan telapak tangan kanan Anda selama sekitar 3—5 detik, sebaliknya, tekuk punggung tangan kanan Anda menggunakan telapak tangan kiri. Kemudian letakkan jemari tangan kanan Anda pada telapak tangan kiri, lalu tekan kuat-kuat selama 3 kali, dan sebaliknya.

Selanjutnya, Anda bisa menekuk siku kedua tangan, lalu hentakkan ke depan. Terakhir, dengan kepalan tangan kanan, Anda bisa pukul-pukul lengan kiri Anda. Jangan terlalu keras, yang penting tangan Anda seolah dipijit. Lakukan juga hal yang sama pada lengan kanan Anda.

Angkat lengan kanan Anda, lalu tekuk siku ke arah punggung dan tarik siku kanan Anda menggunakan tangan kiri, kemudian hitung 5—10 detik. Dan sebaliknya tekuk juga lengan kiri Anda dengan cara yang sama.

Punggung

Efek dari terlalu lama duduk pasti punggung Anda pegal-pegal. Solusinya adalah meregangkan otot. Rapatkan jemari kedua tangan di depan dada, lalu balikkan telapak kedua tangan mengarah ke atas dan tarik terus ke arah langit-langit mobil. Saat Anda melakukan ini maka urat dan tulang punggung Anda akan tertarik sehingga otot-otot di dalamnya tidak akan tegang. Akan lebih bagus lagi jika saat di kantor Anda tidak duduk terus-menerus sehingga otot punggung Anda terus aktif.

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan duduk tegak, lalu busungkan dada ke depan sampai tulang punggung Anda terasa tertarik ke depan dan ke atas, kembali ke posisi tegak, dan ulangi aktivitas ini selama 3—5 kali.

Pinggang

Biasanya area pinggang ini efeknya Anda rasakan saat pulang kerja, akibat dari penumpukan tekanan saat duduk dan jarang digerakkan. Maka, saat di mobil cobalah genggam setir kemudi sebelah kanan menggunakan telapak tangan kiri sambil tangan kanan Anda menggenggam jok sebelah kanan, lalu ‘patahkan’ pinggang Anda ke arah kanan, dan sebaliknya ke arah kiri agar seimbang.

Terakhir, seiring irama musik, duduk tegak kemudian goyangkan badan Anda ke kiri dan ke kanan. Jika gerakan Anda benar, maka Anda akan bisa merasakan kedua sisi pinggang Anda diaktifkan.

Pastikan lampu lalu lintas dalam kondisi merah saat Anda melakukan gerakan pergangan otot ini dan selalu waspada dengan kondisi jalanan di depan, kanan kiri, dan belakang Anda. Selamat mencoba yoga di dalam mobil & selalu sehat! Drive for a Better Life!

 

Quick Help