TIPS MENYIAPKAN DANA PENDIDIKAN UNTUK BUAH HATI TERCINTA - Wuling Motors

Lifestyle

TIPS MENYIAPKAN DANA PENDIDIKAN UNTUK BUAH HATI TERCINTA

22 Desember, 2017

Image TIPS MENYIAPKAN DANA PENDIDIKAN UNTUK BUAH HATI TERCINTA

Sudahkah Anda menyiapkan dana pendidikan untuk buah hati tercinta? Jika saat ini usia putra-putri Anda masih balita, ini adalah saat yang tepat untuk menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk dana pendidikan mereka. Untuk pendidikan dasar dan menengah, mungkin  masih dapat terjangkau tetapi bagaimana dengan biaya untuk kuliah mereka kelak? Biayanya tidak sedikit lho, jangankan perguruan tinggi swasta, untuk perguruan tinggi negeri pun saat ini biayanya mahal. Sebagai orang tua pasti Anda ingin membekali pendidikan yang terbaik, bukan?

Berikut adalah beberapa kesalahan yang umumnya dilakukan orang tua dalam menyiapkan dana pendidikan untuk anak :

  1. Tidak melakukan perencanaan
    Kesalahan dalam merencanakan dana pendidikan anak yang paling fatal adalah tidak melakukan perencanaan. Jika Anda sebagai orang tua, tidak memiliki persiapan dan rencana untuk pendidikan anak, maka Anda sudah melakukan kesalahan fatal.
  2. Terlambat mulai merencanakan
    Keterlambatan tersebut terjadi bukan karena orang tua tidak sadar pentingnya perencanaan, melainkan karena orang tua MENUNDA.  Ciri-ciri penundaan yang sering terjadi :
  • Untuk membeli barang-barang konsumtif. Jika Anda ingin membeli mobil, pertimbangkan untuk memilih mobil yang sesuai budget dan memiliki nilai lebih untuk keluarga.
  • Menganggap masih cukup waktu untuk menabung, karena anak masih kecil
  • Ayah dan ibu saling melempar tanggung jawab tentang dana pendidikan anak

3. Mengabaikan kenaikan harga / inflasi
Ada beberapa orang yang salah melakukan perencanaan dana pendidikan, karena mengabaikan faktor inflasi atau kenaikan biaya pendidikan. Rata-rata kenaikan biaya pendidikan di Indonesia adalah 15% – 20% per tahun

4. Salah menentukan waktu
Terkadang ada orang tua salah menentukan perkiraan antara waktu dan biaya yang dibutuhkan. Pada saat Anda menentukan periode waktu, perlu disesuaikan dengan umur anak saat ini.

5. Menabung atau berinvestasi terlalu sedikit
Kesalahan berikutnya adalah Anda menabung atau berinvestasi terlalu sedikit. Perlu diingat, semua perhitungan keuangan selalu dilandaskan asumsi-asumsi perhitungan. Dalam melakukan perhitungan, idealnya Anda menggunakan asumsi-asumi yang realistis.

6. Berinvestasi tanpa rencana
Selain itu Anda juga perlu mengetahui sebaiknya Anda menabung atau berinvestasi diproduk mana? Berapa jumlahnya? Kapan waktunya? Banyak sekali produk-produk keuangan yang didesain untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak, mulai dari tabungan pendidikan berjangka, deposito, asuransi pendidikan, investasi reksa dana dan produk investasi lainnya.

Sangat penting untuk menentukan produk investasi atau tabungan untuk pendidikan yang tepat. Simak beberapa tahap di bawah ini, yang bisa dilakukan untuk merencanakan biaya pendidikan anak dengan tepat:

  1. Melihat kondisi keuangan
    Catat dan hitung semua aset yang dimiliki saat ini, baik itu yang berupa dana tunai ataupun berbagai investasi lainnya. Tinjau kembali semua persediaan dana yang dimiliki saat ini, lalu hitung nilai proyeksinya di masa yang akan datang ketika anak akan menempuh pendidikan di bangku kuliah nanti (misalnya 18 tahun mendatang).
    Hal ini akan membantu Anda untuk dapat melihat kemampuan keuangan Anda saat ini, dalam memenuhi kebutuhan biaya pendidikan anak di masa yang akan datang. Jika telah mengetahui kemampuan, maka Anda dapat mengatasinya dengan lebih mudah lagi.
  2. Hitung jumlah biaya pendidikan anak di masa yang akan datang
    Langkah selanjutnya adalah melakukan perhitungan jumlah biaya yang akan dibutuhkan anak untuk pendidikannya di masa yang akan datang. Lakukan hal ini secara bertahap, mulai dari jenjang pendidikan yang paling rendah, hingga kelak anak akan duduk dan menyelesaikan pendidikannya di bangku kuliah. Jumlahnya mungkin akan sangat besar, jadi jangan sampai kaget dengan hal ini.
  3. Hitung kekurangan biayanya
    Setelah melakukan perhitungan biaya pendidikan anak di masa yang akan datang dan mendapatkan angka yang akurat, maka Anda sudah bisa menghitung jumlah kekurangan dana yang Anda butuhkan untuk hal tersebut. Bandingkan dengan jumlah dana yang dimiliki sekarang, sehingga bisa dengan mudah menemukan nilai kekurangannya di masa yang akan datang.
    Kekurangan inilah yang harus diantisipasi sejak awal, yakni dengan melakukan investasi atau menyiapkan sejumlah dana pendidikan dengan cara membeli produk asuransi pendidikan.
  4. Beri produk asuransi pendidikan yang tepat
    Hampir semua perusahaan asuransi memiliki produk asuransi pendidikan. Anda akan memiliki sejumlah pilihan produk yang dapat dipertimbangkan, tentunya dengan cara mengumpulkan berbagai informasi yang akurat terlebih dahulu. Jangan lupa untuk selalu melakukan perbandingan antara satu produk dengan produk yang lainnya, sehingga dapat menemukan dan membeli sebuah produk terbaik yang paling tepat untuk kebutuhan keuangan ini.

Meski asuransi pendidikan tidak dapat memenuhi semua kebutuhan dana pendidikan tersebut, namun produk ini akan sangat membantu untuk lebih mudah dan ringan dalam mengatasi kebutuhan dana pendidikan anak di masa yang akan datang. Pilih produk yang terbaik, agar kebutuhan dana ini dapat terpenuhi dengan baik di masa yang akan datang.

https://www.finansialku.com/6-kesalahan-saat-merencanakan-dana-pendidikan-anak/

https://www.cermati.com/artikel/khusus-para-orangtua-siapkan-dana-pendidikan-anak-melalui-asuransi-pendidikan



Quick Help