Lifestyle

Tips Mudik Lebaran Bersama Balita

20 Juni, 2017

Image Tips Mudik Lebaran Bersama Balita

Mudik alias pulang kampung sudah menjadi bagian dari tradisi lebaran di Indonesia. Banyak moda transportasi yang bisa menjadi pilihan mulai dari pesawat terbang sampai dengan mobil pribadi. Dikarenakan arus mudik yang padat, dibutuhkan kesabaran dan trik khusus supaya acara mudik menjadi lancar dan menyenangkan. Apalagi jika anda memiliki balita. Membawa balita dalam perjalanan jauh tentunya cukup merepotkan, apalagi jika ini adalah perjalanan pertama anda bersama si kecil.

Beberapa hal ini harus menjadi perhatian bagi keluarga yang memutuskan untuk mudik lebaran bersama balita :

1.Cek kesehatan anak

Sebelum bepergian sebaiknya periksakan dulu kesehatan sang buah hati. Tidak ada salahnya untuk menanyakan pendapat dari dokter anak kepercayaan, jika terindikasi kesehatan yang kurang baik, ada baiknya mempertimbangkan kembali jadwal keberangkatan.

2.Membawa obat-obatan standar P3K

Parasetamol, minyak kayu putih, plester atau obat merah bisa disertakan dalam daftar barang yang akan dibawa. Meskipun tidak selalu digunakan, tetapi obat-obatan standar akan sangat menolong meredakan sakitnya.

3.Menyiapkan pakaian yang nyaman

Sebaiknya orang tua mempertimbangkan bahan pakaian yang akan dikenakan si kecil. Apalagi, pakaian yang dipilih untuk dikenakan selama perjalanan. Pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat, bahannya bertekstur halus dan tidak banyak ornamen. Pakaian sebaiknya mudah dilepaskan, hal ini memudahkan jika dalam perjalanan tiba-tiba si kecil muntah atau buang air.

4.Menyiapkan baju hangat atau selimut

Jangan pernah melupakan jaket, baju hangat, atau selimut. Terlebih bila perjalanan yang ditempuh memiliki jarak cukup jauh. Baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, pakaian hangat sangat penting untuk dibawa. Tentu anda tidak ingin si kecil terserang flu atau masuk angin selama bepergian, kan?

5.Memisahkan sebagian pakaian dan perlengkapan bayi di tas kecil

Membawa tas kecil yang terpisah adalah keharusan jika membawa anak-anak. apalagi kalau sang buah hati masih berusia balita bahkan bayi. Tas khusus ini harus menampung semua kebutuhan anak selama perjalanan saja.Pakaian ganti, handuk kecil, minyak telon, minyak kayu putih sampai popok  harus ditempatkan di dalam tas ini. Tujuannya supaya anda tidak repot jika si kecil harus berganti pakaian.

6.Membawa mainan

Mainan kesayangan si kecil dapat membantunya tenang selama berada di perjalanan. Pilihlah mainan yang mudah dibawa dan yang menjadi favoritnya. Jangan sampai mainan favoritnya tertinggal, yang malah membuat si kecil gusar.

7.Membawa makanan kecil dan minuman

  • Pilihlah makanan yang berkalori cukup, tidak mudah basi dan tidak merepotkan. Roti, biskuit, buah bisa menjadi pilihan. Hal yang terpenting adalah memastikan perut anak tidak pernah kosong. Perut yang kosong membuat pertahanan tubuhnya melemah. Efeknya, si kecil rentan terkena penyakit. Apalagi jika menggunakan kendaraan umum. Bisa saja, penumpang lain sedang sakit, sehingga tidak sengaja sang buah hati tertular.s
  • Selain makanan, kebutuhan cairan si kecil tetap harus terjaga. Meski terasa berat, tapi minuman akan menjaga si kecil terhindar dari dehidrasi.

8.Memastikan keamanan dan kenyamanan kendaraan yang digunakan

Memilih kendaraan yang sesuai akan membantu kenyamanan anak di perjalanan. Baik dari sisi keamanan, kebersihan maupun kenyamanan selama perjalanan. Jika anda merasa tidak sreg dengan kendaraan tersebut, jangan ragu untuk membatalkan perjalanan anda.

9.Mempelajari cara melakukan pertolongan pertama

Pelajari tata cara pertolongan pertama yang standar. Mulai dari cara menangani luka, bayi yang tersedak, sampai memberikan pijatan lembut bagi si kecil. Tujuannya supaya anda tidak panik jika mendadak bayi atau balita terluka. Dan anak bisa segera ditolong.

http://parenthink.net/tips-bepergian-bersama-bayi/

Jika anda merasa ragu-ragu dan merasa tidak siap untuk melakukan perjalanan mudik lebaran dengan si kecil, sebaiknya ditunda di lain waktu. Dan bagi yang berencana untuk bepergian bersama si kecil, jaga selalu kesehatan si kecil supaya perjalanan mudik nanti dalam kondisi kesehatan yang prima.