Berita Wuling

Discover the New Choice Sensation: Cortez Menyebrangi Timur Jawa

15 Maret, 2018

Image Discover the New Choice Sensation: Cortez Menyebrangi Timur Jawa

Jumat, 2 Maret 2018 kemarin, Cortez bersama sejumlah rekan wartawan resmi menempuh total 328 kilo meter perjalanan dari titik awal dealer Wuling Motors di Semarang di Jalan Sudirman hingga titik akhir di dealer Jalan Mayjen Bambang Soegeng, Magelang. Jalur sempit, menanjak, penuh dengan belokan memberikan Cortez kesempatan emas untuk membuktikan performanya—di samping juga jalan lurus sepanjang tol Semarang—Bawen yang memberikan Cortez kesempatan penting untuk melaju cepat dalam keadaan tetap stabil dan tidak limbung.

Keseruan itu kini kami lanjutkan dengan menyebrangi wilayah timur pulau Jawa yang eksotis. Jalur yang kami lalui di perjalanan kedua bersama Cortez kali ini sudah kami pilihkan agar setiap peserta test drive kali ini juga mengalami ragam tantangan dan sensasi yang baru dalam mengendarai medium MPV baru dari Wuling Motors. Segala pertanyaan konsumen mengenai transmisi 6 percepatan manual, i-AMT, sistem roda penggerak depan, serta berbagai fitur keselamatan seperti AVH, HHC, ABS, EBD, dan lainnya dibuktikan oleh pengalaman pribadi masing-masing jurnalis pada rangkaian perjalanan dari tengah hingga timur pulau Jawa ini.

Di kesempatan ini kami turut mengundang para jurnalis yang sudah sangat akrab dengan perjalanan Wuling Motors di Indonesia sejak 2015 silam. Perjalanan yang dimulai dari terminal 3 bandara Soekarno-Hatta pada tanggal 7 Maret 2018 ini mempertemukan teman-teman jurnalis dari berbagai media di Indonesia. Penerbangan pukul 8.20 pagi itu telah mengantarkan seluruh rombongan Wuling dan jurnalis dengan selamat di Malang. Pada kunjungan pertama, yaitu dealer Malang, peserta perjalanan penuh sensasi bersama Cortez ini mendapatkan informasi penting tentang keseriusan Wuling Motors dalam membangun jaringan penjualan demi terpenuhinya permintaan konsumen di Indonesia akan kendaraan bermutu, serta kebutuhan akan layanan purna jual seperti perawatan dan suku cadang untuk mendukung keberlangsungan kenyamanan penggunaan kendaraan dari Wuling Motors.

Kenyamanan perjalanan belum lengkap tanpa pemenuhan persyaratan keamanan sebelum berkendara. Maka itu, kami turut mengundang tim dari SDCI (Safety & Defensive Driving Training) untuk menginformasikan beberapa arahan penting dalam berkendara. Sejak hari pertama hingga ketiga, seluruh peserta mendapatkan informasi bermanfaat mengenai berkendara secara aman dari cara duduk yang benar, etika berkendara di jalanan, serta fitur-fitur penting pada Cortez untuk mendukung performa yang memuaskan selama berkendara.

Dari lokasi dealer kami pun beranjak menuju sebuah restoran asri untuk menikmati makan siang agar tenaga bisa terisi penuh menuju titik kedua, yaitu Teras Plataran Bromo. Salah satu fitur yang dijajal pertama kali adalah sensor dan layar head unit yang terhubung ke kamera di belakang saat memarkir mobil, “Canggih!” ungkap salah seorang wartawan yang memarkirkan Corteznya. Setelah menikmati waktu kudapan dan mengisi energi, rombongan pun melaju menuju area di Bromo yang kami sebut Pasir Berbisik—mengadaptasi sebuah film nasional, diperankan oleh Dian Sastrowardoyo yang sempat sensasional di tahun 2001. Fitur keselamatan, electronic stability control (ESC) menjadi andalan saat membelah jalur berpasir ini sehingga Cortez tetap stabil melaju dan tidak oleng. Rangkaian Cortez pun berhenti beberapa saat untuk mencari spot berfoto yang bagus agar Cortez dan para pengemudinya terlihat fotogenik, walaupun sayangnya saat itu sudah menjelang malam, sehingga pencahayaan kurang baik untuk berfoto.

Perjalanan hari pertama sejauh 92,37 km pun berhasil dilewati oleh setiap peserta dan diakhiri saat tiba di Jiwa Jawa untuk beristirahat malam itu. Keesokan paginya, sesi dimulai oleh Pak Sony dari SDCI untuk memberikan arahan mengenai berkemudi yang aman sebelum melaju ke destinasi selanjutnya. Dalam perjalanan ini, para jurnalis disarankan untuk menggunakan mode transmisi manual dengan gigi rendah agar aman ketika berjalan di medan yang menurun. Pemandangan indah dan cuaca yang cerah dapat dinikmati lebih puas dengan adanya fitur electric sun roof yang membuat perjalanan semakin menyenangkan. Setelah menempuh perjalanan selama 2,5 jam, peserta pun tiba di restoran untuk makan siang agar kembali bertenaga untuk tujuan selanjutnya, yaitu Taman Dayu Golf untuk menikmati kudapan sore serta bermain mini golf bersama. Perjalanan ini menjadi terasa sangat akrab dan menyenangkan karena semua yang hadir sangat menikmati rangkaian perjalanannya dan senyum lebar yang terlihat di setiap wajah. Perjalanan yang dinanti pun tiba; menjajal kecepatan maksimal.

Setelah sebelumnya mengetes transmisi manual, akhirnya para jurnalis bisa memainkan transmisi i-AMT untuk menembus jalur tol menuju Surabaya. Kehadiran fitur moda sport menghasilkan tenaga yang memungkinkan Cortez berlari hingga kecepatan 170 km/jam. Dukungan independent rear suspension sangat terasa dalam perjalanan ini, sehingga jurnalis yang duduk di baris ketiga pun mengaku tetap merasa nyaman ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Selain itu, suara dalam kabin pun tetap redam, sehingga kenyamanan ekstra pun bisa dialami saat menyetir. Setibanya di Surabaya para jurnalis menikmati makan malam di Domicile Kitchen and Lounge, serta meraih beragam hadiah dalam acara Appreciation Night. Senyuman di wajah mereka pun semakin lebar malam ini dan begitupun bagi kami di Wuling.

Menutup malam kedua, kami semua memasukki kamar masing-masing di Fairfield Marriott Hotel. Perjalanan ekstra melelahkan sepanjang 204,5 km ini terbayarkan dengan ungkapan kepuasan teman-teman jurnalis; untuk mobil 200 jutaan rasanya hampir sama dengan MPV premium. Tenaga, torsi, dan traction control di luar dugaan bekerja dengan sangat baik. Kepuasan inilah yang menjadi harapan kami, agar Cortez menjadi benar-benar sebuah pilihan baru yang memuaskan konsumen Indonesia.

Hari ketiga dimulai dengan kembali mengunjungi dealer Wuling yang terletak di Jl. HR. Muhammad. Mirip sesi test drive di Jawa Tengah, kini rekan jurnalispun kami berikan sertifikat dari SDCI yang menyatakan kelihaian mereka dalam berkendara dan mematuhi saran serta arahan berkendara yang aman. Dilanjutkan dengan mengelilingi seisi dealer, para jurnalis pun semakin teryakinkan dengan kesungguhan Wuling Motors dalam berkarya di Indonesia, oleh Indonesia, dan untuk Indonesia. Penghujung kebersamaan kini sudah di depan mata saat kami semua menaiki pesawat menuju ibukota dari bandara Juanda. Semoga apa yang kami suguhkan untuk Indonesia menjadi suatu karya yang berkenan demi Indonesia yang lebih baik. Drive for a Better Life!