MPV, KENDARAAN FAVORIT MASYARAKAT INDONESIA - Wuling Motors

Berita Wuling

MPV, KENDARAAN FAVORIT MASYARAKAT INDONESIA

8 Agustus, 2017

Image MPV, KENDARAAN FAVORIT MASYARAKAT INDONESIA

Sejak pertama kali diciptakan pada tahun 1900 oleh seseorang berkebangsaan Perancis, Nicolas Joseph Cugnot, mobil telah mengalami perkembangan pesat. Saat ini, banyak sekali tipe mobil yang beredar di pasaran. Setiap tipe memiliki ciri, bentuk, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing, di antaranya:

  1. Convertible

Pada mobil convertible, atap mobil dapat dilipat maupun dipasang sesuai selera sehingga pengendara mobil ini dapat merasakan sensasi berkendara secara tertutup maupun terbuka. Pada umumnya, terdapat 2 macam mobil convertible, yaitu soft convertible dan hard convertible. Pada mobil soft convertible, atap mobil terbuat dari bahan vinyl atau kanvas sehingga memudahkan proses pelipatan. Adapun untuk mobil hard convertible, umumnya menggunakan bahan plastik atau baja. Pada beberapa mobil convertible, cara pelipatan atap dapat dilakukan secara otomatis maupun manual.

  1. Coupe

Istilah Coupe sendiri berarti adalah bentuk badan mobil yang memiliki 2 pintu. Karena tidak ada definisi baku mengenai arti dari “coupe” itu sendiri, banyak produsen mobil yang memiliki definisi sendiri mengenai “coupe”. Seiring dengan berkembangnya zaman, mobil coupe kini memiliki beberapa jenis yang membuatnya memiliki lebih dari 2 pintu dengan berbagai variasi sport di dalamnya. Ciri-ciri lain pada mobil coupe adalah kondisi atap yang cenderung menurun dari bagian depan menuju bagian belakang.

  1. Hatchback

Hatchback merupakan salah satu jenis mobil yang paling digemari anak muda. Hatchback atau “City Car” umumnya memiliki 5 pintu, 4 pintu khusus untuk penumpang dan 1 pintu lainnya digunakan sebagai pintu bagasi. Bagian kabinnya menyatu dengan ruang bagasi mobil sehingga ruang barang dapat Anda akses dari kursi penumpang bagian belakang. Mobil hatchback berukuran mid-size sehingga sangat menguntungkan bila dikendarai di jalanan kota.

  1. SUV

Mobil bertipe SUV (Sport Utility Vehicle) merupakan jenis mobil yang memiliki prioritas dapat digunakan di berbagai medan. Tak heran jika SUV menjadi favorit para pria. SUV  biasanya menggunakan penggerak empat roda atau Four Wheel Drive yang kemudian berkembang menjadi seven seater (7 penumpang).  Desain dari mobil SUV memang ditujukan untuk dapat mengangkut banyak penumpang.

  1. Sedan

Sudah cukup lama sedan menjadi favorit banyak orang karena desainnya yang mewah dan anggun. Mobil sedan didesain dengan bodi mobil yang cukup pendek dan memanjang. Oleh karena ground clearance mobil sedan terbilang pendek, kelemahan utama dari tipe mobil ini adalah bodinya yang sulit menerjang jalanan yang banjir.

  1. Station Wagon

Konsep mobil ini sejenis dengan hatchback. Perbedaannya terdapat dalam hal ukuran mobil. Tipe mobil station wagon merupakan jenis mobil yang memiliki desain atap mobil yang relatif panjang dan memiliki kargo yang cukup luas dibagian belakang. Sama sepeti hatchback, mobil ini  memiliki 5 pintu mobil, 4 untuk penumpang sedangkan satu pintu lainnya digunakan untuk akses ke bagasi/kargo. Meski ruang kargo tak seluas mobil MPV, ruang kabin untuk penumpang hampir setara dengan tipe mobil sedan.

  1. MPV (Multi Purpose Vehicle)

Minivan atau MPV (Multi Purposes Vehicle) memang didesain dengan sangat nyaman serta memiliki sistem handling yang sama dengan mobil sedan. Didesain dengan interior maksimum sehingga membuat pengguna nyaman selama berkendarai. Konsep mobil MPV didesain untuk keluarga dan dapat menampung penumpang lebih banyak. Jika hatchback dikenal juga dengan nama “City Car”, MPV mempunyai nama lain “Family Car”. MPV menjadi salah satu pilihan utama masyarakat Indonesia.

Jenis MVP

Karena MPV termasuk jenis mobil yang digemari masyarakat Indonesia, mari kita berkenalan dengan jenis-jenis mobil MPV di antaranya:

Low MPV

Segmen Low MPV sepertinya menjadi sasaran utama masyarakat Indonesia. Dengan harga relatif terjangkau, Anda dapat memuat 7 orang sekaligus di mobil Anda. Selain kapasitas di dalamnya, banyak dari segmen Low MPV yang sudah dibekali kenyamanan dalam kabin interiornya. Walau berisi 7 orang, Anda akan tetap merasa nyaman di dalamnya.

Medium MPV

Medium MPV memiliki bentuk yang sedikit lebih besar daripada Low MPV dikarenakan memang mengutamakan kelegaan kabin serta kenyamaan saat berkendara jauh. Segmen medium MPV memiliki harga yang masih dapat dijangkau kalangan menengah.

Compact MPV

Masih terbilang baru di Indonesia, Compact MPV memiliki kapasitas sama seperti Low MPV. Namun, yang membuatnya lebih mahal adalah fitur-fitur yang ditawarkan lebih canggih dan lengkap daripada Low MPV.

Luxury MPV

Luxury MPV menjadi pilihan Anda yang sangat mengutamakan kenyamanan dan kelegaan kabin serta fitur lengkap dan canggih. Luxury MPV umumnya dibanderol dengan harga lebih dari 500 juta hingga lebih dari 1 milyar rupiah, sehingga tidak heran jika mobil ini menawarkan sebuah kenyamanan kelas atas bagi keluarga Anda.

 

Sumber

http://www.sewamobilbali1st.com/sejarah-ditemukan-mobil-di-dunia-pertama-kali/

http://showroommobil.co.id/info-mobil/jenis-jenis-mobil/

http://www.ototaiment.com/2015/03/16/533/mengenal-jenis-jenis-mobil-berdasarkan-bentuknya/

http://www.carusermagz.com/2016/12/jenis-jenis-mobil-pengertian-dan-fungsinya.html

http://otomotif.liputan6.com/read/2071795/mana-yang-jadi-pilihan-orang-indonesia-mobil-mpv-atau-city-car

Quick Help