Berita Wuling

Seri MPV Adalah Idaman Konsumen Indonesia

19 Juni, 2017

Image Seri MPV Adalah Idaman Konsumen Indonesia

Perkembangan dunia otomotif di Indonesia sangat luar biasa, jumlah penduduk yang besar, dan permintaan akan kendaraan terus meningkat. Membuat masyarakat membutuhkan banyak pilihan baru untuk membeli kendaraan.

Sebelum kami akhirnya memutuskan untuk berinvestasi dan berkarya di Indonesia, kami sudah melakukan riset dan pertimbangan matang-matang tentang kebutuhan kendaraan bagi masyarakat Indonesia. Hasil penelitian kami membuktikan bahwa MPV adalah jenis kendaraan yang cocok dan dibutuhkan oleh keluarga Indonesia. Banyak faktor yang mendukung kesimpulan ini, tetapi salah satu yang utama adalah karena jumlah penduduk Indonesia yang melebihi dua ratus enam puluh (260) juta jiwa dari Sabang sampai Merauke.

Sebagian besar warga Indonesia ini tumbuh dalam lingkup keluarga besar yang membutuhkan sarana transportasi terpercaya untuk berkendara dalam jumlah lebih dari 3 orang dalam satu kendaraan. Itulah mengapa kami mereasa perlu untuk hadir dan memberikan sebuah pilihan baik untuk masyarakat Indonesia dan MPV adalah jawabannya.

Sekilas Wuling

Memiliki pengalaman sebelumnya, kami pun cukup percaya diri untuk menapakkan langkah pertama dari ribuan langkah lainnya yang akan kami derapkan di Indonesia pada tahun 2015. Investasi sebesar US$700 juta atau setara dengan Rp9 triliun pada saat itu dan membangun pabrik terintegrasi seluas 60 Hektare merupakan keseriusan kami di dunia otomotif Indonesia.

MPV adalah produk pertama kami yang kami yakini akan menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. Keluarga adalah elemen penting dalam kultur Indonesia dan kami ingin sekali menjadi bagian itu. Kami ingin dapat menanggung dan bergotong royong bersama masyarakat Indonesia dan oleh karena itu kami namakan produk perdana kami Confero S.

Dari banyaknya keluarga Indonesia yang kebutuhannya akan MPV fungsional mulai terpenuhi, masih ada juga kalangan pekerja dan eksekutif muda Indonesia yang ingin sesuatu yang lebih dari Confero S. Maka dari itu, kurang dari setahun kemudian kami hadirkan Wuling Cortez yang menjawab kebutuhan masyarakat perkotaan. Dengan desain yang lebih tegas, fitur keselamatan yang semakin lengkap, fitur hiburan dan kenyamanan yang lebih dari kelasnya menjadikan Wuling Cortez sebuah idaman baru bagi orang Indonesia.

Sekilas Confero S

Seri perdana dari Wuling Motors yang kami luncurkan tepat pada 2 Agustus 2017 silam yakni Wuling Confero mendapat sambutan positif oleh warga Indonesia. MPV bermesin 1.485 cc ini sukses mendapatkan pengakuan sebagai Rookie of the Year versi majalah Otomotif di tahun 2018 dan juga dibanggakan sebagai Indonesian Car of the Year 2017 oleh majalah MobilMotor. Bagi kami penghargaan tetap harus diteruskan dengan karya yang lebih baik lagi, karena kami ingin terus memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat Indonesia yang nyaman dan bermutu tinggi.

Saat MPV ini pertama kali dipamerkan di Jakarta Fair 2o17, banyak decak kagum akan fiturnya sebagai pemain baru di dunia otomotif nasional. Confero S yang kerap disebut sebagai The Real Spacious Family MPV ini bukan hanya sekadar jargon, melainkan fakta bahwa ruang kabinnya benar-benar lega hingga baris ketiga. Soket USB untuk mengisi daya baterai ponsel pun menjadi salah satu sorotan yang membuatnya terlihat semakin unik. Dengan harga yang saat itu masih penuh spekulasi, banyak orang yang hadir menduga bahwa mobil perdana kami ini akan dibanderol cukup mahal apalagi dengan adanya fitur Daytime Running Light.

Ditambah lagi polesan akhir pada bodi seperti list pada jendela yang berlapis krom membuatnya terlihat semakin berkelas. Namun ternyata harga yang akhirnya kami ungkap pada acara peluncuran tersebut membuat banyak orang kaget sekaligus senang karena fitur yang didapat sepadan dengan harganya yang terjangkau, begitu banyak keunggulan yang bisa dirasakan saat memiliki Confero S, di antaranya:

·      Sisi Eksterior

Low MPV yang dirakit dan diproduksi di Cikarang, Jawa Barat ini memiliki 3 dimensi sesuai dengan variannya; Confero 1.5 berdimensi 4.493 x 1.691 x 1.715 mm. Sedangkan, varian Snya mempunyai ukuran dimensi lebih besar, yaitu Confero S 1.5 C dan Confero S 1.5 L yang keduanya berdimensi 4.530 mm x 1.691 mm x 1.730 mm.

Ketiganya mempunyai jarak sumbu roda sama, yakni berukuran 2.720 mm dan berkapasitas tangki 42 liter. Dengan ukuran tersebut, tentunya Wuling seri Confero S mempunyai daya angkut lebih banyak, sehingga membuat gerak pada penumpangnya lebih leluasa dan kenyamanan bisa dirasakan selama perjalanan.

Dengan ground clearance setinggi 205 mm dan ban berukuran 195/60 R15, pengemudi dapat merasakan nyamannya mengendarai Confero S tanpa harus cemas dengan kondisi jalan raya yang tidak selalu rata dan rapi.

·      Mesin

Berbekal mesin bertipe 4 silinder inline DOHC DVVT dengan kapasitas mencapai 1485 ccsudah dipastikan Wuling Confero S ini bisa menghembuskan tenaga pacu cukup handal. Bahkan susunan mesin ini nantinya disalurkan lewat sistem transmisi secara manual dengan 5 percepatan manual. Pasalnya semburan power maksimal yang dapat dicapai Wuling Confero S ini bisa mencapai tenaga yang handal hingga 107 Hp dengan putaran 5.800 rpm serta torsi maksimum sebesar 142 Nm dengan kisaran putaran 3.800–4.400 rpm.

·      Fitur Kuncian

Tak hanya memberikan performa cukup tangguh, Wuling Confero S juga menyediakan berbagai macam fitur menarik yang mampu menunjang kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Adapun jaminan keselamatan dari Wuling Confero S MPV adalah penggunaan sistem pengereman Anti Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD) sehingga dapat mencegah ban mobil selip saat direm dan kualitas pengereman pun lebih sempurna.

Untuk melindungi para penumpangnya, Wuling juga telah melengkapi mobilnya lewat sistem Dual SRS Front Airbag di dua jok bagian depan serta sabuk pengaman di semua kursi yang berguna sebagai perlindungan saat terjadi hentakan mendadak dari rem atau kecelakaan.Di samping itu, demi menunjang sistem hiburan, Wuling Confero S juga hadir dengan fitur-fitur canggih, khususnya di bagian interiornya.

Adapun fitur-fitur canggih di bagian interior Wuling Confero S ini, diantaranya Rear Parking Camera, Audio System, AC, USB charging port, speaker dengan hasil suara yang membahana, dan head unit layar sentuh 8 inchi. Di samping itu, pada jok pengemudinya sendiri, ada layar MID berbentuk Luxury Meter Cluster sehingga siap memberikan informasi yang akurat tentang kondisi kendaraan saat dikemudikan. Salah satu yang menjadi ciri khas Wuling Confero S adalah fitur TPMS untuk mengukur tekanan angin di keempat ban.

Pada bagian setir kemudinya juga telah dilengkapi oleh navigasi fungsional yang telah terintegrasi di bagian sektor head unitnya. Dengan begitu, para pengemudi pun dapat mengontrol fitur hiburan di bagian head unit mobil Wuling Confero S. Selain itu, kenyamanan para penumpangnya pun lebih teroptimasi lagi pada 4 kaca pintunya yang dapat dibuka memakai remot kunci walaupun mobil dalam kondisi mati. Terlebih lagi, lewat fitur immobilizer sebagai sistem keamanan handal yang terdapat dalam kunci mobil berfungsi sebagai pelindung mobil dari pencurian.

Sekilas Cortez

Wuling Cortez dihadirkan untuk mengisi kebutuhan akan MPV bergaya masa kini yang banyak masyarakat Indonesia rasakan belum sesuai, tidak hanya dari segi harga, namun juga dari kelengkapan fitur yang sepadan dengan harganya. Ciri khasnya, yaitu sunroof menjadikannya pilihan baru pada segmen MPV di Indonesia.

Resmi diluncurkan pada 8 Februari 2018, MPV keren denganmesin berbahan bakar bensin berkapasitas 1.800 ccini mampu menghasilkan tenaga 129 HP pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 174 Nm dengan kisaran putaran 3600-4600 rpm. Keandalan mesin itu dipadukan dengan pilihan transmisi manual dan tansmisi i-AMT (intelligent automated mechanical transmission) yang diproduksi khusus oleh Aisin untuk Wuling Cortez.
Dilengkapi dengan moda Eco dan Sport, pengemudi pun dipermudah untuk memilih performa maksimal atau hemat tenaga saat mengendarai Wuling Cortez.

Lalu pada IIMS 2018 yang diadakan dari 19—29 April, kami resmi meluncurkan pilihan baru Cortez dengan kapasitas mesin 1.5 cc untuk dapat memberikan pilihan yang lebih fleksibel lagi bagi konsumen saat hendak memiliki Cortez. Kini konsumen dapat memesan Wuling Cortez 1.5 di dealer terdekat dengan harga yang dimulai dari Rp193,8 jutaan saja.

·      Keunggulan Wuling Cortez

Fitur penunjang kenyamanan yang sebelumnya sudah bisa didapatkan dalam seri Confero S, kini telah dilengkapi dan membuat Wuling Cortez benar-benar sebagai the new choice of MPV. Beberapa di antaranya adalah sunroof dan electric front seat. Jika sebelumnya kunci pada Confero S mampu membuka semua kaca jendela dari luar saat mesin dalam kondisi mati, kini pada Cortez tombol unlock di kunci juga sekaligus membuka sunroof. Bahkan sebaliknya, saat mesin dimatikan dan tombol kunci pada remot ditekan, maka otomatis kaca sunroof pun akan tertutup.

·      Fitur Keselamatan

Daya tarik Cortez sebagai MPV adalah fitur keselamatannya. Ini menjadi perhatian khusus saat kami memproduksi Cortez. Teknologi seperti Hiil Hold Control (HHC), Brake Assist (BA), Electric Parking Brake (EPB), dan Anti-lock Braking System (ABS) kami kembangkan demi memberikan pengemudi kontrol pengereman yang lebih maksimal. Dengan sistem penggeraknya yang menggunakan roda depan, maka fitur HHC pun menjadi fitur penting demi kelancaran mengemudikan Cortez di jalan. Fungsi utamanya untuk menahan laju mobil ketika berkendara di jalanan menanjak. Ketika transmisi diposisikan pada modusdrive (D) dan rem dilepas, sistem secara otomatis akan menahan mobil untuk tidak mundur dalam beberapa detik.

Juga tersedia fitur yang disukai pengguna Wuling Cortez yaitu Automatic Vehicle Holding (AVH) yang berfungsimenahan mobil agar tetap dalam posisi stabil di tengah kemacetan tanpa harus terus menerus menginjak pedal rem. Cukup aktifkan tombolnya, maka secara elektrik mobil akan tertahan layaknya direm. Ketika mobil di depan mulai bergerak, cukup injak pedal gas, maka sistem elektrik pun akan melepaskan cengkraman remnya dan mobil dapan kembali dijalankan dengan santai.

Airbag pun sudah ditingkatkan dengan menanamkannya pada sisi samping sebagai tambahan dari airbag yang sudah tertanam di sisi dasbor. Kini pengemudi dan penumpang lebih terjamin lagi keselamatannya saat mengemudikan Wuling.

·      Keunggulan Mesin dan Transmisi

Dengan pilihan mesin 1.5 dan 1.8 cc konsumen semakin dimudahkan untuk  memilih performa mesin yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidupnya. Kehadiran Wuling Cortez pun menjadi jawaban bagi pertanyaan masyarakat di perkotaan yang membutuhkan mobil Wuling dengan transmisi otomatis. Transmisi i-AMT mejadi kali pertama Wuling memberikan ekstra kenyamanan untuk berkemudi di wilayah perkotaan yang cenderung macet. Namun, pilihan untuk mengemudi secara manual pun tetap diperhatikan dengan memberikan pilihan transmisi manual dengan 6 percepatan.

·      Penampilan Interior yang Spesial

Tidak hanya kenyamanan ekstra yang menjadi daya Tarik Wuling Cortez, nuansa berkelas pun menjadi daya tarik tersendiri. Pada bagian interior menghadirkan fitur ambient light yang bersinar hijau toska redup pada area kaki, lubang kunci, dan juga cup holder di bagian konsol tengah depan. Layar MID (multi information display) di balik setir kemudi sudah didesain untuk dapat menampilkan tidak hanya fitur penting seperti TPMS, namun juga informasi lagu atau stasiun radio yang sedang diputar, dan juga navigasi untuk memberikan pengemudi panduan detil saat berjalan.

Kesimpulan

Wuling Confero S dan Wuling Cortez memiliki fungsi, fitur, dan kelebihannya masing-masing. Setiap mobil yang kami produksi sudah didesain dengan matang agar mampu memberikan pilihan tersendiri bagi beragam masyarakat Indonesia yang tersebar tidak hanya di kota besar, namun juga daerah-daerah lainnya dengan kondisi jalan dan lalu lintas yang tidak selalu sama.

Berbekal mesin 1.8 cc, maka Cortez pun lebih sanggup untuk dibawa bepergian antar kota dan dengan kecepatan yang sesekali harus kebut, misalnya di jalan tol. Namun jika Anda lebih sering berkendara di dalam kota, dari rumah ke tempat kerja, berkemudi santai, maka Cortez 1.5 adalah pilihan yang lebih pas. Jika faktor pertimbangan terbesar Anda ada di perencanaan keuangan, maka Anda bisa pertimbangkan untuk meminang Confero S 1.5 L.

Fiturnya yang sudah terbaik dari seri Confero akan memberikan Anda kepuasan sendiri saat berkendara menggunakannya keliling kota. Namun, jika layar sentuh sebagai sarana penunjang hiburan saat menyetir dirasa tidak terlalu dibutuhkan, maka Anda bisa beralih ke seri Confero standar. Tidak ada perbedaan dari sisi mesin, jadi Anda akan tetap dapat menikmati ketangguhan mesinnya.

Lantas, apakah MPV adalah satu-satunya rancangan kendaraan roda empat yang Wuling rencanakan untuk Indonesia? Misi kami sejak awal adalah berkendara bersama masyarakat Indonesia demi kehidupan yang senantiasa lebih baik. Kini, paradigma kami pun sudah mulai bergeser seiring mulai terpenuhinya kebutuhan berkendara masyarakat Indonesia dengan kehadiran seri Confero dan Cortez. Dengan mengusung semangat Drive For A Better Life kami ingin terus melaju, membuat perubahan yang bermanfaat tidak hanya untuk segelintir orang, namun warga Indonesia di mana saja. Dukungan dealer yang tersebar di lebih dari 80 wilayah juga akan turut membantu siapa saja untuk mengenal Wuling lebih jauh.