7 Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula | Wuling

Auto Tips

7 Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula

1 Februari, 2021

Image 7 Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula

Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang disukai banyak orang, karena mobil bisa membantu mempercepat berbagai aktivitas manusia. Merk mobil yang berkembang di Indonesia sangatlah banyak, namun jenisnya hanyalah mobil matic dengan mobil manual dan tentu saja cara penggunaannya berbeda.

Sistem kerja mobil matic terbilang lebih simpel dibandingkan dengan mobil manual. Titik pembedanya bisa dilihat dari jumlah pedal yang tersedia. Pada mobil manual terdapat 3 pedal dan pada mobil matic terdapat 2 pedal saja. Sistem perpindahan gigi mobil manual lebih sulit dibandingkan dengan mobil matic, karena perpindahan gigi dilakukan secara manual.

Meskipun lebih sulit, namun mobil manual memiliki beberapa kelebihan dibandingkan mobil matic. Bagi anda para pemula yang ingin bisa mengendarai mobil manual, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipelajari dengan baik.

Tempat Latihan Aman

Tempat Latihan Aman

Bagi para pemula yang lagi belajar mengendarai mobil, maka Anda harus memilih tempat latihan yang aman dan lokasinya terbilang sepi. Tempat latihan yang bisa Anda pilih seperti tempat luas yang terjauh dari pemukiman penduduk, jalan yang sepi dan lapangan.

Dengan memilih lokasi belajar mobil yang aman, maka Anda bisa belajar dengan penuh konsentrasi dan juga akan terhindar dari hal-hal yang berbahaya. Anda juga tidak akan membahayakan pengendara mobil lain.

Mengetahui Fitur Mobil

Mengetahui Fitur Mobil

Sebelum mengendarai mobil dan menyalakan mesinnya, maka Anda harus mengetahui fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Fitur penting yang harus dipelajari adalah kopling, gas dan rem. Ada juga beberapa fitur yang membantu kinerja suatu mobil yaitu tuas persneling, lampu sein dan klakson.

Anda juga harus bisa memahami cara kerja pedal dengan benar, karena tiga pedal dalam mobil manual memiliki fungsi yang sangat signifikan. Pedal yang biasanya berada di sebelah kiri adalah pedal buat kopling, sedangkan pedal yang posisinya di tengah biasanya pedal rem dan pedal yang posisinya di sebelah kanan yaitu pedal gas.

Kopling menjadi fitur mobil yang berguna untuk memutuskan putaran roda dan mesin mobil yang sistem kerjanya saling terkait atau berhubungan. Untuk menaikkan dan menurunkan gigi, anda harus mempelajari kinerja kopling dengan baik.

Rem dipakai untuk menghentikan laju kendaraan atau memperlambat laju kendaraan secara perlahan. Gas berguna untuk memberikan gerakan maju atau dorongan dan kekuatan gas bisa anda atur sesuai dengan keinginan

Konsentrasi

Konsentrasi

Ketika Anda hendak mengendarai sebuah mobil, maka harus masuk mobil dengan penuh konsentrasi. Pastikan Anda bersikap tenang, rileks dan jangan tergesa-gesa, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Anda harus konsentrasi dengan transmisi mobil dan juga harus tetap fokus dengan kondisi jalanan.

Anda juga harus duduk dengan posisi yang nyaman, agar Anda lebih bisa berkonsentrasi. Jangan mengendarai mobil dalam posisi yang tegang, karena akan membahayakan keselamatan anda. Posisi duduk akan berpengaruh terhadap posisi kaki saat menginjak rem, gas dengan kopling. Pastikan Anda bisa menginjak semua pedal dengan posisi yang tepat.

Hidupkan Mobil

Hidupkan Mobil

Ketika Anda sudah berada dalam posisi yang nyaman dan konsentrasi penuh, maka bisa mulai untuk menyalakan mesin kendaraannya. Pertama, silahkan Anda pindahkan posisi tuas pada posisi netral dan biasanya berada di gigi tiga atau empat. Ketika tuas persneling berada di posisi netral, maka tuas bisa digerakkan lebih bebas ke bagian kanan atau kiri.

Silahkan Anda nyalakan mobil dengan cara starter dan posisi tombolnya biasanya berada di dekat kunci mobil. Anda juga harus injak pedal kopling dengan penuh dan setelah mesin menyala, maka lepaskanlah pedal koplingnya dan posisi tuas transmisi masih harus di posisi netral. Dengan menekan kopling sebelum mobil dinyalakan, maka akan mencegah posisi mobil untuk tidak melompat ke bagian depan.

Untuk mempelajari jarak ayunan pedal kopling, Anda bisa menginjak kopling secara penuh dan tahan dalam beberapa saat. Kemudian lepas pedal koplingnya secara perlahan, agar Anda bisa mendengarkan suara mesin yang turun secara maksimal.

Menjalankan Mobil

Menjalankan Mobil

Ketika Anda sudah menekan pedal kopling, maka langsung atur pedal persneling ke gigi 1 dan perlahan lepaskan injakan kopling yang Anda lakukan, kemudian perlahan injak pedal gas untuk membuat mobil melaju.

Apabila Anda mengalami momen bagian mobil depan tersentak dan adanya penurunan RPM mesin, maka dari itu harus melepaskan rem tangan. Namun pada momen ini, jangan melepaskan kopling sepenuhnya. Anda tinggal lanjut untuk melepaskan kopling secara perlahan dan menekan pedal gas secara perlahan-lahan.

Anda harus pastikan bahwa RPM berada sedikit diatas angka nol dan proses ini dapat dilakukan dengan memperbesar kondisi gas, kemudian lepaskan kopling secara perlahan dengan menggunakan kaki kiri.

Selanjutnya tinggal memperbesar gas sedikit demi sedikit dan Anda juga harus lepaskan kopling secara perlahan hingga koplingnya bekerja dengan baik. Apabila telah melepaskan bagian kopling seluruhnya, silahkan Anda lakukan akselerasi secara normal.

Apabila Anda melihat mobil melaju terlalu cepat, maka harus melakukan pengereman secara perlahan. Ketika ingin mengerem, maka kaki yang menginjak pedal gas harus dipindahkan ke bagian rem dan Anda jangan biarkan saja bagian koplingnya. Untuk para pemula, sebaiknya pelajari dulu proses pengereman yang benar dan aman.

Naikkan Gigi

Naikkan Gigi

Apabila Anda melihat RPM melebihi rentang normal yaitu sekitar 2.500 sampai 3.000 RPM, maka perlu meningkatkan atau menaikkan gigi. Untuk memindahkan gigi bisa dilakukan dengan mengangkat kaki dari bagian pedal gas, lalu Anda harus menekan bagian kopling.

Sebelum Anda merubah atau menggerakan tuas persneling, pastikan menekan kopling secara penuh. Apabila kopling tidak Anda injak sepenuhnya, maka roda gigi akan bertabrakan dan akan membuat mobil menjadi tidak stabil.

Lalu Anda tinggal memindahkan tuas persneling ke bagian gigi tertinggi dan Anda bisa lepaskan koplingnya, lalu anda tinggal menambah kecepatan mobilnya. Kopling dengan gas harus diatur secara bersamaan untuk memastikan perpindahan gigi berjalan dengan lancar.

Ketika mobil dalam keadaan bergerak, maka anda bisa melepaskan koplingnya sedikit lebih cepat dan silahkan kedua tangan Anda kembalikan diatas setir.

Turunkan Gigi

Turunkan gigi

Hampir sama prosesnya seperti menaikkan gigi, Anda harus memindahkan gigi saat mobil dalam posisi melaju dan posisinya saat RPm sudah mulai menurun, maka akan merasakan kondisi mesin yang sedikit bergetar.

Untuk memulai pergantian gigi, Anda bisa mengangkat kaki kiri yang menekan pedal gas dengan kopling. Angkat kaki Anda dari bagian pedal gas sedikit lebih cepat dibandingkan menekan kopling, hal ini akan menghindarkan mobil menggerung atau revving.

Kemudian Anda tinggal menekan kopling secara penuh dan selanjutnya tinggal pindahkan bagian persneling gigi ke gigi yang lebih kecil. Silahkan Anda lepaskan kopling mobil secara perlahan lalu silahkan Anda pakai pedal gas untuk menstabilkan kecepatan laju mobil. Terakhir, anda tinggal melepaskan kopling sepenuhnya.

Seperti itulah cara mengemudi mobil manual yang tepat agar tidak terjadi kecelakaan di jalan, terutama untuk pemula. Selamat mencoba!

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik