8 Fungsi Shark Fin Antenna Mobil yang Tidak Banyak Diketahui

27 March, 2023
clock-bold
5 menit membaca

Image 8 Fungsi Shark Fin Antenna Mobil yang Tidak Banyak Diketahui

Sudah bukan masanya lagi antena mobil yang bentuknya panjang dan diletakkan di dekat bagasi atau kaca depan. Kemajuan teknologi membuat antena sekarang bentuknya lebih ramping dan bergaya. Saat ini, banyak mobil yang sudah dilengkapi dengan antena shark fin.

Fungsi Shark Fin Mobil

Sesuai namanya, bentuknya mirip dengan sirip hiu. Biasanya antena ini diletakkan di atap mobil. Tentu selain modelnya yang keren, ada banyak fungsi antena shark fin mobil yang lebih baik dari antena panjang. Ini dia 8 fungsi sekaligus kelebihan yang belum banyak diketahui:

Fungsi Antena Shark Fin

1.  Menghasilkan Performa Tinggi

Antena shark fin terbukti menghasilkan performa yang superior jika dibandingkan antena model lama. Misalnya saat digunakan untuk navigasi, pelacakan, transfer data dan komunikasi. Tiap antena shark fin dirancang agar bisa memenuhi kebutuhan aplikasi yang paling menantang sekalipun. Antena ini sangat mendukung kebutuhan pasar jaman sekarang.

2. Lebih Tahan Lama

Desain antena shark fin ramping dan lebih modern dibandingkan antena panjang. Menggunakan desain aerodinamis, jadi Anda tak perlu lagi kuatir antena akan rusak kalau terkena pohon atau benda-benda lainnya. Model sirip hiu mampu mencegah terjadinya kerusakan yang tidak disengaja.

Tak hanya itu saja, antena shark fin dirancang tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem dan berbagai kendala saat kendaraan diparkir di luar ruangan. Beberapa antena shark fin sudah bersertifikasi IP67, jadi memang didesain lebih tahan lama dan diandalkan di berbagai medan. Anda tak perlu lagi kuatir dengan cuaca buruk, dahan-dahan pohon yang keras, air, lumpur dan segala macam tantangan lainnya di jalanan.

3. Mudah Dipasang

Fungsi antena shark fin berikutnya, yakni dapat melayani berbagai protokol. Pemasangan antena jenis ini lebih mudah karena menggunakan sekrup dan sudah dilengkapi rakitan kabel yang membuatnya jadi lebih fleksibel. Antena ini juga dapat disesuaikan dengan kabel dan konektor sesuai kebutuhan.

Jika menggunakan antena shark fin, Anda tidak perlu memasang banyak antena lagi. Cukup satu antena, sudah bisa mengerjakan banyak hal sekaligus. Lebih praktis dan tidak repot pula pemasangannya. Inilah mengapa Wuling Alvez seri EX sebagai varian tertinggi dari tipe ini juga sudah dilengkapi fitur tersebut. Mobil SUV compact ini pun didukung teknologi inovatif lainnya, yaitu ADAS dan Wuling Indonesian Voice Command (WIND).

4. Lebih Hemat Biaya

Karena antena shark fin bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, jadi tidak perlu lagi memasang antena lebih dari satu. Biaya untuk membeli dan memasang antena pun berkurang. Misalnya harus mengganti antena, cukup beli satu saja maka sudah bisa untuk semua.

Selain itu, Anda tidak perlu kuatir akan biaya perawatan karena tahan terhadap berbagai macam cuaca, tak perlu ada perawatan khusus. Tentu, tidak perlu ada perawatan ekstra yang memakan biaya tambahan.

Satu lagi, saat mobil berjalan, antena shark fin yang dirancang lebih kokoh dan tahan terhadap segala cuaca untuk mengatasi berbagai hambatan udara. Jadi tidak perlu bekerja keras untuk menangkap sinyal, sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar. Ini menjadi kelebihan antena shark fin lebih hemat biaya dibandingkan antena model lama.

Fungsi Antena Shark Fin - 2

5. Antena Multifungsi

Antena mobil zaman dulu biasanya digunakan untuk menangkap sinyal radio AM dan FM, tapi fungsi antena ini sudah jauh dari itu. Tentu disesuaikan dengan perkembangan teknologi, maka fungsinya pun disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi mobil jaman sekarang.

Antena shark fin sekarang digunakan untuk menangkap sinyal lain, yaitu sinyal seluler, GPS, dan radio satelit. Dengan antena shark fin, Anda bisa menemukan arah selama di perjalanan, mendapatkan sinyal internet, dan lain sebagainya. Semua ini hanya butuh satu antena saja yang ukurannya kecil dan tidak makan tempat.

6. Memberikan Suara Lebih Lancar

Antena shark fin dilengkapi dengan fungsi antena radio yang independen, jadi penerimaan suaranya pun lebih lancar dan lembut. Karena menggunakan desain aerodinamis, ini menjadikan antena mampu mengurangi kebisingan dengan efektif dan mengurangi aliran udara yang membuatnya bising sehingga membuat pengemudi lebih fokus menyetir.

Misalnya, saat Anda mengemudi ke luar kota di area yang penangkapan sinyalnya tidak sebaik di area perkotaan, hal ini bukan masalah bagi antena shark fin. Mampu menangkap sinyal dengan jauh lebih baik, inilah yang membuatnya bisa menangkap suara lebih lancar.

7. Mampu Menangkap Sinyal Internet Sangat Baik

Antena shark fin juga dilengkapi dengan penangkap sinyal internet, biasanya sinyal 4G LTE. Nah, kemampuannya menangkap sinyal seluler ini biasanya lebih baik dibandingkan receiver yang ada di ponsel Anda. Inilah yang membuat navigasi dan keperluan hiburan di dalam mobil bisa berjalan dengan lancar.

Bahkan untuk menerima telepon pun suara dan kelancarannya bisa lebih baik dari kebanyakan ponsel. Jadi kalau Anda bertelepon di mobil maka koneksinya akan lebih baik dari bicara lewat ponsel biasa. Inilah yang membuat sinyal shark fin sangat bisa diandalkan.

8. Tampilan yang Menarik

Terakhir, fungsi antena shark fin terlihat dari penampilannya. Antena shark fin terlihat jauh lebih modern dibandingkan antena mobil lama yang memanjang. Pilihan warna hitam dan putih cocok dipadukan dengan berbagai macam warna mobil di pasaran. Modelnya seperti menyatu dengan bodi mobil, jadi tidak terlihat seperti antena.

Antena ini biasanya diletakkan di atap mobil, karena area yang paling bebas hambatan untuk menerima sinyal, tak ada lagi elemen mobil lain di atasnya. Desain yang selain stylish juga bisa memenuhi tujuan keamanan karena aman dari tersangkut.

Itulah beberapa fungsi antena shark fin, tak salah bila mobil-mobil keluaran terbaru atau varian tertinggi menggunakan model yang satu ini. Tampilan antena shark fin lebih ramping dan teknologinya pun lebih mumpuni.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer