Bagaimana Cara Kerja dan Fungsi Mesin Turbo Mobil?

22 February, 2022

Image Bagaimana Cara Kerja dan Fungsi Mesin Turbo Mobil?

Semua orang pasti tahu kalau mobil pasti membutuhkan mesin supaya bisa berjalan. Salah satu jenis mesin yang digunakan pada mobil adalah mesin turbo. Mesin yang satu ini memiliki kegunaan yang sangat penting untuk bekerjanya suatu mobil. Namun, mungkin belum banyak orang yang mengetahui apa arti dari bagian yang satu ini.

Pastinya, banyak juga yang belum mengetahui cara kerja, fungsi, dan kelebihan yang dimiliki oleh bagian ini. Mengetahui fungsi yang dimiliki mesin turbo mobil bisa membantu Anda memahami seberapa penting komponen ini untuk mobil Anda. Berikut penjelasan informasi lebih lanjut terkait mesin turbo pada mobil.

Cara Kerja Mesin Turbo Mobil

Cara Kerja Mesin Turbo Mobil

Turbocharger memanfaatkan aliran udara yang panas dari gas buang mesin. Pemanfaatan ini bertujuan agar menambah tekanan dan kepadatan udara yang ada di ruang bakar. Cara kerjanya, yakni gas buang yang berasal dari mesin tak secara langsung diarahkan ke bagian knalpot. Alih-alih knalpot diarahkan terlebih dahulu ke bagian turbo mobil yang di dalamnya ada sebuah turbin yang memutar.

Selanjutnya, kompresor dapat memanfaatkan energi mekanis untuk memampatkan maupun menghisap lebih banyak udara yang berasal dari luar, ke dalam ruang bakar mesin. Putaran yang tercipta di dalam turbo dapat mencapai hingga sebesar 150 ribu rpm yang menunjukkan lebih cepat hingga 30 kali lipat dibandingkan dengan putaran mesin dari mobil biasa.

Turbo baru mulai bekerja ketika mesin berputar pada rpm tertentu. Penyebabnya karena turbin baru berputar saat gas buang punya tekanan cukup. Semakin cepat putaran rpm, maka semakin bertambah kuat pula dorongan dari gas buang ke turbin.

Semakin kuat gerakan turbin, maka akan memaksa putaran kompresor jadi ikut meningkat. Udara yang masuk ke dalam sebuah ruang bakar menjadi kaya oksigen, kian padat, dan juga bertekanan tinggi.

Oleh karena ini, campuran bahan bakar serta udara yang ada di dalam ruang bakar bisa mempunyai daya ledak yang tinggi saat busi memantik api guna membakar campuran dari keduanya.

Tenaga juga torsi yang disalurkan di dalam satu siklus mesin pembakaran dalam secara singkat dapat meningkat signifikan, hal ini disebabkan oleh daya dorong piston yang membesar akibat ledakkan di dalam ruang bakar yang kuat.

Tenaga komponen turbo mobil pada mesin supercharger bersumber pada putaran mesin mobil. Supercharger dan mesin dihubungkan lewat sabuk sehingga ketika mesin mulai bekerja, maka supercharger akan bekerja. Udara yang "disedot" turbin dan dipaksa masuk ke mesin berasal dari udara bebas yang ada di sekitar supercharger. Ini disebabkan karena tak ada hubungannya dengan gas buang.

2. Fungsi Mesin Turbo 1000x569

Fungsi Mesin Turbo

Turbo merupakan bagian yang berada di bagian pipa gas pembuangan kendaraan. Fungsi turbo pada mobil adalah untuk memutar baling-baling sehingga muncul udara yang terkompresi dalam jumlah yang banyak dengan memanfaatkan gas buang yang berasal dari mesin.

Terdapat dua turbin pada satu poros di turbo. Turbin pertama merupakan drive turbin yang digunakan sebagai pemutar dan yang satu lagi bernama driven turbin karena diputar oleh turbin yang pertama. Tenaga yang menggerakkan drive turbin asalnya adalah dari gas buang mesin. Posisi dari drive turbin ini berada di tengah aliran gas buang sehingga bisa berputar karena gas tersebut dan driven turbinnya juga ikut berputar.

Biasanya, ada juga intercooler yang bisa membantu mendinginkan udara sehingga pembakarannya menjadi lebih sempurna. Turbin tidak perlu diberikan perawatan khusus tetapi pemiliknya hanya harus mengganti oli secara teratur karena turbin ini menggunakan oli mesin sebagai pelumasnya.

Apa Kelebihannya untuk Mobil?

Apa Kelebihannya untuk Mobil?

Mesin turbo memiliki kelebihan tersendiri dari sudut pandang lingkungan, karena mesin ini menggunakan gas buangan, yang sebenarnya polusi udara, sebagai tenaga bantuan untuk pembakaran. Dari segi performa, kelebihan mesin ini sebenarnya tergantung pada kendaraan itu sendiri.

Semakin modern, banyak orang yang merasa bahwa mesin turbo mobil lebih menguntungkan. Mobil akan jadi lebih hemat bahan bakar dan lebih ramah lingkungan. Mesin ini juga akan memastikan kalau mobil Anda tetap memiliki tenaga.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami berikan terkait dengan mesin turbo pada mobil. Mesin ini sangat menguntungkan bagi pemilik mobil karena bisa membantu untuk menghemat bahan bakar dan membuat mobil menjadi lebih bertenaga. Salah satu mobil yang sudah memiliki mesin turbo adalah Wuling Cortez.

Mobil Wuling Cortez sudah disematkan mesin turbo sehingga dapat menghasilkan tenaga kerja yang maksimal saat digerakkan. Mobil ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai mobil dengan tenaga yang pol. Para pengendara yang cinta lingkungan juga bisa memilih Wuling Cortez karena mobil ini bisa membantu mengurangi polusi udara.

Semoga informasi kami terkait komponen ini bisa membantu Anda memahami bagian ini secara lebih mendalam.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer