Fungsi dan Cara Kerja Airbag Mobil

25 February, 2022

Image Fungsi dan Cara Kerja Airbag Mobil

Fitur keselamatan adalah salah satu bagian paling penting dari suatu mobil. Dikarenakan fitur yang satu ini bisa membantu Anda berkendara secara lebih aman. Salah satu fitur keselamatan yang banyak digunakan oleh mobil-mobil pada zaman ini adalah airbag.

Fitur airbag banyak diletakkan di bagian depan, untuk mencegah terjadinya benturan pada kepala pengemudi dan penumpang di bagian depan. Namun, kini, sudah banyak juga mobil yang meletakkan airbag ini bukan hanya di bagian depan, tetapi juga pada bagian samping mobil.

Jika Anda masih bingung akan fungsi dan pengertian dari airbag mobil ini, maka ikuti pemaparan informasi di bawah ini.

Apa Itu Airbag Mobil 1000x569

Apa Itu Airbag Mobil?

Airbag merupakan salah satu inovasi keselamatan paling penting pada beberapa dekade belakangan ini. Fitur keselamatan pada mobil ini memberikan perlindungan paling penting saat orang-orang mengalami kecelakaan. Benda ini biasanya tersembunyi tetapi langsung muncul saat terjadi kecelakaan.

Airbag di bagian depan sudah menjadi persyaratan untuk semua kendaraan sejak tahun 1999. Sedangkan, airbag bagian samping sebenarnya bukanlah suatu kewajiban tetapi kebanyakan pabrik memasukkan mereka sebagai peralatan standar supaya bisa memenuhi persyaratan perlindungan.

Penempatan benda ini di depan dan samping mobil dapat membantu menyelamatkan banyak nyawa. Airbag di bagian depan mengurangi kecelakaan fatal sebanyak 29 persen untuk pengemudi dan untuk penumpang di depan sebanyak 32 persen.

Sementara itu, airbag bagian samping melindungi kepala sehingga mengurangi risiko pengemudi meninggal pada kecelakaan dari samping sebanyak 37 persen dan mengurangi risiko pengemudi SUV meninggal sebanyak 52 persen.

Insinyur terus menemukan berbagai cara untuk menggunakan airbag. Pada kaca belakang, airbag dibuat untuk melindungi orang-orang pada kursi belakang saat terjadi kecelakaan dari belakang. Airbag yang terletak pada bagian samping di antara pengemudi dan penumpang bagian depan, membantu untuk mengurangi kemungkinan kedua orang tersebut menyakiti satu sama lain ketika terjadi kecelakaan.

Fungsi Airbag Mobil

Fungsi Airbag Mobil

Airbag merupakan fitur keselamatan yang bisa mengurangi cedera penumpang dan pengemudi saat terjadi kecelakaan. Namun fitur ini tidak selalu muncul saat terjadi kecelakaan tertentu sehingga pengendara harus memahami kapan fitur ini bisa muncul dan tetap menggunakan sabuk pengaman sebagai pelindung utama.

Airbag bisa membantu menjadi pelindung saat terjadi kecelakaan dengan benturan yang keras. Fitur ini dapat membantu pengendara dan penumpang agar tidak mengalami cedera yang terlalu fatal. Apalagi cedera fatal yang biasanya mengenai leher, dada, dan kaki. Airbag biasanya akan langsung muncul setelah terjadi kecelakaan supaya bagian tubuh yang penting seperti kepala, leher, dan dada bisa terlindungi.

Letak airbag akan tergantung pada tipe dari mobil yang Anda miliki, biasanya ada di depan, ada juga yang letaknya di samping. Hanya menggunakan pelindung berupa sabuk pengaman bisa membuat cedera pada bagian kepala dan dada cukup parah. Airbag ini dapat membantu untuk memperlambat gerak laju penumpang dalam waktu cepat ketika terjadi kecelakaan.

Seperti Apa Cara Kerjanya?

Seperti Apa Cara Kerjanya?

Airbag bekerja secara otomatis saat sensor merasa ada perlambatan kecepatan yang cukup tinggi dan terjadi benturan keras pada beberapa bagian. Sensor ini biasanya ada di bagian depan dan akan langsung mengirimkan sinyal untuk membuat kawat mekanisme katup udara menjadi panas dan muncul gas nitrogen untuk mengisi air bag.

Saat terjadi kecelakaan, kepala pengemudi dan penumpang akan langsung membentur airbag dan kantong udara ini akan mengeluarkan nitrogen yang ada.  Gas yang ada pada airbag bukanlah gas berbahaya karena nitrogen merupakan bagian langsung dari udara yang Anda hirup sehari-hari dan berguna untuk membantu airbag tidak menempel.

Itulah beberapa kegunaan penting yang dimiliki oleh airbag mobil. Penting untuk mempelajari kapan fitur ini akan muncul dan kapan tidak akan muncul. Pastikan juga untuk selalu menggunakan sabuk pengaman pada saat apapun.  Alasannya karena Anda tidak pernah tahu kecelakaan bisa datang kapan saja dan sabuk pengaman sangat membantu menghindari berbagai fatalitas yang mungkin terjadi akibat kecelakaan tersebut.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer