Mempelajari Kebutuhan Kapasitas Mesin Wuling | Wuling

Auto Tips

Mempelajari Kebutuhan Kapasitas Mesin Wuling

30 Juni, 2018

Image Mempelajari Kebutuhan Kapasitas Mesin Wuling

Bagi keluarga Wuling yang senantiasa mengikuti perkembangan Wuling di Tanah Air tentunya sudah tahu bahwa setelah mengeluarkan seri Confero dengan kapasitas mesin 1.500 cc, kini Wuling resmi memasarkan Cortez dengan kapasitas 1.800 cc. bagi para pecinta mobil, kapasitas mesin mobil Wuling ini sudah tidak asing dan paham betul apa bedanya. Simak paparan lengkapnya seputar mesin tersebut di artikel ini, yuk!

Fungsi Kapasitas Mesin

Fungsi Kapasitas Mesin

Letak utama fungsi kapasitas mesin terhadap kinerja mobil adalah pada kemampuannya untuk mengatur tenaga dan kecepatan yang dihasilkan, serta efisiensi konsumsi bahan bakar. Mobil dengan kapasitas 1.500 cc seperti mesin Confero S mampu untuk dikendarai dengan kecepatan standar dan memadai untuk penggunaan di dalam kota, misalnya dari rumah ke kantor, mall atau ke kampus. Efisiensi konsumsi bahan bakar pun otomatis lebih irit jika dibandingkan dengan mesin berkapasitas 1.800 cc.

Pengaruh Ukuran dan Bobot Mobil

Pengaruh Ukuran dan Bobot Mobil

Besar ukuran dan bobot mobil serta kapasitas kabin untuk menampung beban juga menjadi penentu seberapa besar kemampuan mesin untuk menghasilkan tenaga. Maka dari itu, mobil dengan ukuran badan yang lebih besar serta lebih berat pasti membutuhkan kapasitas mesin yang lebih tinggi, agar seimbang dengan tenaga yang dihasilkannya.

Saat mengendarai mobil dengan kapasitas mesin yang besar, Keluarga Wuling juga harus memastikan apakah ukuran ban yang digunakan sudah cukup untuk menahan beban serta menghasilkan performa yang diharapkan. Untuk mengetahui lebih dalam tentang ban mobil sebelum memutuskan bermain modifikasi, baca artikel di link ini, ya.

Pengaruh Barang Bawaan dalam Mobil

Pengaruh Barang Bawaan dalam Mobil

Jika dalam keseharian Anda banyak barang bawaan sehingga menambah berat beban mobil, maka dianjurkan menggunakan cc yang lebih besar (di atas 1.500 cc). Misalnya selain mengangkut orang/penumpang, Anda juga mengangkut benda berat seperti beberapa kwintal karung dagangan, kemudian sering menghadapi medan yang jauh dan menanjak.

Namun jika mobil lebih sering digunakan sendiri hingga beberapa orang di dalam kota, maka cukup menggunakan 1.500 cc saja. Karena jika menggunakan cc yang lebih besar, maka tenaga yang dihasilkan akan mubazir, tidak terpakai maksimal dan malah cenderung boros bensin.

Melakukan Perhitungan dan Perkiraan

Melakukan Perhitungan dan Perkiraan 

Mungkin langkah awal yang bisa Keluarga Wuling lakukan sebelum memutuskan kapasitas mesin mobil Wuling manakah yang pas dengan kebutuhan transportasi sehari-hari, mulailah buat perkiraan dan perhitungan berikut:

  1. Catatlah berapa jam dalam sehari mobil digunakan untuk berkendara.
  2. Seberapa sering Anda menempuh jarak jauh (luar kota, +/-40 km) dalam seminggu.
  3. Bandingkan bobot isi mobil (penumpang atau barang bawaan) apakah lebih sering kosong atau lebih sering penuh dan berat.
  4. Pelajari kebiasaan diri sendiri saat menyetir, apakah Anda tergolong orang yang cukup santai atau sering ngegas selalu ingat pesan Wuling untuk berhati-hati dalam berkendara, lho.
  5. Perhatikan dana yang ada di kantong Anda; seberapa cukup dana yang tersedia untuk mengisi bensin dalam sebulan dan perawatan berkala mobil Anda. Amati betul pengeluaran ini, karena sering kali kita tidak terasa mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk ‘air minum’ dan ‘dandan’ mobil kita.

Terakhir, pastikan mulai paham dalam melakukan perawatan mobil dengan benar, tidak hanya eksterior, namun juga dari sisi mesin mobil Wuling Anda. Perhatikan juga asuransi dan layanan purna jual yang ditawarkan Wuling Motors saat melakukan pembelian agar sesuai dengan kebutuhan Anda.