Pengertian Towing Mobil: Dari Jenis Hingga Biaya

27 February, 2024
clock-bold
5 menit membaca

Image Pengertian Towing Mobil: Dari Jenis Hingga Biaya

Towing mobil menjadi salah satu kebutuhan bagi sebagian orang yang mengalami masalah pada mobilnya. Mobil yang dimiliki terkadang memiliki masalah sehingga tidak dapat dikendarai sehingga harus mengangkut mobil ke bengkel atau ke lokasi lain.

Tidak hanya ketika mobil bermasalah, namun bisa juga untuk memindahkan mobil dari satu lokasi ke lokasi lain tanpa harus mengendarainya. Biasanya kegiatan seperti ini banyak dilakukan para pecinta otomotif yang mengikuti ajang pameran. Sehingga tidak perlu mengendarai mobilnya menuju lokasi pameran. Sampai saat ini, sudah cukup banyak jasa towing mobil yang ditawarkan oleh para pelaku usaha tersebut. Baik itu dalam lingkup dalam kota hingga luar kota.

Bagi sebagian orang terkadang masih bingung mengenai towing mobil dan mobil derek. Meski sama-sama membawa mobil ke lokasi yang diinginkan tanpa mengendarainya, namun cara kerjanya cukup berbeda.

Untuk lebih jelas mengenai towing mobil, Anda bisa menyimak ulasan mengenai pengertian towing mobil, jenis-jenis hingga persyaratannya di bawah ini.

Pengertian Towing Mobil

Dalam konteks ini, "towing mobil" merujuk pada truk derek yang memiliki kemampuan untuk mengangkat dan mengangkut mobil dengan mengaitkan mobil yang rusak atau mogok ke bagian belakang truk.

Selama proses towing, mobil yang rusak atau mogok diangkat dari tanah dan diamankan di bagian belakang truk dengan menggunakan perangkat derek dan kait yang sesuai. Towing mobil bekerja untuk mengangkut mobil yang tidak dapat berjalan dengan aman ke lokasi yang dimaksud, seperti bengkel atau tempat penyimpanan yang ditetapkan.

Selain itu, perlu diketahui satu hal terutama bagi pemilik mobil bertransmisi otomatis. Hal tersebut yaitu jika mobil bertransmisi otomatis mengalami masalah atau mati namun tetap dicoba untuk digerakkan secara paksa dapat menyebabkan komponen transmisi yang sensitif mengalami kerusakan lebih lanjut.

Perbedaan Towing Mobil dan Derek

Terkadang masih cukup banyak orang yang menyamakan antara towing mobil dan derek. Padahal keduanya cukup berbeda dan memiliki cara kerja yang berbeda pula. Meskipun dalam kegunaannya sama-sama untuk mengangkut mobil. Berikut perbedaan towing mobil dan derek.

1. Cara Mengangkut

Towing mobil mengangkut kendaraan dengan mengangkat seluruhnya dan menempatkannya pada bagian belakang mobil pengangkut. Sedangkan, untuk mobil derek perbedaannya ada pada cara menarik yang menggunakan katrol. Sehingga mobil yang diangkut tersebut tidak diangkat seluruhnya, melainkan hanya pada bagian depan saja. Lalu bagian belakang kendaraan masih menapak di tanah.

2. Bentuk Kendaraan

Towing mobil biasanya menggunakan truk dengan bak lapang pada bagian belakang dan memiliki sistem hidrolik untuk menaikan dan menurunkan bak. Sedangkan mobil derek bisa berupa truk yang dilengkapi dengan katrol pada bagian belakangnya.

3. Kendaraan yang Bisa Diangkut

Jenis kendaraan yang dapat ditarik berbeda dengan towing karena truk derek menggunakan katrol. Proses penderekan memungkinkan kendaraan yang lebih besar seperti truk atau bahkan bus.

Ketika bus atau truk terlibat kecelakaan dan kendaraan harus diamankan, kinerja katrol pada mobil derek akan sangat membantu untuk mempermudah penarikan.

Jenis-Jenis Towing Mobil

Jenis-Jenis Towing Mobil

Pada dasarnya, mobil towing mengangkut mobil secara keseluruhan. Hanya saja, beberapa jenis mobil towing dimodifikasi untuk berfungsi dengan cara yang berbeda.

1. Mobil Towing Hidrolik

Memanfaatkan sistem kerja yang menggunakan hidrolik. Mobil towing jenis ini dapat dinaikkan tepat di atas bak angkut setelah bak diturunkan ke bagian paling rendah.

Mobil towing hidrolik biasanya digunakan untuk mengangkut mobil premium dengan ground clearance rendah, sehingga bagian bawah mobil tidak bergeser dengan permukaan bak angkut. Setelah mobil terisi, hidrolik mengangkat bak angkut secara otomatis.

2. Mobil Towing Gendong

Biasanya digunakan untuk mengangkut mobil dari showroom ke rumah pembeli. Pada dasarnya, towing mobil ini hampir sama seperti towing mobil hidrolik namun hanya memiliki perbedaan sedikit saja. Perbedaannya adalah mobil jenis ini hanya menggunakan bidang miring untuk menaikkan kendaraan yang akan diangkut ke truk.

Biaya Towing Mobil

Biaya Towing Mobil

Harga yang ditawarkan oleh setiap jasa towing bisa saja berbeda. Walaupun dalam perbedaannya tidak terlalu banyak apabila jarak yang ditempuh relatif sama. Selain itu, dalam biaya towing ini biasanya ditambah asuransi sehingga apabila dalam perjalanan terdapat masalah bisa lebih tenang.

Berikut kisaran biaya towing mobil menurut lokasi tujuan:

  • Biaya Towing Mobil Jakarta-Bali

Kisaran biaya untuk towing mobil dari Jakarta menuju Bali kurang lebih adalah Rp8,5 juta. Biaya tersebut belum termasuk tambahan asuransi. Sedangkan, waktu pengiriman yang dibutuhkan kurang lebih tiga hari.

  • Biaya Towing Mobil Jakarta-Yogyakarta

Kisaran biaya towing mobil dari Jakarta ke Yogyakarta kurang lebih Rp3 juta yang membutuhkan waktu pengiriman kurang lebih dua hari.

  • Biaya Towing Mobil Jakarta-Semarang

Kisaran biaya towing mobil dari Jakarta ke Semarang kurang lebih Rp3,5 juta dan estimasi pengiriman bisa sampai 1 hari.

  • Biaya Towing Mobil Jakarta-Surabaya

Kisaran biaya towing mobil dari Jakarta ke Surabaya ini membutuhkan waktu pengiriman kurang lebih 3 hari dengan kisaran biaya Rp4 juta.

Jenis Kendaraan yang Bisa Diangkut Towing Mobil

Ada beberapa jenis kendaraan yang dapat diangkut oleh towing mobil. Pada dasarnya towing mobil ini akan mengangkut kendaraan secara keseluruhan dan menempatkannya pada bagian belakang mobil.

Berikut jenis kendaraan yang bisa diangkut towing mobil:

  1. Sepeda Motor
  2. Mobil
  3. Alat Berat
  4. Kendaraan TNI dan Kepolisian

Bila Anda pemilik mobil Wuling, terdapat layanan darurat 24 jam. Layanan ini bernama Emergency Roadside Assistance (ERA)* 24H**, yang mana akan membantu Anda untuk kebutuhan seperti towing mobil serta keadaan emergency lainnya di beberapa wilayah yang masih dalam jangkauan layanan tersebut.Dengan begitu, sebagai pemilik mobil Wuling dapat memanfaatkan Emergency Roadside Assistance (ERA)* 24H** ketika berada dalam keadaan darurat dengan bebas biaya. Tentunya Anda akan semakin tenang dan nyaman dalam perjalanan karena adanya layanan tersebut.

Demikian ulasan mengenai pengertian towing mobil serta mengetahui perbedaan towing mobil dan derek mobil. Towing mobil menjadi sangat berguna dan membantu ketika dalam keadaan darurat dan untuk membawa mobil ke lokasi tertentu tanpa harus mengendarainya.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer