Perbedaan Transmisi Manual dan Otomatis (Matic) Mobil

28 June, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Perbedaan Transmisi Manual dan Otomatis (Matic) Mobil

Anda berencana membeli mobil dan masih bingung menentukan pilih mobil dengan transmisi otomatis (orang Indonesia umumnya menyebut mobil matic) atau transmisi manual? Sebelum memilih sebaiknya pahami dahulu perbedaan transmisi otomatis dengan transmisi manual dan mana yang lebih baik.

Mobil manual untuk perpindahan gigi dilakukan secara normal menggunakan pedal kopling serta tuas kopling dan menggunakan perpindahan gigi atau sering disebut gear box. Sementara teknologi transimisi otomatis sudah berkembang sejak 20 tahun belakangan ini. Untuk memahami lebih jauh mengenai perbedaan transmisi otomatis dan manual, berikut adalah jenis transmisi pada mobil matic dan manual.

Transmisi Otomatis

Transmisi Otomatis

Sistem transmisi yang satu ini terbagi dalam otomatis dan semi otomatis. Pada semi otomatis tidak menggunakan pedal kopling, akan tetapi untuk posisi gigi masih dipindahkan secara manual namun pengemudi tak perlu untuk menginjak kopling. Lalu pada transmisi otomatis terbagi lagi dalam beberapa sistem, yaitu:

  • Transmisi Otomatis Elektronik (Triptonic): banyak dipakai pada mobil mewah.
  • Continously Vatiable Transmission (CVT): sistem transmisi ini tidak memakai gigi sehingga terkesan halus dalam perpindahan gigi (karena memang tidak ada perpindahan gigi) akan tetapi hanya menggunakan rasio belt saja.
  • Sequential Manual : sistem transmisi ini bisa dioperasionalkan dengan cara manual akan tetapi memiliki mode auto yang menggunakan komputer dalam mengontrol perpindahan gigi.
  • Double Clutch Gearbox : sistem transmisi ini adalah yang terbaru, sama dengan sequential manual akan tetapi memiliki 2 tuas kopling yang keduanya diatur oleh komputer sehingga memungkinkan perpindahan gigi menjadi sangat halus

Baca juga: Memilih Bahan Bakar Sesuai Mesin Mobil Anda

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

  1. Pengoperasian

Untuk mobil manual kaki kiri berfungsi unutk menekan kopling dan kaki kanan di gunakan untuk menginjak rem dan juga gas. Selain itu tangan kiri juga harus selalu aktif guna melakukan perpindahan gigi. Berbeda dengan mobil matic, pada mobil matic kaki kanan sajalah yang sangat berguna karena kaki kanan berfungsi untuk menginjak pedal gas dan juga rem. Sedangkan untuk kaki kiri bebas atau dalam kata lain tidak berfungsi. Untuk tangan kiripun juga cukup bebas karena jarang melakukan perpindahan gigi.

  1. Bahan Bakar

Untuk mobil matic sendiri pada konsumsi bahan bakar memang lebih boros di bandingkan dengan mobil manual. Hal itu di sebabkan karena pada mobil transmisi matic kinerja mesin jauh lebih berat di bandingkan dengan mobil transmisi manual.

  1. Kenyamanan

Untuk segi kenyamanan mobil matic memang lebih di unggulkan. Hal itu di sebabkan karena perpindahan transmisinya lebih halus dan nyaman. Tidak seperti mobil manual yang terkadang perpindahan transmisinya terasa kasar.

  1. Perawatan

Untuk perawatan mobil matic memang lebih mahal di bandingkan mobil manual. Hal itu di sebabkan harga kopling, sparepart, ataupun yang lainnya memang lebih mahal di bandingkan dengan mobil manual.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic

  • Kelebihan

  1. Praktis dikendarai, lebih mudah, lebih nyaman, tidak cepat lelah dan menyenangkan
  2. Dapat diandalkan untuk jalanan macet seperti kota Jakarta dan Surabaya atau kota besar lainnya
  3. Bagi anda yang baru belajar mengemudi tentunya akan sangat mudah menggunakan transmisi matic tanpa harus repot-repot menyeimbangkan pedal gas dan pedal kopling.
  • Kekurangan

  1. Perawatan tidak boleh telat, harus ekstra (jika terjadi kerusakan habis biaya banyak)
  2. Lebih sering ganti oli transmisi
  3. Lebih boros bahan bakar, meskipun untuk pemakaian yang konstan (ideal) konsumsi BBM relatif sama dengan manual
  4. Akselerasi masih kurang apalagi untuk jalan tanjakan
  5. Tidak memiliki engine brake sehingga harus hati-hati menggunakan rem saat melalui track turunan yang cukup panjang yang mana terkadang rem bisa kehilangan daya cengkram idealnya jika digunakan terus menerus
  6. Teknisi masih sedikit yang paham tentang mobil ini
  7. Harga beli mobil yang lebih mahal
  8. Perlu biaya ekstra dalam melakukan perawatan gear box.
  9. Rata-rata nilai jual bekas mobil matic cenderung turun drastis.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Manual

Kelebihan dan Kekuaranan Mobil Manual

  • Kelebihan

  1. Akselerasi lebih baik
  2. Lebih sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pengemudi
  3. Lebih irit
  4. Biaya perawatan dan perbaikan lebih sedikit
  5. Transmisi manual sangat handal untuk jalanan yang berbatu dan menanjak.
  • Kekurangan

  1. Lebih sulit dalam mengemudikan mobil manual (karena konsentrasi terpecah pada pedal gas dan rem atau juga dengan tuas transmisi)
  2. Lebih cepat lelah mengemudikan mobil tipe ini apalagi jika anda sering mengalami macet di jalanan
  3. Kurang nyaman, kecuali memang orang-orang tertentu yang menginginkan sensasi hentakan mobil seperti offroader

Setelah memahami perbedaan transmisi otomatis untuk mobil matic dan transmisi manual, selanjutnya menentukan pilihan mobil transmisi otomatis atau manual, lalau menyesuaikan dengan kebutuhan dan medan jalanan yang akan hadapi. Semoga membantu, Keluarga Wuling.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer