Seputar Central Lock Mobil: Fungsi dan Cara Kerja

1 February, 2023
clock-bold
3 menit membaca

Image Seputar Central Lock Mobil: Fungsi dan Cara Kerja

Semua mobil keluaran baru saat ini sudah menggunakan sistem central lock sebagai pengaman dalam penguncian kendaraan. Jika dulunya mobil dikunci dengan menggunakan kunci manual, kini teknologi telah mengubahnya menjadi sistem kunci otomatis atau central lock. Central lock mobil memungkinkan Anda untuk mengunci keempat pintu mobil sekaligus hanya dalam satu tombol saja.

Dengan menggunakan central lock, Anda tak perlu khawatir lagi jika pintu belum terkunci saat mobil berjalan atau parkir. Anda dapat menguncinya secara otomatis dengan mudah. Nah, untuk tahu lebih jelas tentang apa itu central lock mobil dan bagaimana cara mengatasinya jika rusak, yuk simak ulasan berikut ini!

Pengertian Central Lock

Central lock mobil adalah fitur keamanan mobil yang memungkinkan Anda melakukan penguncian otomatis pada seluruh pintu mobil dengan menggunakan satu tombol. Dengan menekan tombol tersebut, seluruh pintu akan terkunci sekaligus. Anda tidak perlu mengunci pintu satu per satu seperti pada mobil model dahulu yang menggunakan kunci konvensional.

Fungsi Central Lock

Central lock mobil berfungsi untuk mengunci seluruh pintu mobil dalam waktu yang sama. Inilah yang membuat rangkaian central lock begitu berperan dalam sistem keamanan mobil. Sistem central lock dapat membuka atau mengunci pintu secara bersamaan dengan tujuan untuk meningkatkan kenyamanan pengendara mobil. Anda tak perlu mengecek setiap pintu mobil saat hendak melakukan perjalanan.

Central Lock Mobil

Cara Kerja Central Lock

Lantas bagaimana cara kerja central lock mobil? Sistem pengaman mobil otomatis ini bekerja dengan memanfaatkan teknologi. Ketika tuas pada sisi pengemudi ditekan, maka secara otomatis semua pintu akan terkunci, Begitu juga sebaliknya, ketika tuas ditarik, maka seluruh pintu mobil akan terbuka.

Kinerja dari central lock berpusat pada mainboard yang mengatur sinyal input dari sensor mesin. Sinyal tersebut kemudian diteruskan ke komponen-komponen mobil sebagai output. Selanjutnya output akan meneruskan sinyal arus ke motor utama serta menjalankan perintah untuk mengunci atau membuka mobil.

Bagaimana Jika Central Lock Rusak?

Mengingat fungsi rangkaian central lock mobil yang penting, maka akan menjadi masalah jika central lock rusak. Beberapa penyebab central lock mobil bermasalah antara lain motor penggerak yang sudah aus, gigi penggerak dan bagian batang central lock rusak, adanya benturan keras pada bagian pintu, adanya kabel yang putus, serta adanya kotoran yang menumpuk.

Untuk mengatasi kerusakan pada fitur tersebut, Anda perlu segera membawanya ke bengkel terdekat. Nantinya bengkel akan melakukan pengecekan terhadap kondisi central lock mobil Anda dan memperbaikinya. Nah, untuk mencegah kerusakan pada central lock, sebaiknya Anda secara rutin membersihkan kotoran di sekitar mobil serta menghindari bantingan pintu. Saat menutup pintu, usahakan tidak terlalu keras sehingga kerusakan bisa dicegah.

Itulah beberapa hal mengenai central lock mobil yang perlu Anda tahu, termasuk cara kerja dan cara menghindari kerusakannya. Semoga bermanfaat!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer