Teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS) untuk Keamanan Berkendara

5 December, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS) untuk Keamanan Berkendara

Banyak sekali kecelakaan yang terjadi akibat ulah manusia atau kesalahan sendiri. Namun kesalahan tersebut bisa dihindari dengan adanya penggunaan teknologi Advanced Driver Assistance Systems atau ADAS.

Secara umum, ADAS memiliki peranan untuk mengurangi jumlah kecelakaan mobil dan mengurangi dampak serius yang sulit untuk dihindarkan. ADAS menjadi teknologi canggih yang sangat bermanfaat untuk keselamatan.

Sekilas Tentang Advanced Driver Assistance System

Sekilas Tentang Advanced Driver Assistance System

ADAS merupakan sistem yang telah menggabungkan antara standar antarmuka terbaru dan teknologi ini telah menjalankan berbagai algoritma berbasis visi untuk mendukung multimedia yang sifatnya real time. Teknologi ini juga sudah melakukan pemrosesan cerdas dan sudah memiliki subsistem sensor yang canggih.

Sejak dulu memang sudah ada upaya peningkatan keselamatan dalam bidang otomotif seperti airbag, sabuk pengaman tiga titik dan kaca anti pecah. Ketiganya merupakan tindakan keselamatan yang sifatnya pasif untuk meminimalisir cedera saat terjadi kecelakaan lalu lintas.

ADAS juga sangat aktif dalam meningkatkan standar keselamatan dengan adanya bantuan perangkat yang cerdas, sehingga kecelakaan bisa dikurangi dan cedera pada penumpang bisa diminimalisir.

Dalam mengimplementasikan kamera di kendaraan yang melibatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) baru, tentu sudah menggunakan sebuah sensor untuk mengidentifikasi dan memproses suatu objek. Cara kerja sensor ini sangat mirip dengan informasi proses yang berjalan di otak manusia.

Sensor juga telah menggunakan sejumlah data dengan menggunakan bantuan perangkat lunak untuk mengenali gambar, radar, lidar dan sensor ultrasound. Secara fisik, teknologi ini akan mampu melakukan respon lebih cepat dibandingkan dengan respons yang dilakukan oleh pengemudi.

Sensor itu dapat melakukan analisis video streaming secara real time dan bisa mengenali apapun yang ditampilkan dalam video serta bisa menentukan reaksi terhadapnya.

Video Fitur ADAS yang Bikin Wuling Alvez Nyaman

Fitur-Fitur ADAS yang Telah Diterapkan di Mobil Almaz RS

Fitur-Fitur ADAS yang Telah Diterapkan di Mobil Almaz RS

Wuling sangatlah menonjolkan berbagai fitur keamanan yang diterapkan untuk meningkatkan standar keselamatan dalam berkendara. ADAS terbagi dalam empat kategori seperti Automatic Light, Lane Recognition dan Adaptive Cruise.

1. Adaptive Cruise Control (ACC)

ACC akan secara otomatis melakukan penyesuaian antara kecepatan jelajah dengan kecepatan kendaraan yang ada di bagian depan, sehingga bisa menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.

2. Bend Cruise Assistance (BCA)

BCA bisa membantu mengurangi kecepatan laju kendaraan secara otomatis, terutama ketika kendaraan memasuki jalan tikungan.

3. Traffic Jam Assistance (TJA)

TJA mampu membantu kendaraan menjaga jarak aman secara otomatis dalam kondisi lalu lintas yang padat atau lancar.

4. Intelligent Cruise Assistance (ICA) & Lane Departure Warning (LDW)

ICA dan LDW akan memberikan peringatan otomatis ketika kendaraan atau mobil keluar dari lajur.

5. Lane Keeping Assistance (LKA)

LKA akan secara otomatis melakukan koreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman atau sesuai.

6. Safe Distance Warning (SDW)

SDW akan memberikan peringatan saat mobil yang ada di depan jaraknya terlalu dekat atau di bawah jarak yang aman.

7. Forward Collision Warning (FCW)

FCW akan mendeteksi adanya potensi tabrakan di bagian depan dan akan memberikan peringatan dalam bentuk suara dan tampilan secara visual. Rem sekejap pastinya akan disesuaikan dengan tingkat bahaya yang terjadi.

8. Automatic Emergency Braking (AEB)

AEB akan bekerja saat pengemudi tidak melakukan respons terhadap peringatan bahaya tabrakan dan sistem AEB akan otomatis melakukan pengereman secara darurat.

9 Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA)

IHBA akan menyesuaikan dengan besarnya gaya pengereman yang dilakukan secara otomatis sesuai dengan risiko bahaya dan jika gaya injak rem pengemudi tidak mencukupi.

10. Collision Mitigation System (CMS)

CMS akan mengurangi kecepatan kendaraan untuk memperkecil keparahan cedera atau kerusakan mobil akibat tabrakan.

11. Intelligent Head Beam Assistance (IHMA)

IHMA adalah teknologi yang akan membuat mobil secara otomatis menyesuaikan ketinggian cahaya lampu utama sesuai dengan kondisi pencahayaan di lingkungan sekitar.

Wuling punya informasi menarik yang sayang untuk kamu lewatkan.

Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan brosur kami yang informatif.

Download Brosur BinguoEV

Download Brosur Alvez

Download Brosur Almaz Hybrid

Download Brosur Air ev

Download Brosur New Almaz RS

Itulah bahasan lengkap mengenai teknologi Advanced Driver Assistance System yang sudah tersematkan pada mobil Almaz RS. Mengendarai Almaz RS akan membawa perjalanan Anda lebih nyaman ketika menghadapi hambatan di perjalanan atau keadaan tak terduga yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer