6 Tips Cara Perawatan Mobil Baru Agar Tahan Lama

23 February, 2021
clock-bold
3 menit membaca

Image 6 Tips Cara Perawatan Mobil Baru Agar Tahan Lama

Banyak yang berpikiran kalau membeli mobil baru, Anda tak perlu melakukan apa-apa karena kondisinya mulus dan serba baru. Padahal anggapan itu salah. Apabila mobil baru tak dirawat dengan baik malah bisa-bisa kondisinya seperti mobil bekas. Berikut tips cara tepat melakukan perawatan pada mobil baru Anda.

Kondisi Cairan Mobil

Kondisi Cairan Mobil

Merawat mobil baru bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan pengecekan secara rutin. Pertama Anda harus rajin mengecek kondisi oli mesin. Pengecekan ini bisa dilakukan secara rutin setiap sebulan sekali. Dengan begitu jika ada kebocoran dan hal janggal pada mobil bisa cepat teratasi. Ada juga cairan-cairan lain di dalam mobil yang membutuhkan perhatian seperti minyak rem, cairan pembersih kaca, hingga oli transmisi.

Baca juga: 7 Cara Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin

Filter Udara

Filter Udara

Anda juga bisa mengecek kondisi filter udara, sistem pembuangan, tak lupa aki bersamaan dengan penggantian oli. Pengecekan aki juga sebaiknya dilakukan secara rutin, agar Anda tidak kaget apabila mobil tiba-tiba mati di jalan.

Tekanan Ban

Tekanan Ban

Jangan lupa juga untuk mengecek tekanan ban. Sebelum melakukan perjalanan jauh atau setidaknya sebulan sekali ada baiknya untuk memastikan tekanan ban sesuai dengan anjuran pabrikan. Anda juga bisa melakukan rotasi ban mobil agar performanya seimbang. Ini dapat menjaga ban mobil dalam kondisi prima dan memperpanjang umurnya.

Eksterior Mobil

Eksterior Mobil

Supaya tampilannya tetap mulus seperti baru keluar dari show room, Anda harus rajin membersihkan eksterior mobil dengan lap setelah digunakan. Hal ini dapat membuat cat mobil tetap awet dan membersihkan mobil dari debu yang bisa menimbulkan goresan.

Anda juga bisa menjadwalkan untuk mencuci mobil setiap satu minggu sekali. Gunakanlah sampo mobil dengan kualitas yang baik agar tidak menimbulkan bekas. Jangan lupa juga untuk mengeringkannya setelah dicuci supaya tak ada bercak air mengering di bagian eksteriornya.

Anda juga bisa memoles untuk menjaga agar tetap mulus dengan pelindung cat atau waxing. Setelah dibersihkan, mobil bisa ditutup dengan menggunakan sarung untuk menghindari kotoran kembali menempel.

Baca juga: Cara Melakukan Pemeriksaan Rutin Mobil Sehari-Hari

Interior Mobil

Interior Mobil

Bagian interior pun harus sering dibersihkan. Caranya bisa dengan mengelap dan menggunakan vakum untuk menyedot debu-debu di karpet mobil, hingga jok mobil.

Melakukan perawatan interior mobil ini tak hanya dilakukan untuk membuat tampilan tetap kinclong, melainkan juga agar tidak cepat rusak. Tak hanya merawat saja. Anda yang membeli mobil baru juga harus memahami layanan after sales atau purna jual yang diberikan oleh pabrikan supaya kualitas mobil lebih terjaga.

After Sales Wuling

After Sales Wuling

Paduan perawatan mobil sendiri biasanya tercantum dalam buku manual yang diberikan dalam mobil. Begitupun saat membeli mobil Wuling. Garansi mesin 3 tahun / 100.000 KM. garansi komponen utama transmisi dan komponen utama mesin 5 tahun atau 100.000 KM, bebas biaya perawatan berkala sampai dengan 4 tahun atau 50.000 KM merupakan beberapa pelayanan after sales yang diberikan Wuling.

Lebih detailnya, Anda bisa menghubungi dealer atau bengkel resmi Wuling terdekat atau menghubungi hotline di 0800-100-5050. Layanan after sales yang diberikan Wuling bisa Anda baca detailnya di laman after sales Wuling.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer