10 Rekomendasi Rest Area Tol Trans Jawa Saat Mudik Lebaran

27 February, 2024
clock-bold
6 menit membaca

Image 10 Rekomendasi Rest Area Tol Trans Jawa Saat Mudik Lebaran

Mudik lebaran dengan kendaraan pribadi memang menguras stamina sehingga perlu rehat yang cukup. Rest area yang ada di sekitar kawasan tol merupakan solusi para pemudik untuk istirahat sejenak, termasuk di kawasan Tol Trans Jawa.

Ada banyak opsi rest area di sepanjang jalur Trans Jawa yang tidak sekadar lengkap fasilitasnya, melainkan juga instagramable dan nyaman untuk melepas penat sejenak. Ini dia beberapa opsi rest area menarik untuk bekal mudik lebaran nanti.

1. Rest Area KM 391 (Tol Semarang – Batang)

Salah satu rest area terbaik di Tol Trans Jawa ada di kabupaten Kendal. Tepatnya di KM 391 Tol Semarang-Batang menuju arah Jakarta. Tidak sebatas tempat melepas penat sejenak saat perjalanan mudik.

Rest area ini juga cocok untuk menyegarkan pikiran dengan pemandangan menarik di sekitar. Belum lagi banyak food station yang siap memanjakan lidah dan perut para pemudik. Banyak kuliner khas Jawa Tengah yang disediakan di kawasan ini.

2. Rest Area KM 575 (Tol Ngawi-Sragen)

Jika Anda menganggap bahwa rest area memiliki suasana membosankan, coba lihat kawasan satu ini. Desain bangunannya begitu instagramable, mengusung arsitektur Eropa modern-klasik. Selain itu, banyak spot lainnya yang menarik bagi Anda penggemar fotografi. Lokasinya ada di rest area KM 575, Tol Ngawi-Sragen.

Mulai dari taman, halaman, dan masih banyak lainnya yang didesain sangat unik. Belum lagi panorama alam Gunung Lawu di sekitarnya yang membuat suasana kian sejuk. Banyak outlet pujasera yang siap memanjakan lidah dengan aneka kuliner lezat.

Rest Area KM 429 (Tol Semarang - Bawen)

3. Rest Area KM 429 (Tol Semarang - Bawen)

Masih di sekitar Semarang, tepatnya di kawasan Kabupaten Ungaran. Ada rest area yang memiliki pemandangan pegunungan nan asri. Rest area di KM 429 ini akan membuat pemudik relax sejenak berkat udara sejuk di sekitarnya.

Selain itu, ragam sarana pendukung juga disediakan pengelola secara maksimal. Terdapat berbagai fasilitas seperti masjid, SPBU, hingga restoran. Terdapat pula area taman bermain anak yang sangat membantu agar anak-anak terhibur selama mudik.

Tidak hanya pemandangannya yang indah ketika siang hari,  Anda juga bisa menyaksikan indahnya panorama sunset di arah Gunung Ungaran. Mudik sekaligus bisa healing menyaksikan indahnya panorama alam tentu menjadi pengalaman menarik.

4. Rest Area KM 5 (Tol Jatingaleh – Krapyak)

Jika sampai di semarang, salah satu rest area terdekat yang sangat recomended adalah rest area KM 5. Tol Trans Jawa ini masuk ke kawasan Semarang, menuju arah Jakarta. Fasilitas umum nan memadai dengan mudah Anda jumpai, seperti masjid, pusat oleh-oleh, sampai SPBU tersedia untuk mengakomodir kebutuhan pemudik.

Jangan lupa berfoto untuk mengabadikan momen ketika berada di rest area ini. Bangunannya yang didesain modern menjadi ciri khas tersendiri. Selain itu, rest area di Tol Jatingaleh-Krapyak ini juga memiliki bangunan luas dan nyaman untuk istirahat.

5. Rest Area 97 (Tol Purbaleunyi)

Rest area yang ada di Tol Purbaleunyi ini mengarah ke Jakarta. Saat musim mudik tiba memang membuat pengunjung lebih banyak. Walau demikian, adanya sistem one way yang diterapkan akan membuat pengunjung mudah memasuki rest area ini.

Fasilitas yang dihadirkan area istirahat pengguna jalan ini juga sangat lengkap. Mulai dari SPBU, restoran, masjid, hingga toilet semua lengkap tersedia. Selain itu, Anda juga akan dimanjakan dengan view menarik di sekitarnya.

7 Rekomendasi Rest Area Tol Trans Jawa Saat Mudik Lebaran 2 1000x563

6. Rest Area KM 57 (Tol Cikampek)

Salah satu hal yang menjadi ciri khas dari rest area KM 57 adalah area parkirnya yang luas. Tentu Anda tidak perlu khawatir kesulitan akses keluar-masuk berkat adanya fasilitas tersebut. Rest area ini juga menawarkan banyak fasilitas lain yang membuat pemudik nyaman, seperti:

  • Masjid
  • SPBU
  • Restoran
  • Toilet
  • View instagramable, dan masih banyak lainnya

7. Rest Area KM 88 (Tol Purbaleunyi)

Salah satu ciri khas yang terdapat di rest area ini adalah masjidnya. Masjid yang diberi nama Al-Safar ini tidak sekedar menjadi tempat ibadah para pemudik. Desainnya yang sangat khas membuatnya terlihat sangat instagramable. Cocok banget buat foto-foto.

Masjid yang ada di rest area Tol Purbaleunyi Jawa Barat ini merupakan hasil desain dari Ridwan Kamil. Gubernur Jawa Barat ini mendesain masjid dengan segudang keindahan yang futuristik.

Foto-foto semakin lengkap kalau Anda membawa mobil Wuling Alvez yang sangat stylish, pasti makin terlihat apik. Sekadar informasi saja, Alvez tak hanya mengandalkan desain yang stylish dan kekinian untuk anak muda, tetapi juga nyaman digunakan berkat fitur-fiturnya. Salah satunya dengan teknologi Remote Control App atau IoV (Internet of Vehicle) yang memungkinan Anda terhubung dengan mobil melalui jaringan internet. Agar perjalanan makin seru, nikmati pula Online Music dan Online Navigation. Pada bagian fitur keamanan, salah satunya adalah ADAS (Advanced Driver Assistance System), yaitu sistem keamanan yang membawa tiga fitur unggulan, yaitu Adaptive Cruise, Lane Recognition, dan Safe Distance & Braking Assistance.

8. Rest Area KM 207A (Tol Palimanan – Kanci)

Rest area di Tol Trans Jawa berikutnya berada di kawasan Brebes, Jawa Tengah. Tidak hanya tempatnya yang nyaman, segudang layanan juga bisa Anda peroleh. Salah satunya rekayasa jalur ketika high season seperti mudik lebaran tiba.

Area peristirahatan ini menyediakan jalur berbeda untuk pengisian BBM, tempat makan, sampai toilet. Jalur berbeda ini berguna agar antrean panjang bisa lebih cepat diurai, sehingga pengunjung tetap merasa nyaman.

9. Rest Area KM 456A-456B (Tol Semarang-Solo)

Hal yang membuat rest area ini unik sekaligus instagramable adalah skybridge. Sky bridge atau jembatan gantung ini merupakan penghubung area 456A dan 456B. Konsepnya memang menarik, yang membuatnya tidak sekedar menjadi tempat untuk melepas penat.

Melainkan menambah pengalaman baru ketika mudik atau melakukan perjalanan jauh. Bangunannya didesain dengan arsitektur yang menyerupai pendopo. Selain itu, suasana di sekitar areanya juga terasa mewah dan modern.

Tidak hanya berisikan resto, pujasera, hingga fasilitas umum lainnya. Pengalaman berlibur juga bisa dirasakan ketika rehat sejenak di rest area Tol Semarang-Solo ini.

10. Rest Area KM 260B (Tol Pejagan-Pemalang)

Siapa sangka bekas pabrik gula bisa disulap menjadi rest area yang instagramable. Tempat istirahat para pengguna jalan ini sudah melalui serangkaian modifikasi. Alhasil, Anda bisa menikmati aneka fasilitas dan kenyamanan selama melepas penat di kawasan ini.

Desain bangunannya terlihat begitu vintage, unik untuk diabadikan kamera. Kapasitas bangunannya mampu menampung sampai 10 ribu pengunjung. Bisa dibayangkan luas dan lengkapnya rest area di Tol Pejagan-Pemalang ini. Fasilitas yang dihadirkan tentunya lengkap, berbanding lurus dengan luas areanya. Mulai dari pusat kuliner dan oleh-oleh, masjid, sampai toilet pun tergolong memadai.

Berbagai rest area di Tol Trans Jawa di atas tentu sangat membantu para pemudik ketika sedang mencari tempat istirahat. Tidak hanya sekadar melepas penat, melainkan mendapat pengalaman lebih menarik berkat layanan dan fasilitasnya.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer