Apa Fungsi Lampu DRL Pada Mobil?

16 July, 2021
clock-bold
3 menit membaca

Image Apa Fungsi Lampu DRL Pada Mobil?

Saat ini Daytime Running Light (DRL) sudah banyak digunakan pada mobil keluaran baru untuk meningkatkan keselamatan berkendara, tidak hanya untuk diri Anda sendiri tapi juga pengguna jalan yang lain. Namun yang menjadi permasalahan saat ini tidak semua pengguna kendaraan paham bagaimana menggunakan lampu DRL dengan benar. Alhasil fitur tersebut tidak bisa dioptimalkan dan membuat permasalahan baru, karena tidak jarang orang menggunakan DRL sebagai lampu utama atau bahkan sebaliknya.

Lantas, bagaimana mengoptimalkan penggunaan lampu DRL untuk penggunaan sehari-hari?

Beda Lampu LED dan DRL

Beda Lampu LED dan DRL

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai lampu DRL, kami akan membahas terlebih dahulu perbedaan antara lampu LED yang biasa digunakan sebagai lampu utama dan DRL. LED merupakan kependekan dari Light Emitting Diode yang sudah banyak digunakan pada lampu utama.

Sedangkan DRL adalah kependekan dari Daytime Running Light yang didesain secara khusus untuk menyala secara terus-menerus selama mesin mobil menyala. Tujuan utamanya adalah untuk keselamatan selama Anda berkendara, selain itu juga untuk memperindah penampilan eksterior mobil.

Dari sini Anda bisa melihat perbedaan antara keduanya yaitu pada fungsinya. Lampu DRL yang aktif saat mesin mobil menyala berfungsi untuk memberikan tanda ke pengguna jalan lain, sedangkan lampu LED yang biasa terpasang di lampu utama digunakan sebagai lampu utama yang memberikan penerangan lebih baik.

Fungsi Lampu DRL

Fungsi Lampu DRL

Lampu DRL biasanya berupa lampu LED berwarna putih yang memiliki fungsi dasar supaya mobil Anda menjadi lebih mencolok dan mudah untuk ditandai pengguna jalan lainnya. Lampu ini biasanya akan mati secara otomatis saat pengemudi menyalakan lampu utama pada malam hari.

Pancaran sinar lampu DRL tidak terlalu terang sehingga tidak disarankan untuk penggunaan di malam hari, namun cukup efektif untuk menambah visibilitas saat hari sudah mulai senja, ataupun pada saat hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Saat jarak pandang mulai terbatas, sebaiknya pengemudi segera mengganti lampu DRL ke lampu utama.

Dengan lampu DRL yang aktif selama mesin menyala diharapkan pengguna jalan lain akan mudah untuk menandai keberadaan mobil yang sedang Anda kendarai. Sebagai contoh, saat pengguna jalan lain akan menyalip maka pancaran lampu DRL dari mobil Anda akan mempermudah mengidentifikasi keberadaan mobil yang sedang Anda gunakan.

Menurut studi yang dilakukan oleh Committee for Risk Assessment (RAC) di Eropa, lampu DRL terbukti sangat efektif untuk mengurangi angka kecelakaan karena mobil menjadi lebih mudah dilihat oleh pengguna jalan lain. Ini dikarenakan lampu utama tidak digunakan setiap saat oleh pengemudi.

Fitur yang sangat berguna untuk keselamatan ini juga Anda temui pada varian terbaru Almaz RS yang memberikan kesan sporty dan stylish. Desain new smoked headlamp pada mobil SUV ini sudah dilengkapi dengan projector headlight futuristik yang membuat Anda mudah untuk mengatur pencahayaan lampu dan Daytime Running Light (DRL) sehingga Anda merasa nyaman selama berkendara.

Selama pandemi Covid-19 dan pembatasan aktivitas yang diberlakukan oleh pemerintah, Wuling From Home hadir sebagai wujud kepedulian pelanggan agar tetap aman di rumah. Anda dapat mencari tahu informasi tentang Almaz RS di website kami atau melakukan proses booking, layanan dan informasi dealer ada di  My Wuling+ atau pemesanan mobil melalui store Wuling di e-commerce resmi.

Yuk, pastikan selalu menggunakan lampu DRL dengan tepat untuk keselamatan Anda dan pengendara lain di perjalanan!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer