Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

23 April, 2023
clock-bold
5 menit membaca

Image Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Salah satu masalah tidak terduga yang terjadi pada mobil adalah pintu terkunci sendiri. Penyebabnya bisa karena adanya kerusakan pada handle pintu hingga kunci yang tertinggal. Tentu solusi cepat harus dilakukan agar mobil bisa digunakan lagi.

Anda mungkin akan memanggil tukang kunci atau malah memecahkan kaca pintu mobil jika terpaksa. Tapi sebenarnya Anda tak perlu sampai memecahkan kaca, soalnya ada beberapa cara membuka pintu mobil yang terkunci. Inilah yang akan kita bahas di artikel ini!

Penyebab Pintu Mobil Terkunci dari Dalam

Sebelum cari tahu bagaimana cara membukanya, Anda mesti tahu bahwa pintu mobil yang terkunci dari dalam bisa disebabkan oleh banyak hal, diantaranya:

1. Kotoran Pada Handle

Pintu yang seret dan akhirnya terkunci bisa dikarenakan handle yang kotor. Kotoran terkontaminasi dengan udara juga bisa menyebabkan karat. Anda sebaiknya rajin membersihkan bagian handle ini agar tidak sampai seret dan terkunci.

Anda bisa membersihkannya secara mandiri, atau datang ke bengkel servis mobil yang resmi. Tentu dengan rajin membersihkannya akan membuat handle lebih awet tanpa khawatir mudah rusak.

2. Motor Penggerak Berkarat

Karat pada motor penggerak bisa membuat bagian pintu terasa seret. Pintu mobil alhasil akan sulit dibuka, bahkan bisa terkunci total. Hal ini perlu upaya pencegahan dengan pengecekan berkala di bagian ini.

3. Kunci Tertinggal

Hal paling umum yang membuat pintu mobil terkunci adalah faktor kelalaian. Kunci tertinggal di kabin dan pengguna keluar, otomatis akan membuat pintu terkunci. Tentu perlu solusi tersendiri untuk membuka pintu tersebut.

4. Pintu Mobil Penyok

Tahukah Anda bahwa benturan pada pintu mobil tidak hanya membuat permukaannya penyok? Ternyata, benturan tersebut juga bisa membuat handle pintu mobilmu mengalami kerusakan. Posisinya bahkan bisa berubah yang tentu sangat mengganggu pemakaian. Komponen pintu yang rusak ini pada akhirnya akan membuat pintu mobil sulit terbuka.

Cara Membuka Pintu Mobil Terkunci

Cara Membuka Pintu Mobil Terkunci Tanpa Merusak Kendaraan

Apabila sudah terkunci dari dalam, Anda tak perlu merusak bagian pintu mobil. Beberapa cara berikut bisa Anda coba:

1. Pakai Penggaris

Jika ingin membuka pintu mobil yang terkunci pakai penggaris, gunakan penggaris berbahan logam. Selipkan penggaris logam ke celah antar jendela dan karet kaca mobil. Jangan khawatir karet akan rusak karena mudah dilepas pasang.

Masukkan penggaris ke celah kaca pintu mobil antara 60-80 cm. Setelah itu, cari bagian handle pintu. Tekan tombol kunci menggunakan penggaris, agar pintu mobil terbuka lagi. Tekan bagian tersebut sembari tarik pegangan pintu, ulangi sampai berhasil.

2. Pakai Gantungan Baju

Gantungan baju bisa dipakai untuk membuka pintu mobil, tetapi gunakan gantungan baju yang berjenis aluminium. Selain itu, gantungan baju ini hanya cocok untuk mobil berjenis manual. Untuk menggunakannya, luruskan dahulu gantungan baju aluminium tersebut.

Setelah itu, buat lekukan pada salah satu ujungnya sebagai pengait. Tekuk 3-5 cm pengait tersebut, masukkan ke celah pintu karet. Dorong gantungan hingga beberapa cm, rasakan sampai ujung pengait masuk melalui jendela.

Lalu, posisikan pengait hingga bisa menangkap tuas kunci. Posisi ini berbeda-beda antar mobil. Akan tetapi pada umumnya ada di bagian sedikit ke belakang. Setelah tuas bisa ditangkap pengait, coba tarik ke atas sampai pintu mobil terbuka.

3. Menggunakan Tali

Jika hendak menggunakan tali, pilihlah tali yang berbahan kuat. Misalnya, tali sepatu berbahan lebih solid. Untuk memanfaatkannya, buat simpul kecil yang kuat terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan simpul ke celah pintu. Geser tali sampai bisa mencapai bagian kabin. Coba letakkan simpul ke bagian kunci mobil, tarik perlahan-lahan. Jangan tarik secara cepat karena akan membuat tuas pintu mobilmu rusak.

4. Menggunakan Obeng

Jika ingin menggunakan obeng, hati-hati jangan sampai merusak interior maupun eksterior mobilmu. Cara memakainya cukup dengan membuat ruang memakai obeng. Setelah itu, masukkan pencungkil untuk menarik kunci dari dalam.

5. Memakai Tangkai Besi

Membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam juga bisa dengan memanfaatkan tangkai besi. Caranya tidak berbeda dengan memakai penggaris, yakni masukkan tangkai besi ke celah atas pintu. Buka sedikit celah pada bagian atas pintu, masukkan tangkai besi. Setelah itu, ganjal memakai benda apa saja yang aman. Masukkan tongkat tersebut untuk menekan tombol kunci mobil.

6. Panggil Ahli Kunci

Jika Anda ragu membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam sendiri, coba panggil ahli kunci. Seorang ahli kunci tentu memiliki berbagai tools yang akan memudahkan membuka pintu. Selain itu, cara ini juga cukup aman tanpa khawatir pintu mobil rusak.

Anda bisa memanggil ahli kunci datang ke lokasi jika memang layanannya tersedia. Jika jaraknya tergolong jauh atau tidak ada sama sekali, baru gunakan cara yang sudah disebutkan di atas.

6. Pakai Kunci Cadangan

Jika mobil Anda tergolong model terbaru, manfaatkan kunci cadangan untuk mengatasi masalah ini. Umumnya mobil modern memiliki pintu yang dibukanya memakai remot. Jika remot rusak, maka ada kunci cadangan untuk penggantinya. Kunci ini yang bisa Anda pakai untuk membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam. Walau harus digunakan secara manual, tetapi sangat membantu di kala situasi darurat

Kini Anda tidak perlu panik lagi jika ada di situasi pintu mobil yang terkunci, tidak bisa dibuka. Cara di atas bisa Anda pilih, sesuaikan dengan kondisi dan peralatan yang tersedia. Namun permasalahan mobil terkunci dari dalam tidak lagi khawatir jika Anda menggunakan Wuling Air ev yang memiliki teknologi IoV. Teknologi tersebut berguna untuk melakukan lock/unlock secara wireless. Otomatis risiko pintu terkunci dari dalam bisa dicegah dengan hadirnya teknologi dari Wuling ini.

Iov atau Internet of Vehicle ini memungkinkan pengguna memiliki konektivitas memakai internet. Kontrol kendaraan lebih mudah hanya berbekal smartphone. Selain buka-tutup pintu, Anda juga bisa menyalakan, mematikan mesin, hingga mengontrol AC secara mobile. 

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer