Catat Ya! Ini Aturan Ganjil Genap Terbaru

4 February, 2022

Image Catat Ya! Ini Aturan Ganjil Genap Terbaru

Hampir semua orang di Indonesia sudah mengetahui sistem ganjil genap yang pertama kali diperkenalkan di Jakarta. Namun, kini bukan hanya di Jakarta, tetapi kota besar lainnya, seperti Bogor juga sudah mulai menerapkan sistem ini dalam peraturan lalu lintasnya.

Banyak keunggulan yang dirasakan pengguna jalanan dari adanya sistem ini, tapi pandemi yang ada saat ini membuat banyak orang merasa kalau sistem ini kurang tepat untuk diterapkan. Pemerintah menggunakan sistem ini untuk membuat pergerakan masyarakat semakin terbatas.

Aturan di Jakarta

Aturan di Jakarta

Bagi yang tinggal, dan atau mau ke Jakarta, Anda harus mengetahui peraturan ganjil genap di Jakarta sebelum memutuskan untuk bepergian. Penyebaran kasus COVID-19 yang semakin tinggi membuat pemerintah DKI Jakarta memutuskan untuk menerapkan aturan ganjil genap secara ketat.

Berikut adalah daerah dan waktu aturan ganjil genap ini diberlakukan. Aturan ganjil genap diterapkan pemerintah DKI Jakarta saat PPKM level 3. Jadwal ini bisa Anda temukan pada Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor 57 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas Dengan Sistem Ganjil-Genap Pada Masa PPKM Level 3 COVID-19.

Ada sekitar 13 jalur di DKI Jakarta yang diberlakukan aturan ganjil genap ini. Pada jalanan umum, lokasi ganjil genap berada di Jalan MH Thamrin, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, Jalan Fatmawati mulai dari Simpang Jalan Ketimun 1 sampai dengan Simpang Jalan TB Simatupang, Jalan Tomang Raya, Jalan jenderal S.

Selanjutnya jalur Parman mulai dari Simpang Jalan Tomang Raya sampai dengan Jalan Gatot Subroto, Jalan, Gatot Subroto, Jalan MT Haryono, Jalan HR Rasuna Said, Jalan DI Panjaitan, Jalan Jenderal A Yani mulai dari Simpang Jalan Bekasi Timur Raya sampai dengan Simpang Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Jalan Gunung Sahari.

Untuk tempat wisata, lokasi aturan ganjil genap akan diberlakukan di Pintu masuk timur dan pintu masuk barat Ancol Taman Impian, Pintu masuk 1 dan pintu masuk 3 Taman Mini Indonesia Indah, dan Pintu masuk utara dan pintu masuk barat Taman Margasatwa Ragunan.

Aturan ganjil genap yang mulai berlaku di DKI Jakarta pada Februari 2022 tidak berlaku untuk tenaga kesehatan dan dokter. Kelonggaran aturan ini diberlakukan untuk mereka yang membawa surat tenaga kerja kesehatan.

Aturan di Bogor

Aturan di Bogor

Kota Bogor juga ikut melaksanakan aturan ganjil genap. Aturan ini mulai berlaku pada Januari 2022. Informasi ini didapatkan lewat akun Twitter dari pemerintah kota Bogor pada Januari 2022. Kendaraan yang memiliki plat nomor tidak sesuai dengan tanggal akan diminta untuk putar balik.

Meski begitu, ada beberapa kendaraan yang tetap bisa lewat, meski tidak sesuai dengan tanggal plat nomornya. Kendaraan tersebut adalah mobil pemadam kebakaran, ambulans, angkutan logistik, kendaraan tenaga kesehatan, kendaraan dinas TNI Polri, kendaraan dari masyarakat yang akan melakukan vaksin, dan angkutan umum juga diberikan hak khusus.

Petugas bersama dengan Satgas COVID-19 Kota Bogor menjadi penjaga beberapa titik akses untuk masuk ke kota Bogor. Titik-titik yang akan menjadi tempat pemeriksaan plat nomor ganjil genap di kota Bogor adalah sebagai berikut:

  • Bundaran Air Mancur
  • RM. Bumi Aki Pajajaran
  • SP. Baranangsiang
  • SP. Irama Nusantara
  • SPBU Veteran
  • SP. IM Batutulis

Aturan di Cirebon

Aturan di Cirebon

Kota Cirebon melaksanakan aturan ganjil genap untuk kendaraan yang yang akan memasuki wilayah kota ini. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi mobilitas masyarakat. Aturan ini mulai dilaksanakan pada Februari 2022 di setiap akhir pekan. Kegiatan ini dilakukan oleh Polres Cirebon Kota dengan Forkopimda, dan instansi lainnya pada hari pertama berlakunya aturan ini.

Kebijakan ini dilakukan untuk mengendalikan pergerakan masyarakat yang berasal dari luar wilayah Kota Cirebon. Empat titik yang akan diberlakukan kebijakan ini adalah Krucuk, Kalijaga, Kedawung, dan area Penggung.

Banyak wilayah lainnya yang juga memperlakukan aturan ini karena dianjurkan oleh pemerintah supaya pergerakan masyarakat bisa dibatasi mengingat kasus COVID Omicron yang semakin parah. Kendaraan yang memiliki plat nomor tidak sesuai tanggal akan diminta untuk putar balik. Namun hal ini tidak berlaku untuk mereka yang bisa menunjukkan KTP wilayah Kota Cirebon.

Aturan di Bandung

Aturan di Bandung

Banyak kendaraan yang diminta untuk putar balik saat hari pertama ganjil genap di Gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung. Kebanyakan mobil yang diminta untuk putar balik adalah mobil dengan plat B. Kendaraan diminta putar balik karena plat nomor mereka tidak sesuai, yakni plat nomor genap. Untuk kendaraan dengan plat nomor ganjil dipersilakan untuk lewat.

Banyak kendaraan yang berniat untuk berlibur di Bandung harus putar balik. Selama tanggal 11-13 Februari, Polrestabes Bandung melakukan penerapan aturan ganjil genap pada lima gerbang tol masuk kota Bandung. Aturan ini merupakan instruksi dari Permendagri dan Perwal kota Bandung karena diberlakukannya PPKM level 3.

Jika aturan ini terbukti efektif, maka pada minggu selanjutnya aturan ini kembali diberlakukan. Awalnya, Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PKT) Dishub Kota Bandung Asep Koswara menyebutkan kalau tidak ada penutupan pintu tol ke Kota Bandung.

Namun mereka tetap melakukan ganjil genap dan menutup beberapa jalan di daerah Bandung. Ganjil genap mulai diberlakukan pada 11 Februari 2022 mulai dari jam 2 siang sampai 8 malam. Sedangkan ganjil genap pada Sabtu dan Minggu diberlakukan pada jam 7 sampai jam 8 malam.

Kendaraan dengan plat nomor ganjil bisa lewat pada tanggal ganjil dan kendaraan dengan plat nomor genap bisa lewat pada tanggal genap. Ruas tol yang akan diberlakukan Aturan ini adalah GT Pasteur, GT M Toha, GT Buahbatu, GT Pasirkoja, dan GT Kopo. Untuk ruas jalan yang akan ditutup adalah Jalan Asia Afrika, Lengkong Kecil, dan Dipatiukur. Jalan ditutup pada hari Sabtu dan Minggu mulai dari pukul 6 sore sampai 12 malam.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami berikan terkait dengan pemberlakuannya aturan ganjil genap di beberapa daerah di kota besar yang ada di Indonesia. Menghadapi aturan ganjil genap di kota besar, Anda bisa semakin nyaman jika didukung dengan kendaran Almaz RS dengan fitur-fitur canggih seperti ADAS yang cocok untuk perjalanan di kota besar. Fitur ini membantu pengemudi saat berkendara di berbagai kondisi agar tetap aman dan nyaman. Seperti membantu jarak jarak aman di tengah lalu lintas yang lancar atau memberikan peringatan untuk mencegah terjadinya tubrukan keras.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer