Fungsi Subwoofer Mobil & Manfaatnya untuk Hiburan di Perjalanan

27 May, 2021

Image Fungsi Subwoofer Mobil & Manfaatnya untuk Hiburan di Perjalanan

Pada dasarnya, perkembangan pada dunia audio memang tak kalah pesat dengan perkembangan sebuah mobil. Namun, masih banyak pengendara yang belum paham mengenai perbedaan fungsi dari subwoofer dengan speaker dalam komponen instalasi audio mobil.

Fungsi Subwoofer Mobil

Fungsi Subwoofer Mobil

Jika dilihat dari bentuk, subwoofer dan speaker yang terpasang pada mobil memang memiliki desain yang hampir sama, namun secara fungsi sangatlah berbeda. Jenis speaker dibedakan berdasarkan hasil suaranya seperti woofer untuk output suara yang rendah, midrange untuk output suara yang menengah dan tweeter sebagai output suara yang tinggi.

Secara umum, speaker menjadi media yang dipakai untuk memproduksi suara dari daya listrik dan subwoofer adalah suatu sistem speaker bass yang bisa hasilkan frekuensi yang lebih rendah. Fungsi utama dari subwoofer adalah untuk memproduksi suara dari 10 hz sampai 200 hz.

Suara yang lengkap akan memiliki musikalitas yang bagus dan musikalitas yang bagus biasanya memiliki cakupan rentan frekuensi sekitar 20 hz - 29 khz. Subwoofer akan menangkap dan menghasilkan nada rendah dan hasil suara yang dikeluarkan akan lebih lembut.

Manfaat Subwoofer pada Fitur Hiburan Mobil Anda

1. Respon Bass yang Lebih Baik

Respon Bass yang Lebih Baik

Subwoofer yang terpasang pada audio mobil akan membantu untuk memperluas respons bass dalam mengungkapkan suara dalam musik yang Anda putar di mobil. Biasanya mayoritas speaker stereo pada mobil akan mulai berhenti pada kekuatan 50 Hz.

Subwoofer yang berkualitas akan mampu memproduksi frekuensi dengan sangat rendah yaitu sekitar 20 Hz atau bahkan lebih rendah. Subwoofer akan menghasilkan suara bass yang sangat jernih dan mendalam, sehingga nada terendah tidak akan terlewatkan begitu saja.

2. Kejernihan Lebih Besar di Semua Suara

Kejernihan Lebih Besar di Semua Suara

 

Subwoofer yang memiliki kualitas yang prima bisanya memiliki kecepatan dan respons sementara untuk bisa memproduksi bass dengan sangat jelas, sehingga garis bass tercepat akan lebih jernih. Subwoofer dengan kualitas rendah tidak akan bisa menangani start dan stop dengan cepat di bagian vokal atau instrumental musik.

3. Pengurangan Distorsi

Pengurangan Distorsi

Subwoofer memang bisa menurunkan distorsi dan mengurangi kebutuhan secara akustik pada speaker mobil. Ketika speaker full range melakukan produksi bass dengan frekuensi yang rendah, maka diafragma pada speaker bisa ciptakan distorsi.

Ketika Anda memutar musik dengan volume yang tinggi, maka woofer tidak akan bisa mengimbangi mid driver dan tweeter. Subwoofer yang memiliki kualitas yang bagus memungkinkan anda bisa memutar musik dengan keras tanpa adanya distorsi.

4. Mengambil Beban dari Speaker yang Lebih Kecil

Mengambil Beban dari Speaker yang Lebih Kecil

Subwoofer biasanya akan membebaskan speaker yang berukuran kecil untuk tidak memproduksi frekuensi yang rendah dan hal ini akan membuat speaker kecil bisa hasilkan suara yang rentang frekuensinya lebih nyaman. Keberadaan subwoofer tentu meringankan beban speaker full range dan membantu memproduksi suara tanpa distorsi.

5. Respon Spektrum Penuh

Respon Spektrum Penuh

Subwoofer yang bagus memang akan terdengar lebih panjang suaranya dibandingkan speaker spektrum. Dengan sistem suara yang berkualitas, maka speaker akan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan spektrum frekuensi terbaik dan hal ini akan membuat frekuensi tinggi memiliki kejernihan yang optimal.

Dengan subwoofer yang diterapkan pada mobil, maka amplifier frekuensi akan menjadi rendah dan manajemen bass akan lebih tepat. Amplifier AV juga akan terhubung untuk menggerakan speaker yang ukurannya lebih kecil di frekuensi menengah dan tinggi.

Speaker dalam mobil biasanya dilengkapi dengan penanganan bass untuk berbagai genre musik yang berbeda-beda. Tanpa menggunakan subwoofer yang berkualitas, maka Anda akan kehilangan pengalaman untuk dengarkan musik yang nyaman.

Wuling Almaz RS memiliki konsep smart yang bertujuan agar para penggunanya mendapatkan sensasi nyaman saat berkendara. Ini sangat penting karena teknologi pada fitur mobil terus berkembang. Tidak hanya desain interior yang semakin elegan dan mesin yang semakin bertenaga, namun juga hiburan pada mobil semakin berkelas dengan hadirnya Infinity Audio System.

Mengusung konsep smart & technology, Almaz RS merepresentasikan teknologi ini tidak hanya pada fitur dan mesin saja, namun smart multimedia yang menghiasi seluruh ruangan interior mobil.

Head unit Almaz RS semakin canggih dengan hadirnya Infinity Audio System by Harman. Sistem Audio Premium Infinity by Harman di Almaz hadir dengan kombinasi 4 speaker, 4 tweeter, dan 1 subwoofer yang terdapat pada seluruh kabin Almaz. Spesifikasi system audio yang seperti Almaz ini mampu memberikan kualitas suara yang sangat baik untuk memberikan kenyamanan selama Anda berkendara.

Keluarga Wuling, subwoofer dapat meningkatkan pengalaman mendengarkan musik Anda sepanjang perjalanan, semakin menambah kedalaman dan kejernihan yang tidak akan dapat Anda dengar hanya dengan speaker Anda.

 

 

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer