Harga Mobil Listrik Wuling & Kelebihan Masing-Masing

31 August, 2024
clock-bold
6 menit membaca

Image Harga Mobil Listrik Wuling & Kelebihan Masing-Masing

Mobil listrik kini menjadi pilihan banyak orang di Indonesia berkat efisiensi energi dan dampaknya yang lebih ramah lingkungan. Wuling Motors, sebagai salah satu produsen otomotif terkemuka, telah meluncurkan beberapa model mobil listrik dengan spesifikasi dan keunggulan yang menarik.

Ada tiga mobil listrik dari Wuling yang saat ini memiliki banyak sekali peminat. Mulai dari Wuling Air ev, BinguoEV hingga yang paling baru adalah Cloud EV. Ketiga mobil listrik ini memiliki desain yang berbeda-beda. Sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup sehari-hari.

Ada yang memiliki desain compact, retro klasik hingga desain mobil listrik yang lega dan nyaman sebagai mobil keluarga. Artikel ini membahas harga dan spesifikasi tiga model mobil listrik Wuling, yaitu Air ev, BinguoEV, dan Cloud EV!

Harga Mobil Listrik Wuling Air ev dan Spesifikasinya

Wuling Air ev dibanderol dengan harga mulai dari Rp 190 juta untuk tipe lite, Rp 224 juta untuk Air ev Standar Range dan Rp 275 juta untuk tipe Air ev Long Range. Perbedaan harga yang dimiliki oleh ketiga tipe tersebut adalah jumlah kapasitas baterai yang membuat jarak tempuh mobil listrik ini berbeda.

Pada mobil listrik dengan desain compact ini memiliki spesifikasi berupa kapasitas baterai yang mencapai 26.7 kWh, memberikan daya jelajah hingga 300 km untuk tipe Long Range. Sedangkan untuk tipe Lite dan Standar Range memiliki kapasitas baterai 17.3 kWh yang dapat menempuh jarak hingga 200 km.

Dibekali dengan motor listrik bertenaga 30 kW dengan rear wheel drive, sehingga sangat cukup untuk penggunaan perkotaan. Mobil dengan dimensi kompak ini memiliki panjang 2.970 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm.

Memiliki kecepatan maksimum hingga 100 km/jam, cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk pengisian dayanya pun sangat praktis dan mudah. Dapat diisi penuh dalam waktu 8-12 jam menggunakan charger standar, atau 4-6 jam dengan fast charging.

Wuling Air ev menonjol dengan desain kompak yang ideal untuk penggunaan di perkotaan. Mobil ini menawarkan efisiensi tinggi dan dilengkapi dengan teknologi canggih seperti fitur pengisian cepat. Program Lifetime Core EV Components Warranty yang melindungi komponen inti seperti baterai dan motor listrik menambah nilai bagi konsumen, memastikan ketenangan dalam jangka panjang.

Harga Mobil Listrik Wuling BinguoEV dan Spesifikasinya

Harga Mobil Listrik Wuling BinguoEV dan Spesifikasinya

Wuling BinguoEV dibanderol dengan harga mulai dari Rp317 juta untuk tipe Long Range - AC - 333 km dan Rp326 Long Range - AC/DC 333 Km. Sedangkan untuk tipe Premium Range - AC/DC 410 km yaitu Rp372 juta.

Terdapat beberapa tipe yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, Wuling BinguoEV menjadikannya pilihan menarik bagi mereka yang menginginkan mobil listrik dengan fitur lebih lengkap. BinguoEV dibekali kapasitas baterai yang mencapai 31,9 kWh untuk tipe Long Range. Sedangkan untuk tipe Premium Range dengan kapasitas baterai 37.9 kWh dengan daya jelajah hingga 410 km.

Mobil listrik dengan classy design ini dibekali dengan motor listrik dengan tenaga 50 kW, memberikan akselerasi yang lebih responsif. Memiliki dimensi lebih besar dari Air ev, dengan panjang 3,950 mm, lebar 1,708 mm, dan tinggi 1,580 mm. Mobil yang cocok untuk masyarakat urban, mobil ini mampu melesat hingga 120 km/jam, cocok untuk perjalanan antarkota.

Untuk mengisi kembali daya listrik pada baterainya cukup cepat yaitu dalam 4-5 jam dan standar dalam 8-10 jam. Wuling Bingo EV menawarkan daya jelajah lebih jauh dan performa yang lebih baik, cocok bagi pengguna yang sering melakukan perjalanan lebih jauh. Desain interior yang lebih luas juga memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpang.

Harga Mobil Listrik Cloud EV dan Spesifikasinya

Wuling Cloud EV dijual dengan harga Rp398 jutaan untuk OTR Jakarta. Dibandingkan dengan mobil listrik Wuling lainnya, menjadikan model Cloud EV sebagai pilihan mobil listrik paling premium.

Dibekali dengan baterai 50,6 kWh, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 460 km. Untuk motor listriknya, Cloud EV sebagai mobil listrik yang terinspirasi dengan desain awan ini memiliki motor listrik dengan tenaga 100 kW atau 134 hp yang menawarkan performa tinggi dan kecepatan yang lebih baik.

Memiliki dimensi paling besar dari mobil listrik lainnya, Cloud EV memiliki panjang 4.295 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.652 mm. Memiliki kecepatan maksimum 140 km/jam, sangat cocok untuk perjalanan jarak jauh.

Untuk pengisian daya pada mobil listrik ini papat diisi penuh dalam waktu 6-7 jam dengan AC home charging dari 20% hingga 100%. Sedangkan untuk DC Fast Charging hanya butuh waktu 30 menit dari 30% hingga 100%.

Wuling Cloud EV merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang menginginkan mobil listrik dengan daya jelajah panjang dan performa terbaik. Fitur premium seperti interior mewah, sistem navigasi canggih, dan berbagai teknologi keselamatan modern membuat Cloud EV menonjol di segmennya. Dengan ruang kabin yang lebih luas, Cloud EV juga sangat cocok untuk keluarga.

Insentif Pajak Mobil Listrik Wuling

Insentif Pajak Mobil Listrik Wuling

Sebagai produsen mobil listrik yang telah memiliki pabrik di Indonesia, membuat mobil listrik Wuling memiliki nilai TKDN yang melebihi ambang batas 40%. Sehingga pada setiap pembelian mobil Wuling mendapat insentif pajak PPN sebesar 10%. Maka dari itu konsumen hanya perlu membayar PPN sebesar 1% saja, sehingga tidak heran kalau saat ini banyak sekali masyarakat yang beralih ke mobil listrik.

Selain dari insentif pajak waktu pembelian mobil pertama kali di dealer, pemilik mobil listrik juga masih mendapatkan insentif pajak tahunan. Berbeda dengan pajak mobil konvensional yang bisa mencapai jutaan rupiah, namun pajak tahunan mobil listrik terbilang sangat hemat.

Kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan mobil listrik terbaru, tercantum pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 6 Tahun 2023 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama, dan Pajak Alat Berat Tahun 2023. Melalui peraturan ini pada tahun 2025, mobil listrik dikenakan PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) sebesar 0%.

Perlu Anda tahu bahwa pembayaran pajak tahunan, ada beberapa rincian pajak yang harus dibayar oleh objek pajak, atau pemilik mobil. Pajak ini meliputi, PKB, Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ), dan biaya administrasi STNK, biaya administrasi TNKB pada tahun pertama dan tahun kelima.

Berdasarkan peraturan yang mengatur mobil listrik di Indonesia, bisa disimpulkan bahwa pajak tahunan yang dibayarkan oleh pemilik mobil listrik hanya SWDKLLJ pada setiap tahunnya, lalu biaya administrasi TNKB dan biaya administrasi STNK pada tahun pertama dan tahun kelima. Untuk PKB sendiri karena mendapatkan insentif dan hanya membayar 0% sehingga tidak ada biaya yang harus dibayarkan mulai tahun 2025.

Besaran dari biaya pajak yang harus dibayar pemilik mobil listrik ini untuk SWDKLLJ sebesar Rp143 ribu. Lalu untuk biaya biaya administrasi STNK adalah Rp200 ribu, dan biaya administrasi TNKB adalah Rp100 ribu pada tahun pertama dan tahun kelima.

Wuling Motors menyediakan berbagai pilihan mobil listrik yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran konsumen Indonesia. Dari Wuling Air ev yang compact dan canggih, BingouEV yang efisien dan terjangkau, hingga Cloud EV yang premium dan bertenaga, setiap model memiliki kelebihan tersendiri yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengendara. Dengan harga yang kompetitif dan spesifikasi yang menarik, Wuling menjadi salah satu pemain utama dalam pasar mobil listrik di Indonesia.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer