Mencari Mobil Sesuai Kebutuhan? Kenali Dulu Berbagai Tipe Mobil | Wuling

Life Style

Mencari Mobil Sesuai Kebutuhan? Kenali Dulu Berbagai Tipe Mobil

11 September, 2019

Image Mencari Mobil Sesuai Kebutuhan? Kenali Dulu Berbagai Tipe Mobil

Sejak pertama kali diproduksi hingga saat ini, tipe mobil telah mengalami perubahan sangat siginifikan. Seiring majunya teknologi, kiniĀ  mobil telah mengalami kemajuan dengan kecepatan rata-rata mencapai 150-200 mph. Tak hanya mengalami perubahan kecepatan, bahkan mobil-mobil saat ini dibekali teknologi canggih, sehingga membuat penggunanya nyaman saat berkendara.

Saat ini, ada banyak tipe mobil yang beredar di pasaran seperti Sport Utility Vehicle, Multi Purpose Vehicle, hatchback, serta City Car. Memutuskan membeli mobil untuk sebagian orang bisa menjadi sulit karena banyaknya pilihan yang ditawarkan. Sebelum membeli mobil, ada baiknya mengetahui apa saja jenis-jenis mobil serta kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe mobil tersebut? Berikut infonya untuk Anda.

Mobil Tipe Sedan

Mobil sedan ini didesain dengan bodi mobil yang cukup pendek dan memanjang. Beberapa puluh tahun kebelakang, mobil tipe ini sempat menjadi primadona dan menjadi favorit mobil banyak orang karena desainnya yang mewah dan anggun. Namun kelemahan dari tipe mobil ini adalah bodinya yang sulit menerjang jalanan yang banjir, hal ini dikarenakan bodi mobil yang ceper. Mobil sedan digolongkan menjadi beberapa kategori, antara lain: Small Sedan, Medium Sedan, Large Sedan, Large Luxury Sedan, Medium Luxury Sedan, Small Luxury Sedan.

Mobil Tipe City Car

Sesuai dengan namanya, mobil ini hanya cocok untuk digunakan di dalam lalu lintas dan medan yang terdapat di dalam kota. Tipe mobil ini kebanyakan mobil kecil yang cocok digunakan dalam kondisi lalu lintas yang macet, menuntut mobil bergerak dengan lincah sekaligus irit bahan bakar. City Car juga bisa dibawa untuk perjalanan jauh seperti keluar kota, namun, karena tidak didesain untuk perjalanan jauh, penumpang biasanya akan terasa pegal, karena duduk terlalu lama dan mesinnya akan terasa cepat panas.

Mobil Tipe Hatchback

Mobil ini sejenis sedan dengan bagian belakang yang lebih pendek. Gambaran mudahnya hatchback itu adalah sedan tanpa buntut. Tipe mobil ini juga umum digunakan oleh orang-orang kebanyakan terutama yang bepergian seorang diri atau maksimal 4-5 penumpang seperti City Car. Untuk ukuran mobilnya sendiri, mobil hatchback ini berukuran mobil mid-size yang sangat menguntungkan bila dikendarai di jalaanan-jalanan perkotaan.

Mobil yang masuk ke dalam kategori tipe mobil hatchback adalah mobil yang bagian kabinnya menyatu dengan ruang bagasi mobil. Pintu bagasi mobil hatchback didesain untuk dapat dibuka ke atas, membuat proses memasukkan barang ke bagasi lebih mudah. Namun, karena memiliki bagasi yang minim, mobil tipe ini kurang cocok untuk digunakan mereka yang sudah berkeluarga.

Mobil Tipe SUV

Mobil Tipe MPV

SUV (Sport Utility Vehicle) merupakan gabungan Jeep dan sedan. Mobil SUV terbagi menjadi beberapa kategori, antara lain adalah Low SUV, Medium SUV, High SUV, serta Double Cabin. Menurut fungsinya, SUV mampu melewati berbagai medan, baik itu off-road maupun on-road. Mobil ini dituntut tangguh untuk mampu melampaui segala jenis medan. Kapasitas bagasinya cukup luas, dan bisa menampung cukup banyak penumpang, bisa tujuh, atau delapan orang.

Satu keunggulan lainnya, SUV juga nyaman untuk dikendarai. Desainnya memiliki ground clearance (jarak bodi mobil ke tanah) yang tinggi, fitur yang lengkap, suspensi yang kokoh namun lembut, eksterior-interior yang terlihat tangguh dan elegan, ukuran ban dan bodinya pun besar, serta memiliki mesin yang bertenaga besar untuk memudahkan mobil ini melewati segala medan.

Tipe mobil SUV menggunakan penggerak empat roda atau Four Wheel Drive yang kemudian berkembang menjadi 7 seater. Namun ada beberapa mobil SUV yang menggunakan penggerak dua roda untuk memberi kenyaman saat digunakan. Wuling sendiri memiliki tipe mobil SUV terbaru, yaitu Wuling Almaz.

Mobil Tipe MPV

Mobil Tipe SUV

Mobil tioe ini memiliki fungsi utama mengangkut banyak penumpang, atau di Indonesia biasa disebut mobil keluarga. Tipe mobil MPV memang didesain dengan sangat nyaman serta memiliki sistem handling yang sama dengan mobil sedan. MPV Didesain dengan interior maksimum sehingga membuat pengguna nyaman selama berkendara. Konsep mobil MVP memang didesain untuk keluarga karena dapat menampung penumpang lebih banyak.

Kelebihan mobil ini, ukurannya lebih besar dibandingkan dengan mobil sedan. Selain itu, tipe ini memiliki kapasitas tujuh tempat duduk, ditambah terdapat banyak tempat untuk meletakkan barang kecil. Sesuai dengan namanya, Multi Purposes Vehicle, mobil ini bisa juga digunakan untuk membawa barang dengan cara melipat beberapa jok yang tidak digunakan. Wuling Confero dan Wuling Cortez adalah 2 tipe mobil MPV yang bisa Anda andalkan untuk kebutuhan Anda sekeluarga.

Bagaimana, sudah memilih tipe mobil Wuling mana yang cocok untuk Anda dan keluarga?