Nyaman Berkendara dengan Teknologi E-Clutch | Wuling

Life Style

Nyaman Berkendara dengan Teknologi E-Clutch Pada Confero S ACT

7 September, 2020

Image Nyaman Berkendara dengan Teknologi E-Clutch Pada Confero S ACT

Confero S ACT yang diluncurkan tahun lalu di Indonesia International Motor Show 2019 menjawab kebutuhan tersebut dengan hadirnya teknologi sistem transmisi e-Clutch dari Schaeffler yang memudahkan pengoperasian transmisi manual tanpa adanya pedal kopling serta efisien dalam biaya perawatan.

Jika masih asing dengan istilah ini, berikut paparan detail mengenai teknologi transmisi ini.

Teknologi yang Pertama di Indonesia

Teknologi yang Pertama di Indonesia

Penggunaan teknologi e-clutch pada Confero S ACT ini adalah yang pertama di Indonesia. Untuk perawatan, biayanya terbilang terjangkau dan mudah seperti transmisi manual. Sebab, transmisi Auto Clutch ini pada dasarnya sama dengan transmisi manual, termasuk suku cadang.

Cara Kerja Teknologi E-Clutch

Cara Kerja Teknologi E-CLutch

Dalam sistem transmisi ini, fungsi kopling yang dioperasikan melalui pedal telah dihilangkan. Secara prinsip kerja, terdapat dua bagian utama dalam kinerja transmisi e-clutch, yakni peran kopling yang dihilangkan dan perpindahan gigi. Transmisi e-clutch didukung oleh beberapa perangkat vital, seperti sensor dan modul kopling.

Gear shift dan sensor bekerja saling berkesinambungan yang terhubung ke Electronic Control Unit (modul). Fungsinya membaca keinginan pengemudi untuk mengganti gigi (menggerakkan tuas transmisi). Sensor lain membaca putaran mesin dan torsi yang diperlukan (sesuai dengan kebutuhan) pada saat perpindahan gigi. Hasil sensor-sensor ini selanjutnya dibaca oleh modul dan kemudian modul secepatnya mengirimkan perintah menggantikan fungsi kopling.

Sementara itu, perpindahan gigi (dari tuas transmisi) sama seperti pada varian Wuling Confero lainnya. Perbedaannya adalah pada transmisi e-clutch Wuling Confero S ACT terdiri dari 6 percepatan. Keuntungan lain dari transmisi e-clutch ini adalah Anda tidak perlu khawatir mobil akan mati mesin pada saat stop and go atau biasanya saat melaju di jalanan padat karena lupa menginjak pedal kopling. Anda cukup menggerakkan tuas transmisi ke posisi netral, atau ke gigi satu untuk berjalan dan seterusnya.

Tidak Khawatir Saat Mesin Mati

Tidak Khawatir Saat Mesin Mati

Kenyamanan mengendarai mobil yang memiliki transmisi e-clutch ini adalah Anda tidak perlu khawatir mobil akan mati mesin pada saat stop and go, misalnya saat melaju di jalanan padat dan lupa menginjak pedal kopling. Anda cukup menggerakkan tuas transmisi ke posisi netral, atau ke gigi satu untuk berjalan dan seterusnya. Teknologi ini yang memberikan Anda kemudahan lebih saat berkendara.

Nah, ingin mencoba langsung teknologi transmisi e-clutch pada Confero S ACT? Yuk, langsung saja datangi  dealer Wuling terdekat di kota Anda dan Anda bisa langsung melakukan test drive Confero S ACT.