Teknik Defensive Driving yang Wajib Pengemudi Ketahui

18 January, 2022

Image Teknik Defensive Driving yang Wajib Pengemudi Ketahui

Kegiatan mengendarai mobil merupakan salah satu kegiatan yang cukup menantang karena dibutuhkan beberapa skill atau teknik khusus saat mengendarainya. Salah satu teknik yang cukup menantang adalah teknik defensive driving. Teknik yang satu ini adalah teknik yang wajib diketahui oleh semua pengemudi karena sangat berguna di jalan.

Itulah mengapa Wuling akan memberikan penjelasan mengenai teknik ini sehingga Anda sebagai pemilik mobil bisa mengerti teknik ini secara lebih baik. Tentunya, dengan menguasai teknik ini, maka akan membuat Anda mendapatkan beberapa keuntungan yang tidak bisa didapatkan dari teknik mengemudi lainnya. Berikut adalah penjelasan mengenai teknik defensive driving yang harus diketahui oleh semua pengemudi mobil.

Apa Itu Defensive Driving?

Teknik Defensive Driving yang Wajib Pengemudi Ketahui 1 1000x569

Defensive driving merupakan kegiatan berkendara yang membutuhkan strategi berkendara secara aman supaya bisa mengetahui hal buruk yang ada di masa depan lewat langkah prediksi. Strategi ini berada di level yang jauh di atas daripada instruksi hukum dan prosedur berkendara biasa.

Dengan mengikuti kelas defensive driving, Anda bisa belajar untuk meningkatkan kemampuan berkendara dengan mengurangi risiko berkendara lewat antisipasi situasi dan membuat keputusan yang aman. Keputusan ini akan diimplementasikan sesuai dengan kondisi jalanan dan keadaan yang ada pada saat menyelesaikan manuver berkendara yang aman.

Keuntungan Defensive Driving

Keuntungan Defensive Driving

Setidaknya ada tiga keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menerapkan teori defensive driving, yaitu:

Kenyamanan

Keuntungan yang pertama adalah kenyamanan. Rasa nyaman akan sulit didapatkan apabila pengendara dari mobil berkendara secara ugal-ugalan. Contoh berkendara secara ugal-ugalan adalah melakukan gas dan rem secara berulang-ulang. Berkendara semacam ini pastinya akan membuat penumpang dan juga pengendara di sekelilingnya menjadi tidak nyaman.

Keselamatan

Keuntungan kedua adalah keselamatan. Memahami semua teori dan juga menerapkannya secara baik saat berkendara akan membuat pengendara bisa mengantisipasi semua ancaman dan potensi terjadinya kecelakaan. Dengan ini pengendara bisa menutup peluang terjadinya kecelakaan Jika dia bisa mengantisipasi semua kemungkinan sejak awal.

Hemat

Keuntungan ketiga adalah hemat. Defensive Driving bukan saja hanya akan memberikan kenyamanan dan keselamatan di jalan tetapi juga akan bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih sedikit. Karena pengendara dari teknik defensive driving ini selalu mengantisipasi apapun yang terjadi di depan, maka dia tidak akan berkendara secara ugal-ugalan dan tidak akan menggunakan banyak rem. Berkendara secara cara halus akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Teknik-Teknik Defensive Driving

Teknik-Teknik Defensive Driving

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk melakukan defensive driving adalah merencanakan sesuatu di awal untuk hal-hal yang tidak Anda ekspektasi sebelumnya. Lalu Anda juga harus bisa mengontrol kecepatan dari kendaraan Anda serta selalu bersiap untuk memberikan reaksi terhadap pengendara lainnya.

Anda tidak boleh mengharapkan kalau pengendara lain akan melakukan hal yang Anda pikirkan atau hal yang Anda harapkan dia akan lakukan. Pastikan juga untuk selalu menghormati orang lain saat Anda berada di jalanan. Pada saat Anda berkendara, Anda harus selalu memperhatikan kondisi dari cuaca dan juga jalanan yang sedang Anda lewati. Jangan pernah hilang konsentrasi dan tidak fokus terhadap jalanan yang  sedang Anda lewati.

Terkait dengan teknik ini, Wuling punya produk yang mampu mendukung teknik defensive driving, yakni Wuling Almaz RS. Kendaraan ini mendukung teknik ini lewat teknologi cerdas seperti ADAS (Advanced Driver Assistance System) pada WISE (Wuling Interconnected Smart Ecosystem) dan ESS (Emergency Stop Signal).

Itulah beberapa informasi yang bisa Wuling berikan mengenai teknik defensive driving. Teknik ini adalah salah satu teknik berkendara yang cukup penting agar Anda bisa melalui perjalanan yang aman dan nyaman. Berkendara dengan teknik ini juga akan membuat konsumsi bahan bakar dari kendaraan menjadi lebih irit sehingga tidak mengeluarkan lebih banyak uang untuk mengisi bahan bakar.

Mungkin masih banyak pengendara yang belum mengetahui teknik berkendara yang satu ini. Semoga dengan adanya artikel ini, pengendara mobil yang belum mengetahui teknik tersebut bisa memahami lebih baik dan mengaplikasikannya saat sedang berkendara di jalan.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer