Wajib Tahu! 6 Tips Membeli Mobil Pick Up Sesuai Kebutuhan

12 January, 2023

Image Wajib Tahu! 6 Tips Membeli Mobil Pick Up Sesuai Kebutuhan

Butuh kendaraan untuk mengangkut barang? Membeli mobil pick up bisa menjadi pilihan yang tepat. Mobil jenis ini memiliki bak pengangkut yang luas sehingga sangat cocok digunakan untuk memuat barang dalam jumlah besar.

Pick up merupakan salah satu jenis mobil yang cukup favorit dijadikan sebagai kendaraan niaga. Saat ini juga ada banyak pilihan mobil pick up yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan baik mobil baru maupun bekas.

Agar tidak salah pilih, ketahui dulu beberapa tips penting membeli mobil pick up. Jika ingin mendapatkan mobil pick up yang sesuai dengan kebutuhan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih:

Tentukan Akan Membeli Mobil Baru atau Bekas

1. Tentukan Akan Membeli Mobil Baru atau Bekas

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat ingin membeli mobil pick up adalah tentukan apakah akan membeli mobil baru atau bekas. Pastinya, mobil baru dan mobil bekas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Mobil baru memiliki jaminan performa yang lebih maksimal akan tetapi membutuhkan biaya yang cukup besar untuk membelinya. Sedangkan mobil bekas harganya lebih murah akan tetapi Anda harus memperhatikan kondisi dan perawatan mobil tersebut agar tidak rugi.

Pilih Jenis dan Ukuran yang Sesuai Kebutuhan

2. Pilih Jenis dan Ukuran yang Sesuai Kebutuhan

Saat membeli kendaraan, pastikan pilih jenis dan ukuran yang memang sesuai kebutuhan. Mobil pick up memiliki banyak jenis dan ukuran yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli, tentukan dulu fungsi utama dari kendaraan tersebut untuk jenis usaha apa sehingga bisa memilih jenis yang tepat dengan aksesoris mobil pick up yang memang sesuai kebutuhan.

Periksa Pajak Kendaraan

3. Periksa Pajak Kendaraan

Jika Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, memeriksa pajak kendaraan adalah hal penting yang perlu dilakukan. Pastikan pajak kendaraan yang Anda beli masih berlaku agar bisa langsung digunakan sebagai kendaraan operasional. Jika ternyata pajak kendaraan dalam kondisi mati, sebaiknya minta penjual untuk mengurus perpanjangannya terlebih dahulu atau mencari mobil yang lain saja. Pasalnya mengurus pajak kendaraan juga membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Periksa Kondisi Ban dan Tekanan Anginnya

4. Periksa Kondisi Ban dan Tekanan Anginnya

Demi keselamatan saat berkendara, jangan lupa periksa kondisi ban pada kendaraan. Pastikan kendaraan tersebut menggunakan ban yang cocok untuk mobil pick up sehingga memiliki performa yang maksimal saat digunakan berkendara. Hindari membeli mobil bekas dengan kondisi ban yang sudah gundul karena bisa membahayakan keselamatan.

Selain kondisi fisik ban, tekanan angin ban mobil pick up muatan juga sangat perlu diperhatikan. Tekanan angin sangat mempengaruhi laju dan kestabilan kendaraan sehingga harus diperhatikan dengan baik. Pilih mobil pick up yang menggunakan jenis ban sesuai standarnya.

Lakukan Test Drive

5. Lakukan Test Drive

Untuk memastikan performa kendaraan yang ingin Anda beli, jangan lupa untuk melakukan test drive atau uji kemudi terlebih dahulu. Pastikan kendaraan memiliki performa yang masih bagus dan optimal. Jika ingin ditutup, pilih ukuran terpal untuk mobil pick up yang sesuai dengan jenis dan kebutuhannya.

Periksa Kelengkapan Dokumen

6. Periksa Kelengkapan Dokumen

Satu lagi tips jika membeli mobil pick up bekas adalah periksa kelengkapan dokumennya. Pastikan kendaraan dilengkapi dengan STNK dan BPKB yang sah sehingga legalitasnya terjamin. Selain itu, periksa juga pajak mobil pick up di STNK dan pastikan masih berlaku.

Ada banyak pilihan mobil Pick up yang bisa Anda beli sesuai kebutuhan, salah satunya Wuling Formo Max. Mobil ini memiliki bukaan bak tiga sisi yang enteng sehingga sangat memudahkan untuk bongkar muat barang. Dimensi dan sasisnya juga sangat mendukung untuk memuat barang dalam jumlah banyak.

Tidak hanya itu, Formo Max juga didukung dengan fitur electric power steering yang membuat putaran setir menjadi enteng. Mobil pick up ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, putih dan silver yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer