Wuling 1000 Days, Kiprahnya dalam Otomotif Indonesia | Wuling

Press Release

Wuling 1000 Days, Kiprahnya dalam Otomotif Indonesia

22 April, 2020

Image Wuling 1000 Days, Kiprahnya dalam Otomotif Indonesia

10 tahun lalu mungkin nama Wuling Motors masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Tapi sekarang, meskipun terhitung sebagai pendatang baru, Wuling mulai dikenal di industri otomotif Tanah Air.

PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) merupakan anak perusahaan dari SAIC-GM-Wuling Automobile Company Limited (SGMW), suatu perusahaan yang telah menjual lebih dari 2,15 juta unit kendaraan di 2017 dan menduduki posisi No.1 dalam hal volume penjualan untuk perusahaan otomotif tunggal selama 12 tahun di Tiongkok.

Perjalanan Wuling Motors di Indonesia

Mulailah pada tahun 2015, Wuling Motors mulai memasuki Indonesia dengan komitmen penuh, Tercatat pada tahun 2015, Wuling Motors melakukan seremoni peletakan batu pertama untuk membangun pabrik terintegrasi sebesar 60 hektar di kawasan Cikarang dengan kapasitas produksi hingga sebanyak 120 ribu unit kendaraan per tahun dan mampu ciptakan hingga 3000 lapangan kerja

Setahun setelahnya, Wuling mulai ambil bagian dalam ajang otomotif tahunan yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show. Kala itu, Wuling memamerkan MPV Andalannya Hongguang.

Tahun 2017, Wuling mulai meresmikan pabriknya di Cikarang. Peresmian Pabrik Wuling disaksikan langsung Jusuf Kalla yang kala itu menjabat sebagai Wakil Presiden bersama dengan Mantan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Tak lama berselang, Wuling mengenalkan mobil perdananya untuk masyarakat Indonesia yakni Confero. Pemilihan nama Confero tak asal melainkan disesuaikan dengan budaya masyarakat Indonesia, yang memiliki arti “kebersamaan”.

“Nama ini terinspirasi dari pemahaman kami akan nilai budaya masyarakat Indonesia yang selalu mengutamakan kekeluargaan,” ujar Cindy Cai, Vice President of Vehicle, Sales, Service and Marketing Wuling Motors saat pengenalan mobil perdananya.

Lahirnya seri Confero

Wuling juga menawarkan Confero S. Logo “S” berarti Sport yang mengandung arti Wuling tak hanya sekadar menawarkan mobil fungsional dan nyaman bagi keluarga Indonesia tapi juga bergaya Sporty.

Confero S diklaim cocok untuk menemani perjalanan keluarga di Indonesia. Baik bentuk, mesin, ukuran, fitur, dan kenyamanan sudah disesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia. Belum lagi harganya. Harga Confero S bisa dibilang terjangkau untuk sebagian besar kantong masyarakat Indonesia.

Harganya pun di bawah rata-rata Low MPV yang ditawarkan di Tanah Air. Tapi jangan salah, meski harganya cenderung lebih murah tapi fitur keselamatan dan keamanan yang ditawarkan malah lebih banyak dari Low MPV di kelasnya. Tak heran jika Confero S telah memenangkan kategori Small MPV di ajang Indonesia Car of The year 2017, Best Value for Money di ajang  Indonesia Car of The year 2018 versi majalah Mobil Motor, serta Rookie Of The Year versi OTOMOTIF AWARD 2018

Masih di tahun yang sama, berangkat dari komitmen penuh 50 dealer Wuling berhasil tersebar di seluruh Indonesia. Semua dealer ini sudah beroperasi melayani perawatan mobil-mobil Wuling. Di tahun 2017 pula, Wuling langsung merangsek sebagai 10 merek mobil terlaris di Indonesia dari sisi penjualan.

Momen lahirnya Cortez dan Almaz

Tahun 2018, Wuling pun kembali meluncurkan model barunya di kelas medium MPV. Awal tahun, tepatnya bulan Februari 2018, Wuling membukanya dengan mengenalkan MPV Cortez series yang telah berhasil mendapatkan penghargaan Best Medium MPV di ICOTY 2018 oleh Majalah Mobilmotor, dan Best Total Cost Ownership Medium MPV pada Gridoto Award 2019. Cortez CT juga memenangkan gelar Best of Medium MPV Gasoline versi OTOMOTIF AWARD 2019 dan Best Medium MPV di Gridoto Award 2019.

Wuling pun tak hanya menyasar pada segmen mobil keluarga. Mobil komersial di kelas light commercial vehicle untuk kebutuhan berniaga pun disiapkan hingga lahirnya mobil Formo pada November 2018.

Tidak berhenti sampai di situ, di tahun 2019,  Wuling melengkapi varian mobilnya dengan produk ke empat,  SUV perdananya di Indonesia yakni smart tecnology SUV Almaz. Varian baru ini pun menjadi idola baru untuk para penggemar SUV, berkat fitur multimedia yang canggih, desain serta kabin yang luas, dan telah meraih beragam penghargaan. Mulai dari Apresiasi Inovasi 2019 kategori Teknologi oleh Koran Sindo dan Sindonews.com, Carvaganza Editors’ Choice Award 2019, FORWOT Car Of The Year 2019, serta predikat Car of The Year dan Best Medium SUV versi Gridoto Award 2019

Hingga memasuki tahun 2020, Wuling masih terus memberikan yang terbaik untuk konsumen di Indonesia dengan memberikan layanan after sales, dengan telah memiliki 115 jaringan dealer di tanah air juga layanan online di aplikasi My Wuling+ untuk kepuasan para konsumen.