Berita Wuling

MPV Terbaik dan Ideal Untuk Keluarga Indonesia

2 September, 2017

Image MPV Terbaik dan Ideal Untuk Keluarga Indonesia

Seperti yang kita tahu, saat ini banyak sekali istilah-istilah untuk menamai jenis sebuah mobil, di antaranya multi-purpose vehicle, sport utility vehicle, hatchback, city car dan sebagainya. Itu untuk mempermudah produsen dan konsumen dalam menggolongkan mobil-mobil tertentu.

 

Jenis-jenis Mobil

Berikut ini berbagai jenis-jenis mobil :

 

SUV

Mobil SUV atau sport utility vehicle dapat melintasi berbagai medan, baik on-road maupun off-road. SUV didesain untuk membawa penumpang maupun muatan barang, sehingga mobil jenis ini dituntut untuk selalu tangguh. Kapasitas bagasinya lumayan luas serta mampu menampung 7-8 orang penumpang. Desainnya mempunyai kolong atau ground clearance yang tinggi, suspensi yang kuat tapi halus, fitur lengkap, interior dan eksterior tangguh dan elegan, ukuran body dan ban besar serta mesinnya bertenaga tinggi.

 

MPV

MPV adalah jenis mobil yang mempunyai fungsi utama menampung banyak penumpang. Kendaraan ini memiliki ukuran yang lebih besar dibanding sedan. Sama seperti SUV, MPV terbaik dilengkapi dengan tujuh tempat duduk dengan banyak tempat untuk menaruh barang-barang kecil.

 

City Car

Sesuai dengan namanya, city car merupakan jenis mobil yang hanya cocok digunakan pada lalu lintas di dalam kota. Sebagian besar jenis mobil ini berukuran kecil, sehingga cocok dengan kondisi lalu lintas yang kerap macet dan menuntut mobil untuk bergerak dengan gesit.

 

Hatchback

Hatchback adalah mobil berbasis sedan dengan bagian belakang yang pendek. Jenis mobil tersebut biasanya dipakai oleh mobil-mobil saat ini untuk membuat desain terlihat simpel, tapi tetap fungsional. Mobil jenis ini mempunyai kapasitas bagasi yang minim.

 

Perbedaan Mobil SUV dan MPV

SUV dan MPV memang banyak dipilih karena menawarkan berbagai keunggulan. Berikut ini perbedaan antara SUV dan MPV terbaik yang bisa dijadikan pedoman sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru:

 

  1. Jenis mobil SUV dan MPV
  • Jenis mobil SUV:
    • Medium SUV. Mobil ini memiliki ukuran body yang cukup besar, tapi hanya mampu menampung 5 orang saja.
    • Low SUV. Umumnya, Low SUV berkapasitas 7 orang penumpang serta dilengkapi dengan kaki-kaki dan aksesoris.
    • Mini SUV.  ialah jenis SUV yang ukuran bodynya lebih kecil. Jenis SUV ini mengkombinasikan desain SUV dan MPV.
  • Jenis mobil MPV:
    • Low MPV. Low MPV mampu menampung penumpang hingga tujuh orang. Karena harganya terbilang cukup murah, low MPV banyak dipilih oleh konsumen di Indonesia.
    • Medium MPV. Medium MPV mempunyai ukuran yang cukup besar, sehingga kabinnya lega dan sangat nyaman. Harga MPV jenis ini masih cukup terjangkau.
    • Compact MPV. yakni jenis MPV yang hampir sama dengan low MPV, tapi harganya lebih mahal karena mempunyai fitur-fitur dan kualitas yang lebih baik.

 

  1. Konsumsi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar pada mobil SUV lebih boros dibanding jenis mobil lainnya. Sementara mobil MPV terbaik telah memiliki sistem pengelolaan bahan bakar, sehingga konsumsinya lebih irit.

 

  1. Sistem penggerak. Di awal produksi, mobil SUV menggunakan sistem penggerak Four Wheel Drive. Seiring berjalannya waktu sistem penggerak diganti menjadi hanya dua roda saja untuk menghemat konsumsi BBM. Sedangkan mobil MPV menggunakan sistem penggerak dua roda, bagian depan dan belakang.

 

  1. Kapasitas mesin. Kapasitas mesin mobil SUV yang digunakan untuk melintasi jalanan off-road rata-rata hingga 1.500 cc ke atas. Sementara mobil MPV kebanyakan hanya dilengkapi dengan mesin yang kapasitasnya 1.500 cc ke bawah.

 

  1. Body mobil. Mobil SUV didesain dengan struktur body on frame (body mobil yang berada di atas sasis). Dengan struktur yang demikian, mobil menjadi lebih kuat dan tidak mudah berubah bentuk meskipun medan yang dilewati cukup sulit. Berbeda dengan mobil MPV yang didesain lebih lebar dan tinggi supaya kabinnya luas serta nyaman bagi penumpang.

 

  1. Harga mobil. Baik SUV maupun MPV mempunyai harga yang bervariasi, tergantung kategori atau tipe mobil-mobil tersebut. Tapi, berdasarkan fakta yang ada di pasaran harga mobil MPV memang lebih murah dibanding SUV.

 

Mobil MPV Terbaik Dengan Harga Murah

Wuling Motors resmi meluncurkan dua mobil andalannya, yaitu Confero dan Confero S. Seri Confero dijual dengan harga mulai dari Rp 128.800.000 – 162.900.000.

 

Mempunyai mobil keluarga merupakan impian setiap orang, terutama yang memiliki jumlah anggota keluarga banyak. Sekarang ini, pasar mobil keluarga telah terbuka lebar di Indonesia, dibuktikan dengan banyaknya produsen yang menawarkan berbagai tipe mobil untuk sektor kendaraan tersebut. Sehingga, tidak heran apabila pabrik otomotif selalu melakukan inovasi dan menciptakan aneka pilihan untuk mobil MPV terbaik.