6 Cara Menggunakan Kopling Mobil Agar Awet | Wuling

Auto Tips

6 Cara Menggunakan Kopling Mobil Agar Awet

14 Agustus, 2020

Image 6 Cara Menggunakan Kopling Mobil Agar Awet

Kopling memiliki peranan yang sangat penting pada mobil bertransmisi manual. Kesalahan dalam penggunaan dapat berakibat fatal saat berkendara. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memahami bagaimana cara menggunakan kopling mobil yang benar saat berkendara supaya awet.

Fungsi kopling sangat penting, yaitu berperan mengurangi putaran mesin sehingga mencegah mesin mati saat perpindahan gigi dan mobil dikendarai dalam kecepatan rendah. Selain itu, dalam kondisi darurat kopling berfungsi sebagai engine brake yang sangat berguna untuk memperlambat laju mobil saat pengereman biasa tidak cukup untuk menghentikan laju kendaraan.

Supaya kualitas kopling mobil tetap terjaga, ada beberapa cara menggunakan kopling yang dilakukan ketika berkendara agar kopling awet terjaga. Apa saja? Simak tips berikut ini.

Hindari Kopling Sebagai Sandaran Kaki

Hindari Kopling Sebagai Sandaran Kaki

Hal ini paling sering dilakukan oleh pengendara lantaran tak menyadari risiko di balik meletakan kaki di atas pedal kopling. Ini termasuk salah satu kebiasaan buruk dalam berkendara.

Bila terus menerus dilakukan bisa membuat tekanan pada plat kompresi dan berujung kopling aus sebelum waktunya. Perlu diingat, pedal kopling bukanlah tempat kaki bersandar. Pedal kopling harus digunakan sebagaimana mestinya, baik itu diinjak secara penuh atau dilepas sama sekali. Ini merupakan cara paling mudah dalam merawat kopling.

Baca juga: Jenis Transmisi dan Cara Mengemudi Anda

Rem dan Kopling Jangan Diinjak Bersamaan

Menginjak Rem dan Kopling Bersamaan

Menginjak rem dan kopling untuk mengurangi laju kendaraan merupakan kebiasaan buruk dalam menyetir dan bisa berpengaruh terhadap keawetan kopling. Dengan melakukan kebiasaan tersebut, nantinya tenaga untuk mengerem akan turut membebani mesin.

Ketika Anda ingin melambatkan laju kendaraan, bisa dengan menggunakan kopling untuk memindahkan tuas persneling ke gigi tertentu.

Hindari Menginjak 1/2 Kopling Saat Menanjak

Hindari Menginjak 1/2 Kopling Saat Menanjak

Banyak pengendara yang masih menerapkan gaya mengemudi setengah kopling saat melintas di jalur yang menanjak. Cara ini memang membuat mesin tak mati, tapi lama-lama dapat membuat plat kopling cepat aus dan menjadi tipis. Maka sebaiknya atur ritme gas dan kopling atau gunakan rem tangan.

Baca juga: Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan

Lepas Kopling Secara Perlahan

Lepas Kopling Secara PerlahanKebiasaan menghentak atau melepas kopling secara mendadak bisa berbahaya karena dapat menimbulkan friksi atau gesekan yang keras. Karena itu, disarankan lakukan lepas kopling secara perlahan usai memindahkan tuas transmisi untuk menjaga keawetan kopling mobil Anda.

Hindari Penggunaan Gigi Tak Sesuai

Hindari Penggunaan Gigi Tak Sesuai

Hindari menggunakan gigi tinggi pada kecepatan rendah. Bila Anda melakukan hal itu sama saja dengan menambah beban kerja kopling dan memungkinkan terjadi selip pada kampas kopling. Demikian pula jika Anda melakukan hal sebaliknya, yaitu menggunakan gigi rendah pada kecepatan tinggi. Sebaiknya hindari, ya!

Menetralkan Gigi di Lampu Merah

Menetralkan Gigi di Lampu Merah

Cara ini juga membuat kopling tidak awet. Sebaiknya ketika mobil berhenti sesaat di lampu merah, pindahkan gigi ke posisi netral. Dengan begitu kaki bisa beristirahat tanpa harus menginjak kopling dan menghindari menipisnya kopling.

Perlu diingat, biaya pergantian kopling cukup merogoh kocek Anda. Untuk itu sebaiknya dirawat dengan melakukan 6 cara menggunakan kopling mobil yang benar seperti di atas.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik