6 Penyebab Setir Mobil Anda Lari ke Kiri

14 June, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image 6 Penyebab Setir Mobil Anda Lari ke Kiri

Ketidakstabilan pada setir mobil yang lari ke kiri dengan sendirinya bisa mengancam keselamatan saat berkendara. Masalah ini tidak boleh dianggap sepele dan Anda sebagai pengguna mobil harus tahu apa yang menjadi penyebabnya sehingga Anda bisa mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Misalnya, dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum berkendara jauh.

Ada beberapa penyebab setir mobil bergerak sendiri ke kiri. Bisa disebabkan oleh hal teknis, maupun kelalaian pengemudi. Berikut selengkapnya apa saja penyebab setir mobil lari ke kiri yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Ada Kerusakan di Bagian Understeel

Stir mobil bergerak sendiri ke kiri bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada bagian understeel (kaki-kaki roda). Kerusakan ini bisa disebabkan beberapa hal, misalnya saja karena kerusakan atau karatan pada bagian tie rod.

Tie rod adalah salah satu komponen understeel, selain juga ada ball joint, bushing stabilizer, link stabilizer, upper mount stabilizer, dan lain sebagainya. Tanda understeer rusak adalah setir mobil terasa berat sebelah. Kerusakan understeel dapat juga disebabkan karena keausan atau munculnya karat pada bagian understeel.

2. Understeel yang Kehilangan Kestabilan

Jalanan tidak semuanya rata dan mulus. Mobil melaju di medan yang tidak rata dan berlubang pasti sudah biasa. Tetapi hal ini bisa berbahaya untuk understeel jika Anda tidak mengurangi laju kecepatan mobil saat melintas. Understeel akan kehilangan kestabilannya.

Ketidakstabilan inilah yang bisa menyebabkan mobil berat sebelah atau lari ke kiri maupun ke kanan. understeel yang tidak stabil tidak hanya membuat Anda tidak nyaman, tetapi dalam kondisi fatal juga bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Understeel yang tidak stabil dapat diminimalisir jika Anda menggunakan Almaz Hybrid. Mobil ini punya fitur ESC (Electronic Stability Control) yang mampu meminimalisir terjadinya understeer. ESC adalah fitur yang mampu mencegah mobil kehilangan kendali karena oversteering dan understeering. Teknologi ESC bisa menerapkan rem dan memodulasi tenaga mesin secara selektif untuk menjaga kendaraan berjalan di jalur yang benar.

6 Penyebab Setir Mobil Anda Lari ke Kiri - 2

3. Sudut Toe Sudah Terlalu Lebar

Sudut toe yang terlalu lebar ke kiri atau ke kanan juga bisa menjadi penyebab setir mobil lari ke kiri. Sudut toe digunakan untuk menentukan kelurusan roda. Biasanya setelan pabrik sudah mengatur posisi ini.

Meski begitu, seiring dengan penggunaan sangat mungkin sudut toe mengalami pergeseran hingga terlalu ke dalam atau ke luar. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan setir mobil tidak lurus, stir mobil bisa lari ke kiri atau ke kanan.

4. Rack Steer Rusak

Sudah Anda spooring tapi mobil masih lari ke kiri atau ke kanan? Mungkin ada kerusakan pada bagian rack steer. Musuh utama rack steer adalah jalanan berlubang. Jika terlalu sering Anda terabas, rack steer bisa rusak. Padahal rack steer inilah yang menghubungkan lingkar kemudi dengan bagian kaki-kaki. Sehingga kalau rack steer rusak, kinerja power steering akan terhambat.

Ada banyak indikasi yang bisa menjadi tanda rack steer rusak. Salah satunya adalah setir mobil terasa ‘lari’ ke kanan atau kiri sekalipun telah Anda spooring.

Salah satu cara mengatasi setir mobil lari ke kiri karena kerusakan pada rack steer adalah dengan memperbaikinya. Itupun jika kerusakan rack steer hanya karena ada bocor atau rembes. Namun jika sudah rusak berat seperti karena gigi as termakan, maka Anda harus ganti satu unit rack steer utuh, dan harganya pun tidak murah.

5. Bagian Tie-Rod Aus

Penyebab setir mobil bergerak sendiri ke kiri berikutnya adalah karena ada bagian tie rod yang aus, ntah itu karena sudah tidak layak pakai atau sudah usang. Bisa juga karena beberapa bagian tie rod telah berkarat karena tidak pernah Anda bersihkan. Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab setir mobil tidak stabil.

6 Penyebab Setir Mobil Anda Lari ke Kiri - 3

6. Understeel Tidak Layak

Terakhir, yang juga bisa menjadi penyebab setir mobil lari ke kiri adalah understeel sudah tidak layak pakai. Akan lebih baik jika Anda melakukan perawatan dan service mobil berkala sesuai dengan jadwalnya. Service mobil rutin memang terasa menyebalkan dan terkesan menghabiskan biaya, tetapi hal itu tidak seberapa jika Anda bandingkan dengan terjadinya kerusakan.

Mengganti komponen akan jauh lebih mahal dibandingkan service secara berkala. Tetapi jika understeel sudah tidak layak pakai, maka mau tidak mau Anda harus menggantinya. Itulah beberapa penyebab setir mobil lari ke kiri. Bagaimana solusinya? Tentu sesuai dengan apa yang menjadi penyebabnya.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer