Fungsi Tie Rod Mobil & Ciri-Ciri Kerusakannya

18 February, 2022

Image Fungsi Tie Rod Mobil & Ciri-Ciri Kerusakannya

Banyaknya jenis komponen pada mobil, mungkin, bisa membuat Anda sulit untuk mengingat semuanya. Namun, ada beberapa bagian penting yang perlu diingat, karena langsung berpengaruh terhadap kenyamanan Anda saat berkendara. Salah satunya adalah tie rod mobil.

Komponen ini menghubungkan kemudi dan roda depan, sehingga langsung berpengaruh pada roda depan, jika ada kerusakan pada bagian ini. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari komponen mobil ini, Anda bisa membaca lebih banyak di bagian bawah.

Fungsi Tie Rod Mobil

Fungsi Tie Rod Mobil

Berikut ini merupakan penjabaran mengenai beberapa fungsi yang melekat pada tie rod.

Menggerakkan Roda ke Depan

Menggerakkan Roda ke Depan

Tie rod ada di ujung steering gear dan steering knuckle. Saat kemudi dibelokkan, maka gerakan dari setir ini muncul ke steering gear box yang akan ditarik dan didorong. Gerakan ini berjalan terus ke tie rod yang bisa digunakan untuk menarik dan mendorong roda bagian depan. Roda ini akan bergeser sesuai dengan arah kemudi.

1.2 Mengatur Jarak Roda Depan 1000x569

Mengatur Jarak Roda Depan

Ada dua jenis tie rod, toe in dan toe out. Toe in bertugas untuk mengatur roda depan supaya lurus dan stabil. Toe in juga bisa mencegah aus yang tidak merata di ban. Pemilik bisa melakukannya dengan mengatur panjang pendek ulir pada long tie rod dan tie rod end.

Meredam Getaran

Meredam Getaran

Tie rod memiliki fungsi untuk meredam getaran yang ada karena putaran di kemudi. Alat ini memiliki balljoint yang akan menciptakan gerakan ke semua arah. Long tie rod membantu meredam getaran yang ke atas dan ke bawah. Tie rod end bisa memutuskan gerakan ke kiri dan kanan mobil. Hal ini akan membuat gerakan mobil tidak sampai ke kemudi.

Ciri-Ciri Kerusakan Tie Rod Mobil

Ciri-Ciri Kerusakan Tie Rod Mobil

Terdapat ciri-ciri kerusakan pada tie rod yang bisa dengan mudah Anda pahami. Berikut ini adalah ciri yang dimaksud beserta penjelasannya.

Getaran saat Kemudi Dibelokkan

Getaran saat Kemudi Dibelokkan

Anda bisa mengetahui kerusakan pada tie rod mobil, saat Anda membelokkan kemudi. Anda akan merasakan getaran di tangan yang memegang kemudi jika terjadi kerusakan. Getaran ini terjadi karena simpul pada tie rod mengalami aus yang membuat getaran pada roda tak dapat diatasi.

2.2 Bunyi pada Kaki Mobil 1000x569

Bunyi pada Kaki Mobil

Simpul tie rod yang aus membuat roda yang bergetar bisa memunculkan bunyi pada kaki mobil. Bunyi ini ada, tidak hanya karena tie rod mengalami aus saja, tapi Anda bisa menjadikan ini sebagai salah satu kemungkinan yang perlu Anda perhatikan.

2.3 Kemudi Tidak Lurus 1000x569

Kemudi Tidak Lurus

Salah satu ciri kerusakan lainnya adalah mobil yang mengarah ke satu arah. Hal ini bisa terjadi akibat ban mobil yang berputar ke bagian kanan dan kiri dengan ukuran sudut yang besar sehingga kemungkinan ban belok sendiri bisa terjadi. Hal ini bisa Anda rasakan di jalanan lurus. Jika ini terjadi, berarti tie rod sudah rusak cukup parah.

Itulah beberapa informasi yang berhubungan dengan tie rod mobil. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, bagian ini adalah bagian yang cukup penting pada mobil karena langsung mempengaruhi kenyamanan Anda saat berkendara. Jika Anda merasakan ketidaknyamanan pada bagian kemudi atau roda, maka Anda mungkin harus langsung mengecek tie rod ini sebelum terlambat.

Pastikan untuk tidak menggunakan komponen ini sampai aus karena bisa membuat bagian lain menjadi rusak. Anda bisa mengecek bagian kaki-kaki mobil untuk mengetahui permasalahan pada bagian ini dan menghilangkan semua masalahnya. Semoga informasi yang kami berikan ini bisa membantu Anda untuk memahami bagian-bagian di dalam mobil.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer