Mengenal Apa Itu Fender Mobil, Fungsi dan Cara Mengganti Jika Rusak

1 June, 2023
clock-bold
5 menit membaca

Image Mengenal Apa Itu Fender Mobil, Fungsi dan Cara Mengganti Jika Rusak

Fender bagi sebuah mobil merupakan hal yang tidak terpisahkan. Terlebih jika kendaraan Anda kerap melewati medan berlumpur, komponen ini akan sangat berguna. Letaknya ada di dekat ban.

Pengertian Fender Mobil

Fender atau spakbor ban mobil adalah panel plastik, logam, atau karet yang melengkung di atas roda di sisi mobil, memanjang dari bemper depan hingga ke pintu mobil. Fungsi utama fender mobil adalah untuk menjaga ban dan sistem pengereman dari lumpur atau kotoran lainnya agar lebih aman dan efisien.

Fender juga membantu mencegah lumpur, kotoran, partikel debu, dan cairan lain terlempar ke udara saat ban berputar. Komponen ini terpasang sekaligus menjadi bagian pada rangka mobil, dan tersedia dalam berbagai model dan ukuran. Bentuknya melengkung, terletak tepat di dekat roda.

Beberapa pengendara masih banyak yang rancu dalam membedakan fender dan bumper. Bahkan, ada juga yang menyebut dua komponen tersebut sama. Padahal, bumper sendiri posisinya tidak di sisi roda kendaraan.

Bumper hanya di depan dan belakang bodi mobil yang berfungsi mengantisipasi tabrakan kecil. Sementara fender tidak hanya berfungsi sebagai pengaman, tetapi juga bisa dijadikan sebagai aksesoris, sehingga tampilan kendaraan pun lebih menarik. Selain itu, komponen ini juga berguna untuk antisipasi cipratan lumpur agar tidak mengenai pengguna jalan lain.

Fungsi Fender Mobil

Fungsi Fender Mobil

Fender tak hanya cover ban mobil saja. Ada banyak fungsi yang dimiliki komponen ini, diantaranya:

1. Pelindung Roda

Spakbor atau fender berguna sebagai pelindung roda dari berbagai hal tidak terduga di jalan. Hal ini juga berlaku sebagai pelindung pejalan kaki maupun pengguna jalan lainnya. Serpihan yang berasal dari jalanan bisa berpotensi menimbulkan rasa tidak nyaman bagi orang lain.

Misalnya batu, lumpur, ataupun cairan lainnya agar tidak sampai terlempar ke udara. Puing-puing tersebut akan tertahan di saat roda sedang melaju. Alhasil, berkendara menjadi lebih nyaman dan tidak mengganggu pengguna jalan lain.

2. Pelindung dari Baret

Fungsi satu ini sebenarnya datang dari bagian cover fender. Bagian satu ini merupakan kain depan yang letaknya di sisi kanan kiri fender. Fungsinya sebagai pelindung mobil ketika sedang diservis.

Servis yang dilakukan tidak akan menimbulkan baret, sehingga bagian mobil tetap terjaga. Kunci yang dipakai untuk servis ini bisa menimbulkan baret tanpa sengaja, sehingga perlu adanya pelindung.

Material Fender Mobil

Fender tidak hanya tersedia dalam berbagai bentuk, tetapi material yang digunakan juga berbeda-beda.

1. Karet

Material satu ini bisa fleksibel dalam menahan puing. Baik itu puing yang masuk maupun keluar dari samping mobil bisa ditahan. Material karet ini biasanya dikombinasikan dengan bracket metal.

2. Polyurethane

Polyurethane kerap disebut dengan PU yang bisa berguna sebagai pelindung mobil secara optimal. Material ini terbuat dari karet dicampur dengan plastik. Tingkat kekerasannya lebih optimal jika dibandingkan dengan karet.

Keunggulan spakbor dari bahan ini adalah lebih tahan terhadap benturan. Bahkan juga tahan terhadap risiko baret ketika sedang di perjalanan.

3. Baja

Fender berbahan baja ini sangat berguna untuk melindungi mobil dari serpihan tidak terduga. Misalnya dari lumpur maupun batu, sehingga tidak mudah masuk ke bodi kendaraan. Selain itu, serpihan ini juga tidak berpotensi mengenai pengguna jalan lain sehingga berkendara tetap nyaman.

Cara Mengganti Fender Mobil yang Rusak

Cara Mengganti Fender Mobil yang Rusak

Semakin tinggi mobilitas di jalan, maka akan membuat fender mudah rusak. Jangan khawatir, ada beberapa langkah mudah dalam menggantinya. Berikut beberapa caranya.

  • Pertama-tama, lepaskan penahan seperti sekrup, klip, dan komponen lain yang menghubungkan fender ke bumper
  • Kemudian turunkan sedikit demi sedikit bumper dan lepaskan komponen yang ada di dekat fender (lampu mobil misalnya)
  • Jika ingin mengganti fender depan, maka lepaskan baut yang ada di bawah kap. Setelah itu baru lepaskan spakbor
  • Setelah itu, lakukan proses sebaliknya jika ingin memasang fender yang baru

Mengganti fender memang mudah jika dilakukan secara mandiri. Akan tetapi, jika Anda masih tergolong awam, bisa membawa mobil ke bengkel. Mekanik akan siap melakukan pemasangan.

Perbedaan Fender Mobil Depan dan Belakang

Fender mobil bisa dibedakan menjadi dua jenis, yakni fender mobil depan dan belakang. Dua jenis komponen ini hadir dengan berbagai perbedaan yang menarik diketahui, ini ulasannya.

1. Fender Mobil Depan

Fender mobil depan merupakan komponen yang sifatnya fleksibel, bisa dilepas pasang. Terdapat baut di dalamnya sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan lepas dan pasang.

Walau terdapat baut di dalamnya, sebenarnya Anda bisa menguncinya secara permanen untuk menghindari getaran ketika kendaraan melewati jalan berlubang.

Jika kendaraan kerap melewati medan terjal, disarankan fender depan dikunci permanen. Tujuannya juga sebagai antisipasi dari risiko lepas. Untuk fender dengan sistem permanen sebenarnya juga sudah ada.

Biasanya fender depan permanen terdiri dari beberapa komponen tambahan. Misalnya, lampu trim, lampu sein, sampai chrome.

2. Fender Mobil Belakang

Untuk spakbor bagian belakang sebenarnya juga bisa dilepas dan pasang. Anda bisa menggunakannya dengan komponen dudukan baut. Akan tetapi, mayoritas orang lebih tertarik menggunakan fender belakang dengan pemasangan permanen.

Pemasangan permanen fender belakang umumnya dilakukan dengan cara pengelasan. Penguncian spakbor belakang ini berguna sebagai antisipasi agar tidak mudah lepas. Selain itu, hal ini juga dapat mencegah kotoran dan berbagai puing agar tidak mudah masuk ke bodi mobil.

Penggunaan fender pada mobil ternyata punya peran yang begitu penting. Oleh karena itu, pastikan pemasangannya tepat. Segera ganti fender mobil jika terjadi kerusakan untuk antisipasi hal tidak diinginkan.

FAQ Fender Mobil

Berikut ini adalah FAQ tentang fender mobil yang berisi pertanyaan yang sering ditanyakan disertai jawabannya.

Apa yang dimaksud dengan fender cover?

Fender cover mobil adalah sebuah pelindung yang ditempatkan di bagian bodi mobil tepat di atas roda.

Apa kegunaan fender cover?

Fender cover berfungsi untuk melindungi bodi mobil dan lampu dari goresan. Biasanya penutup fender dipasang saat melakukan perawatan atau servis. Alat ini berbentuk kain yang diikat di depan, kiri, dan kanan mobil untuk menutupi bagian depan mobil. Selain itu, penutup fender juga dapat mencegah kerusakan akibat terjatuhnya kunci-kunci.

Apa yang dimaksud dengan over fender?

Over fender adalah panel tambahan yang dipasang pada tepi spakbor ban mobil. Fungsinya adalah untuk menyesuaikan lebar velg roda sehingga bodi mobil terlihat lebih lebar.

Apa itu spakbor mobil?

Spakbor adalah bagian kendaraan yang berfungsi melindungi pengendara atau penumpang dari percikan air saat hujan atau melewati genangan air. Spakbor memiliki peran penting dalam kendaraan bermotor, termasuk mobil.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer