Apa Itu Ron 92 pada Bahan Bakar Minyak Mobil?

25 February, 2024
clock-bold
4 menit membaca

Image Apa Itu Ron 92 pada Bahan Bakar Minyak Mobil?

RON 92 merupakan salah satu jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) yang saat ini cukup banyak penggunanya. Memilih jenis bahan bakar yang tepat dengan kualitas yang baik, tentu akan membuat pembakaran pada mesin semakin sempurna dan bersih.

Sampai saat ini di Indonesia sendiri cukup banyak sekali jenis BBM dengan tingkat oktan yang berbeda-beda. Sebagai pengguna kendaraan bermotor, tentu harus memilih dengan tepat BBM mana yang cocok untuk kendaraan kesayangan Anda.

Semakin bagus kualitas BBM yang dipilih, tentu akan menunjang keawetan mesin dan kenyamanan dalam berkendara, bahkan konsumsi bahan bakarnya semakin irit.

Seperti yang dirasakan oleh salah satu pelanggan setia Wuling, Reffi Rapiuddin dari Tangerang yang merasakan Wuling New Almaz RS Hybrid miliknya terbilang irit ketika menggunakan bahan bakarnya RON 90. Namun saat menggunakan BBM RON 92, konsumsi bahan bakar mobil Wuling miliknya tersebut menjadi lebih irit dengan tarikan mesin yang lebih kencang.

Ikuti pengalaman Reffi dalam menggunakan Almaz Hybrid di video berikut:

https://youtu.be/dGdsJ2CTq-w?si=TS3_uf-xhpK14pJL

Sudah semakin irit dan tarikannya semakin kencang, tentu membuat nyaman saat berakselerasi. Berikut ulasan mengenai BBM RON 92 mulai dari pengertian, karakteristik dan manfaatnya.

Apa Itu BBM Ron 92?

Bahan bakar minyak RON 92 adalah jenis bahan bakar yang memiliki tingkat oktan minimum 92. RON merupakan singkatan dari Research Octane Number, yang merupakan standar untuk mengukur kestabilan bahan bakar mesin pembakaran dalam, khususnya mesin bensin.

Angka RON menunjukkan kemampuan bahan bakar untuk menghentikan ketukan (knocking) dalam mesin saat pembakaran, yang dapat merusak mesin dan mengurangi efisiensi.

Bahan bakar dengan RON yang lebih tinggi biasanya memberikan performa lebih baik dan lebih efisien dalam mesin yang membutuhkan bahan bakar dengan oktan tinggi. RON 92 masih digunakan dalam beberapa kendaraan di berbagai negara, terutama pada negara-negara yang memiliki standar emisi dan spesifikasi bahan bakar yang berbeda.

Bahan bakar dengan tingkat oktan 92 ini sering digunakan pada kendaraan modern dengan mesin dengan rasio kompresi 10:1–11:1. Selain itu, kendaraan yang menggunakan teknologi injeksi bahan bakar elektronik (EFI) sering mengandalkan BBM oktan 92.

Bahan bakar oktan 92 cenderung lebih mahal daripada bahan bakar oktan 90 atau 88. Seperti di Indonesia RON 92 ini sangat banyak dijumpai di SPBU dengan nama Pertamax, Shell Super, BP 92, dan Revvo.

Manfaat Menggunakan BBM RON 92

Manfaat Menggunakan BBM RON 92

Daripada menggunakan BBM dengan oktan yang lebih rendah, BBM RON 92 tentu lebih bagus dan membuat tarikan semakin kencang. Namun, bila dibandingkan dengan BBM dengan RON lebih tinggi, tentu harganya lebih terjangkau.

Ada beberapa manfaat menggunakan BBM RON 92:

  • Efisiensi Energi

BBM RON 92 bisa meningkatkan efisiensi energi, mengoptimalkan kinerja mesin, dan meningkatkan jarak tempuh.

  • Pengurangan Emisi

Bahan bakar dengan nilai oktan 92 mendukung upaya pelestarian lingkungan dengan mengurangi emisi gas buang saat dibakar secara bersih.

  • Kompatibilitas dengan Mesin Lama dan Baru

BBM RON 92 cocok untuk berbagai jenis mesin, mulai dari kendaraan tua hingga modern, memberikan fleksibilitas kepada pelanggan.

  • Harga

Di Indonesia, jenis BBM dengan RON 92 ini masih terbilang murah. Cukup banyak yang kalangan yang menggunakan jenis BBM ini baik itu mobil maupun motor.

Karakteristik RON 92

Bahan bakar minyak RON 92 ini memiliki karakteristik yang tentunya berbeda dengan tingkat oktan di atas maupun di bawahnya. Berikut karakteristik dari bahan bakar minyak RON 92:

  • Tingkat Oktan

Tingkat oktan BBM RON 92 memenuhi persyaratan mesin pembakaran internal sebagian besar mobil tradisional. Bahan bakar dengan oktan 92 memungkinkan mesin bekerja dengan stabil dan efisien tanpa mengakibatkan detak mesin atau ketukan yang tidak diinginkan.

  • Kompatibilitas

Mesin modern dengan teknologi canggih biasanya cocok dengan BBM RON 92. Hal ini menjamin bahwa kendaraan yang menggunakan bahan bakar dengan oktan 92 dapat memanfaatkan fitur terbaru untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kinerja.

  • Harga

Bahan bakar RON 92 seringkali lebih murah daripada bahan bakar beroktan lebih tinggi di pasar bahan bakar. Bagi pemilik mobil yang mencari keseimbangan antara harga dan kualitas, ini menjadi pilihan yang menarik.

  • Emisi Gas Buang

Kemampuannya untuk menghasilkan emisi gas buang yang relatif rendah merupakan karakteristik penting dari bahan bakar dengan nilai oktan 92. Jenis bahan bakar ini meningkatkan kualitas udara dan meminimalkan kerusakan lingkungan dengan pembakaran yang bersih.

Setelah menyimak penjelasan di atas, semoga Anda semakin memahami apa itu BBM RON 92. Setelah mengetahui karakteristik dan manfaatnya, tentu lebih baik menggunakan BBM dengan tingkat oktan lebih tinggi daripada menggunakan yang lebih rendah. Apalagi untuk harganya sendiri masih terbilang cukup terjangkau dan dengan tingkat oktan di bawahnya, sehingga tidak terlalu banyak perbedaan jika memilih BBM RON 92.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer