8 Tips Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Tanpa ke Bengkel

11 January, 2024
clock-bold
11 menit membaca

Image 8 Tips Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Tanpa ke Bengkel

Panas terik dan hujan yang silih berganti akhir-akhir ini tidak bisa diprediksi; pagi panas, siang hujan dan sore menjelang malam kembali panas. Bahkan di kondisi panas terik, tapi tetap timbul hujan yang cukup deras. Ternyata, hal ini juga dapat mengganggu kondisi kendaraan, antara lain timbulnya jamur kaca mobil akibat tetes hujan yang cepat mengering sebelum sempat dibersihkan.

Kaca adalah komponen penting karena mempengaruhi visibilitas dalam berkendara, bila ada kotoran atau bahkan jamur yang menempel pada kaca, akan sangat mengganggu kenyamanan berkendara Anda. Berikut ini penjelasan artikel autotips selanjutnya tentang beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jamur kaca mobil secara benar dan efektif.

Penyebab Kaca Mobil Berjamur

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang menghasilkan kaca mobil menjadi berjamur. Penyebab-penyebab yang dimaksud adalah sisa air hujan yang masih menempel di kaca mobil, pengeringan mobil setelah mencuci yang tak sempurna, hingga kualitas air yang kurang bagus.

Sisa Air Hujan yang Masih Menempel di Kaca

Setelah hujan reda, pasti akan tersisa air hujang yang masih menempel di kaca mobil. Apabila tak segera dibersihkan, maka bekas air hujan ini akan sulit untuk dibersihkan, terutama bila telah kering terkena sinar matahari. Sisa air hujan yang mengering karena sinar matahari dapat mengakibatkan kaca mobil berjamur.

Pengeringan Mobil Setelah Mencuci Tak Sempurna

Kaca mobil yang berjamur dapat disebabkan oleh proses pengeringan mobil yang tak sempurna setelah mencuci mobil. Secara umum, setelah proses mencuci mobil, maka pengeringan dilakukan menggunakan lap. Namun, bila proses ini tak maksimal, maka akan meninggalkan sisa air pada bagian tertentu seperti kaca mobil.

Kualitas Air Kurang Bagus

Kualitas air yang kurang bagus dapat menjadi penyebab munculnya jamur pada kaca mobil. Air yang memiliki kandungan kapur yang cukup tinggi dapat mengakibatkan jamur pada kaca mobil. Air garam atau air laut juga dapat menjadi penyebab kaca mobil jamuran.

Ciri Kaca Mobil Berjamur

Melihat tanda kaca mobil yang berjamur sangat mudah. Apabila diperhatikan dengan seksama, kaca mobil yang berjamur memperlihatkan bercak putih. Penampakan bercak putih yang mengeras ini adalah jamur pada kaca mobil. Bercak ini banyak terlihat di ujung kaca mobil. Pada bagian eksterior tersebut banyak dihinggapi karena air seringkali mengendap lama di area tersebut dan kemudian mengering. Bila dibiarkan kondisi ini akan membuat jamur kaca mobil mudah berkembang.

Oh ya sebelum lanjut membaca, Wuling punya informasi menarik yang sayang untuk kamu lewatkan.

Klik link di bawah ini untuk mengunduh brosur produk andalan kami.

Download Brosur BinguoEV

Download Brosur Alvez

Download Brosur Almaz Hybrid

Download Brosur Air ev

Download Brosur New Almaz RS

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil secara Mandiri

Berikut ini adalah panduan mengenai cara menghilangkan jamur pada kaca mobil secara mandiri tanpa perlu dibawa ke bengkel. Cara-cara yang dimaksud dimulai dari membersihkan kaca setelah terkena hujan, menggunakan pembersih jamur pada kaca mobil, menggunakan minuman soda, memakai pasta gigi, menggunakan pemutih pakaian, memakai alkohol, mengaplikasikan cuka apel, menggunakan air tembakau, hingga memakai baking soda.

Memakai Baking Soda

Bubuk kristal putih atau biasa dikenal sebagai baking powder adalah penghilang jamur pada kaca mobil yang efektif. Metode penghilangan jamur dengan bahan ini tidak beracun dan tidak membahayakan manusia. Bahan ini tidak hanya secara efektif menghilangkan jamur tetapi juga menyerap sisa kelembaban yang mendorong pertumbuhan jamur. Campuran sederhana soda kue dan air membentuk larutan pembersih kuat yang dapat disemprotkan dan dibersihkan dengan mudah. Ini adalah salah satu solusi pembersihan yang paling umum dan ekonomis untuk jamur pada kaca mobil.

Bersihkan Setelah Terkena Hujan

Bersihkan Setelah Terkena Hujan Gambar Penjelasan Membersihkan Kaca Mobil Setelah Terkena Hujan

Hal paling mudah yang dilakukan adalah segera membersihkan kaca setelah terkena hujan, karena titik hujan yang menempel pada kaca berpotensi memberikan efek jamur pada kaca. Kain untuk membersihkan juga bisa beragam, setelah menggunakan kain ‘kanebo’, bisa dibersihkan lagi dengan kain microfiber. Jangan lupa pula cek karet pada bilah wiper, karena akan mempengaruhi kebersihan pada kaca. Bila bilah karet sudah tidak mampu membersihkan secara sempurna, segera ganti.

Gunakan Pembersih Jamur Kaca Khusus Mobil

Gunakan Pembersih Khusus Gambar Penjelasan Menggunakan Pembersih Khusus Jamur Kaca pada Mobil

Namun, bila jamur sudah membandel pada kaca, tentu saja harus dibersihkan secara khusus. Bila ingin membersihkan sendiri, tanpa ke ‘salon’ mobil, maka harus perhatikan beberapa hal. Antara lain adalah bahan atau kompon yang digunakan, jangan sampai kaca depan seharusnya bebas jamur, justru lecet karena penggunaan bahan yang salah dan penekanan saat membersihkan juga terlalu keras.

Ada beberapa merek pembersih atau penghilang jamur di pasaran yang digunakan untuk membersihkan dan mencegah jamur pada kaca mobil. Glass Scrub bisa digunakan saat jamur sudah tampak pada kaca, lalu bisa diolesi dengan Rain Clear agar tetap bersih dan berfungsi sebagai pencegahan.

Tentu saja yang terpenting adalah kaca depan, walau kaca samping dan belakang pun tidak luput dari serangan jamur. Rutin lah melapisi kaca dengan bahan anti-jamur agar kaca tetap bersih tanpa mengganggu saat mengemudi. Kaca yang sudah dilapisi dengan Rain Clear, umumnya bertahan antara 3-4 bulan tergantung kondisi dan cuaca.

Menggunakan Minuman Soda

Minuman Soda Gambar Minuman Soda

Apabila tidak menemukan obat jamur kaca mobil, minuman soda juga ternyata ampuh menghilangkan jamur kaca mobil Anda. Caranya, bersihkan kaca mobil hingga kering menggunakan kain. Selanjutnya basahi kain berbahan lembut atau pasta gigi dengan air soda, lalu gosokkan ke kaca mobil yang terkena jamur secara lembut.

Lakukan hal ini hingga jamur pada kaca mobil Anda hilang. Perlu Anda ingat, jangan campurkan air soda dengan air biasa, ya, karena dapat mengurangi kandungan soda yang dapat menghilangkan jamur tersebut.

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil dengan Pasta Gigi

Sikat Gigi Gambar Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil dengan Pasta Gigi

Menghilangkan jamur pada kaca mobil bisa dengan cara aplikasi pasta gigi atau odol.

Mengatasi jamur pada kaca mobil dengan menggunakan pasta gigi adalah cara yang mudah dan efisien.

Pengguna harus memastikan bahwa pasta gigi yang dipakai adalah yang berwarna putih dan bukan berbentuk gel.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, yakni:

  1. Cukup oleskan pasta gigi pada bagian kaca yang terkena jamur, diamkan selama lima meni.
  2. Lalu gosok dengan kain microfiber hingga bersih.
  3. Ulangi proses jika terdapat jamur pada bagian kaca lain, lalu bilas dengan air bersih.

Perlu diingat, cara ini hanya efektif untuk mengatasi jamur pada kaca yang ringan.

Jika jamur pada kaca lebih parah, disarankan menggunakan obat khusus yang tersedia di pasaran.

Jadi, sebaiknya menggunakan pasta gigi sebagai solusi sementara, dan tetap direkomendasikan untuk menggunakan obat khusus untuk membersihkan kaca mobil.

Oh iya perlu hati-hati ya dalam penerapan odol untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil karena bisa menimbulkan pelangi dan kusam. Agar tidak terjadi seperti itu, maka dalam menerapkan pasta gigi perlu dengan gosokan yang lembut.

Menggunakan Pemutih Pakaian

Pemutih Pakaian Gambar Pemutih Pakaian

Bukan hanya noda pada pakaian, pemutih pakaian atau bayclin yang ada di rumah Anda juga bisa digunakan sebagai pembasmi jamur kaca mobil Anda. Lakukan dengan membasahi kain yang lembut terlebih dahulu menggunakan cairan pemutih tersebut secukupnya.

Setelah itu, gosokkan kain tersebut secara perlahan bagian jamur kaca mobil sampai bersih. Ingat, gunakan kain yang lembut agar ketika digosok ke kaca mobil tidak menimbulkan gores, ya.

Gunakan Alkohol

Alkohol juga bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan jamur kaca mobil Anda. Bagaimana caranya? Mudah saja, Anda bisa menggunakan kapas yang sudah dicelupkan ke alkohol kadar di atas 60%. Kemudian gosok secara perlahan ke bagian kaca yang terkena jamur tersebut.

Memakai Cuka Apel

Cuka Apel Gambar Cuka Apel

Selanjutnya adalah menggunakan cuka apel. Caranya, campurkan 3 sendok cuka apel dengan 1 liter air. Setelah itu celupkan kain yang lembut ke dalam campuran tersebut. Selanjutnya, gosokkan kain pada bagian yang terkena jamur hingga benar-benar hilang.

Selanjutnya, setelah jamur tersebut hilang, langsung keringkan dengan kertas koran segera. Anda akan melihat tidak ada lagi jamur yang menempel di kaca mobil.

Pakai Air Tembakau

Air Tembakau Gambar Air Tembakau

Terakhir adalah menggunakan air tembakau. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan menggunakan air tersebut.

Pertama, rendam tembakau yang kering dengan air bersih selama 15 menit. Sebelum digosokkan ke kaca mobil, bersihkan bagian kaca mobil yang terkena jamur dengan air dingin. Nah, setelah kering, langsung siramkan jamur di kaca mobil tersebut dengan air yang sudah direndam tembakau tersebut.

Anda bisa coba menyiramkannya selama beberapa kali hingga jamur tersebut benar-benar hilang. Setelah terlihat hilang, bilas kembali dengan air bersih dan lap hingga kering.

FAQ Terkait Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Berikut ini adalah FAQ terkait dengan cara menghilangkan jamur kaca mobil, mulai dari dari cara membersihkan kaca mobil yang berminyak hingga cara membersihkan kaca mobil yang baret.

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Spion Mobil

Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan jamur pada kaca spion mobil:

Menggunakan baking soda dan air: Campurkan baking soda dan air untuk membuat pasta. Oleskan pasta ke area yang terkena jamur dan biarkan selama beberapa menit. Lap pasta dengan kain bersih dan bilas kaca spion dengan air.

Menggunakan cuka: Campurkan cuka dan air dalam rasio 2:1. Celupkan kain bersih ke dalam larutan tersebut dan lap kaca spion dengan kain tersebut. Bilas kaca spion dengan air dan keringkan dengan kain bersih.

Menggunakan pasta gigi: Oleskan pasta gigi ke area yang terkena jamur dan biarkan selama beberapa menit. Gosok kaca spion dengan sikat gigi yang lembut dan bilas dengan air.

Menggunakan alkohol: Gunakan alkohol dengan konsentrasi 50% hingga 90%. Oleskan alkohol ke kain bersih dan lap kaca spion dengan kain tersebut. Bilas kaca spion dengan air dan keringkan dengan kain bersih.

Menggunakan soda: Basahi kain mikrofiber dengan soda dan gosokkan pada area yang terkena jamur. Lap soda dengan kain bersih dan bilas kaca spion dengan air.

Penting untuk diingat bahwa pencegahan adalah kunci untuk menghindari pertumbuhan jamur pada kaca spion mobil.

Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Berminyak

Kaca mobil yang memiliki minyak pastinya akan sangat mengganggu pengemudi. Lapisan minyak ini bisa muncul pada bagian kaca karena adanya polusi udara di lingkungan di mana mobil digunakan. Anda bisa membersihkannya dengan cukup mudah karena Anda hanya perlu menggunakan air bersih untuk mencuci kaca mobil yang berminyak.

Anda bisa menggunakan lap basah untuk menghilangkan minyak tersebut dan setelah kaca terlihat bersih maka Anda bisa mengeringkan dan menggunakan lap kering untuk membersihkan kaca dari sisa air yang ada.

Langkah selanjutnya adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih kaca mobil atau menggunakan sabun cair yang sudah Anda bercampur dengan air bersih. Anda bisa menggunakan kedua cairan ini untuk membersihkan kaca mobil dari minyak dengan menggunakan kain atau lap sampai kaca benar-benar bersih.

Kalau Anda sudah membersihkan kaca mobil dengan cairan pembersih Anda harus menunggu selama 15 menit supaya cairan tersebut bisa bereaksi. Kalau Anda sudah merasa cukup maka Anda bisa membilas kaca mobil dengan air bersih yang mengalir supaya kaca mobil terbebas dari minyak.

Cara terakhir adalah dengan menggunakan lap kering untuk menghilangkan sisa-sisa air supaya kaca bisa benar-benar bersih dan tidak ada bekas air yang kotor. Anda bisa menggunakan kain dengan bahan microfiber supaya kaca mobil tidak baret.

Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Baret

Baret pada kaca mobil pasti akan mengurangi kecantikan pada mobil. Hal ini bisa disebabkan oleh power window, pemakaian wiper, atau alat pembersih yang kasar. Supaya keadaan dari kaca mobil bisa kembali seperti yang semula maka Anda bisa menanganinya dengan cara cara berikut.

Kalau goresan pada kaca mobil cukup dalam maka Anda harus melakukan servis mobil karena hal ini harus dibersihkan oleh ahlinya. Namun kalau goresannya tipis maka Anda bisa mengikuti beberapa cara ini.

Bukan hanya bisa menghilangkan jamur tetapi pasta gigi bisa menghilangkan baret pada kaca mobil. Anda hanya perlu mengambil sedikit pasta gigi untuk menghilangkan baret pada kaca mobil. Ambil sedikit pasta gigi lalu oleskan secara merata ke bagian yang sudah tergores.

Lalu bersihkan pasta gigi tersebut menggunakan air bersih lalu lap menggunakan kain bersih. Atau Anda bisa menggunakan amonia dengan jumlah 15 ML yang dicampur dengan setengah liter air bersih lalu diaduk secara merata. Ambil kain bersih yang lembut lalu celupkan ke dalam larutan tersebut dan digosok ke kaca yang baret. Lakukan kegiatan ini dengan hati-hati supaya baret tidak bertambah besar.

Keluarga Wuling, kini Anda sudah tahu ‘kan ternyata ada banyak cara alami menghilangkan jamur kaca mobil Wuling kesayangan Anda. Segera aplikasikan jika hal tersebut muncul dan ketahui munculnya jamur di mobil pada artikel penyebab kaca mobil berjamur ini. Jangan lupa lihat produk andalan kami ya seperti Alvez, Almaz RS, dan Air ev.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer