Evaporator AC Mobil: Fungsi, Kerusakan & Perawatan

4 March, 2021
clock-bold
2 menit membaca

Image Evaporator AC Mobil: Fungsi, Kerusakan & Perawatan

Mobil zaman sekarang, peran Air Conditioner (AC) tak bisa dihiraukan begitu saja. AC menjadi fitur wajib yang tersedia di setiap mobil. Berfungsi sebagai pendingin di dalam kabin, AC menambah kenyamanan ketika berkendara. Maka tak dipungkiri jika bagian evaporator pada AC mobil juga penting, sehingga kondisinya pun harus tetap prima demi kenyamanan pengendara dan penumpang sepanjang perjalanan.

Seberapa Penting Evaporator AC Mobil?

Seberapa Penting Evaporator AC Mobil?

Fungsi evaporator ini menjadi penghantar udara dingin yang dibantu oleh hembusan angin dari blower. Evaporator disebut juga dengan cooling unit yang tugasnya mengeluarkan hawa sejuk di dalam kabin mobil.

Sederhananya, evaporator bekerja mirip dengan kulkas. Dalam sistem AC mobil, evaporator berperan sebagai media menampung freon yang sudah berubah bentuk menjadi kabut atau uap dingin.

Bisa dibayangkan kalau evaporator rusak? Anda akan merasakan hawa panas di dalam kabin.  Perjalanan yang tadinya bakal mengasyikan pun menjadi runyam. Tingkat emosi pengendara bisa meningkat lantaran merasakan hawa panas di dalam mobil terlebih jika harus melintas di jalanan yang padat.

Baca juga: Pengaruh Cuaca Panas Pada Kondisi Mobil Anda

Selain hawa panas, evaporator yang rusak juga dapat menimbulkan bau apek, bau menyerupai oli, serta hembusan angin dari kisi-kisi sangatlah lemah.

Kenapa Evaporator Bisa Rusak?

Kenapa Evaporator Bisa Rusak 1000x443

Kerusakan evaporator bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu penyebabnya adalah freon yang berkurang, perlu diketahui freon pada mobil sebenarnya tidak bisa berkurang. Kalau sampai terjadi permasalahan berkurangnya freon pada mobil, maka ini adalah indikasi terjadi kebocoran pada evaporator.

Kebocoran evaporator ini juga dipicu berbagai hal. Salah satunya adalah sang pemilik mobil jarang melakukan perawatan AC sehingga membuat banyak debu dan kotoran yang menempel di evaporator. Lama-kelamaan, kotoran yang menempel di evaporator bisa menimbulkan lendir dan bila didiamkan akan mengakibatkan korosi.

Selain itu, tekanan freon yang berlebihan juga dapat membuat evaporator bocor. Penyebab lain dari bocornya evaporator adalah sistem freon tersumbat, tak menggunakan filter kabin, serta usianya yang memang sudah uzur.

Mencegah Kerusakan Evaporator

Mencegah Kerusakan Evaporator

Baca juga: Fungsi Kondensor Mobil dan Cegah Kerusakannya

Kalau Anda sudah mengetahui penyebab kerusakan evaporator tersebut maka Anda bisa melakukan upaya pencegahan. Upaya pencegahan kerusakan evaporator paling mudah adalah merawat AC mobil secara rutin, seperti menjaga kebersihan kabin, menjaga RPM (revolutions per minute) mobil. Perawatan AC bisa dilakukan berbarengan dengan waktu Anda servis berkala di bengkel. Kemudian, penggantian filter blower juga penting diperhatikan agar mencegah kotor dan menimbulkan korosi.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer