Fitur Start Stop Engine Mobil, Apa Fungsi dan Kelebihannya?

24 April, 2022

Image Fitur Start Stop Engine Mobil, Apa Fungsi dan Kelebihannya?

Pengguna mobil keluaran terbaru pasti sudah tidak asing dengan fitur Start Stop Engine. Ini merupakan teknologi yang memungkinkan pemilik kendaraan untuk menghidupkan atau mematikan mesin kendaraan tanpa menggunakan kunci. Dengan teknologi ini, Anda tidak perlu mencolokkan kunci atau kontak untuk mengoperasikan mesin mobil.

Jaman dahulu orang membutuhkan kunci untuk menghidupkan kendaraan. Akan tetapi seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, menghidupkan dan mematikan mesin kendaraan tidak lagi membutuhkan kunci. Hal ini karena hadirnya teknologi keyless atau Start Stop Engine yang memungkinkan kendaraan bisa dioperasikan tanpa menggunakan kunci.

Nah, untuk lebih jelasnya tentang apa itu fitur Start Stop Engine pada New Cortez dan apa saja manfaatnya, yuk simak ulasan berikut ini.

Pengertian Start Stop Engine

Pengertian Start Stop Engine

Start Stop Engine merupakan salah satu inovasi dalam dunia otomotif yang memungkinkan mesin kendaraan bisa dihidupkan atau dimatikan tanpa menggunakan kunci. Dengan teknologi ini, Anda hanya perlu menekan tombol start / stop engine yang ada di dashboard kendaraan saat ingin mulai mengemudi.

Mobil yang menggunakan fitur start engine atau keyless ignition system ini biasanya dilengkapi dengan kunci free on board (FOB). Kunci berfungsi untuk mengirimkan sinyal frekuensi rendah ke sistem komputer mobil yang kemudian akan di sinkronisasi dengan fitur start/stop engine untuk menghidupkan mesin. Jadi Anda perlu memastikan bahwa kunci FOB tersebut berada di dalam kendaraan jika ingin menghidupkan mesin menggunakan fitur Start Stop Engine tersebut.

Pada dasarnya, fitur Start Stop Engine sudah mulai digunakan sejak tahun 1990 dan awal 2000-an. Awalnya fitur ini hanya disematkan pada kendaraan mewah saja tetapi kini hampir semua mobil keluaran terbaru, seperti New Cortez yang sudah menggunakan sistem tersebut. Hadirnya fitur ini pastinya memberikan kemudahan dan kenyamanan pengemudi.

Fungsi Start Stop Engine

Fungsi Start Stop Engine

Tidak bisa dipungkiri jika teknologi otomotif mengalami peningkatan cukup signifikan dalam beberapa waktu belakangan ini. Banyak produsen mobil yang melakukan inovasi teknologi, salah satunya dengan fitur Start Stop Engine.

Start engine mobil merupakan fitur yang berbentuk tombol dan berada di dashboard mobil mobil masa kini. Tombol ini berfungsi untuk menggantikan peran kunci kendaraan. Jadi untuk menghidupkan atau mematikan mesin kendaraan Anda tidak perlu menggunakan anak kunci, cukup menekan tombol tersebut.

Fitur Start Stop Engine juga berfungsi sebagai fitur keamanan tambahan pada kendaraan. Fitur ini mampu memastikan bahwa mobil Anda tidak hidup pada waktu yang tidak tepat. Hal ini karena adanya teknologi keselamatan pra start untuk memastikan mobil dalam keadaan parkir. Selain itu, untuk menghidupkan mesin, kaki Anda juga harus menginjak rem sebelum menekan tombol Start Stop Engine.

Kelebihan Menggunakan Start Stop Engine

Kelebihan Menggunakan Start Stop Engine

Fitur Start Stop Engine tidak hanya berfungsi untuk kemudahan dan kenyamanan saja, namun juga sebagai keamanan tambahan. Nah, adanya tombol Start Stop Engine tentu memudahkan pemilik kendaraan untuk menghidupkan atau mematikan mesin kendaraan. Tidak hanya itu, sistem ini juga memberikan proteksi tambahan karena dapat mengurangi risiko terjadinya pembobolan mobil.

Lanta apa saja kelebihan lain dari fitur Start Stop Engine?

1. Lebih Praktis

1. Lebih Praktis

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh mobil dengan teknologi Start Stop Engine adalah lebih praktis dan mudah digunakan. Teknologi ini memungkinkan Anda bisa mengakses kendaraan dengan lebih mudah karena tidak membutuhkan anak kunci untuk menyalakan mesin mobil.

Tidak hanya itu, mobil dengan teknologi Start Stop Engine biasanya juga dilengkapi dengan smart key. Kunci ini juga bisa Anda manfaatkan untuk membuka pintu kendaraan secara otomatis. Cara ini pastinya akan memberikan kemudahan kenyamanan saat ingin berkendara.

2. Lebih Aman dari Risiko Pembobolan

2. Lebih Aman dari Risiko Pembobolan

Mobil dengan teknologi smart stop engine seperti pada New Cortez menawarkan keamanan yang lebih baik jika dibandingkan dengan mobil konvensional. Start engine terhubung dengan smart key yang hanya bisa diakses jika menerima sinyal khusus dari pemilik kendaraan.

Pintu kendaraan pada mobil keluaran terbaru ini hanya bisa dibuka dengan kode khusus yang pastinya sulit untuk ditiru. Teknologi ini akan menyulitkan maling untuk membobol mobil Anda. Hal ini tidak berlaku jika Anda menggunakan mobil dengan kunci konvensional yang sangat mudah diduplikasi.

3. Memberikan Kenyamanan Ekstra

3. Memberikan Kenyamanan Ekstra

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh mobil yang menggunakan teknologi smart stop engine ini adalah memberikan kenyamanan ekstra kepada pemiliknya. Sistem smart key yang melengkapi mobil jenis ini memiliki banyak fungsi khususnya untuk menambah kenyamanan.

Salah satu contohnya adalah Anda bisa menghidupkan AC mobil sebelum masuk ke kendaraan. Kelebihan ini pastinya cukup menguntungkan khususnya disaat kondisi panas sehingga ketika masuk mobil, udara di dalam kendaraan sudah cukup dingin sehingga membuat Anda akan lebih nyaman saat berkendara.

4. Menekan Konsumsi Bahan Bakar

4. Menekan Konsumsi Bahan Bakar

Sistem Start Stop Engine diketahui juga bisa menekan konsumsi bahan bakar. Hal ini ternyata cukup efektif dalam penggunaan bahan bakar dimana Anda bisa menghemat penggunaan BBM sekitar 3 persen.

Cara Kerja Start Stop Engine Mobil

Cara Kerja Start Stop Engine Mobil

Sistem Start Stop Engine terkoneksi dengan kunci FOB atau bisa juga disebut dengan smart key. FOB ini bisa Anda simpan di saku atau tas akan tetapi harus dekat dengan kendaraan jika ingin menggunakan tombol start engine.

Pada saat tombol start engine ditekan, FOB akan mengirimkan sinyal frekuensi ke sistem komputer kendaraan. Selanjutnya sinyal tersebut akan dikirimkan kembali ke tombol start engine yang ada di dashboard sehingga mesin kendaraan bisa dihidupkan. Untuk mematikan mesin kendaraan caranya juga sama. Anda hanya perlu menekan tombol Start Stop Engine dan mesin mobil secara otomatis akan berhenti.

Perlu diperhatikan, saat ingin menyalakan mesin kendaraan, Anda harus menekan tombol start engine dengan posisi kaki menginjak rem. Dengan cara seperti ini, barulah mesin kendaraan bisa hidup dan mobil dapat Anda gunakan untuk berkendara.

Start Stop Engine merupakan salah satu fitur yang sangat bermanfaat dan memudahkan bagi pemilik kendaraan. Tidak heran jika sistem ini dimiliki oleh mobil Wuling New Cortez. Tidak hanya itu, mobil MPV ini juga tersemat banyak teknologi canggih lainnya termasuk keyless entry yang memberikan banyak kemudahan dan keuntungan pengguna. Sistem keamanan menjadi pertimbangan yang penting untuk mobil ini.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer