Fungsi Mode Sport pada Mobil Matic dan Waktu Penggunaannya

23 June, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Fungsi Mode Sport pada Mobil Matic dan Waktu Penggunaannya

Mode sport merupakan salah satu fitur kendaraan yang populer. Anda tidak hanya menjumpainya di kendaraan sport mewah, melainkan pada mobil matic. Bagaimana kinerja, fungsi, sampai waktu penggunaan yang tepat mode sport pada mobil matic? Berikut ulasannya.

Pengertian Mode Sport pada Mobil Matic

Mode sport pada mobil matic merupakan fitur yang menawarkan peningkatan tenaga serta respon kendaraan. Hanya dengan sekali sentuh, fitur tersebut sudah bisa Anda rasakan di mobil matic.

Pengalaman berkendara yang lebih seru bisa didapatkan dengan mengaktifkannya. Kendaraan bekerja dengan performa lebih agresif. Hal ini disebabkan adanya sistem drive by wire yang membuat bukaan tutup katup lebih besar.

Mode sport ini juga bisa dikatakan sebagai gigi sport, dengan lambang tombol ā€œSā€ di mode pengoperasian. Sebagai informasi, selain mode sport, pengoperasian kendaraan umumnya memiliki beberapa macam, seperti:

  • D untuk Drive
  • N untuk Netral
  • R untuk Reserve,
  • dan S untuk Sport seperti yang sedang dibahas sekarang

Fungsi Mode Sport pada Mobil Matic dan Waktu Penggunaannya - 2

Fungsi Mode Sport pada Mobil Matic

1. Mengoptimalkan Performa Laju

Fungsi utama mode sport pada kendaraan matic agar performa laju mobil lebih optimal. Ketika gigi dengan kode S ini diaktifkan, putaran mesin akan dipertahankan ke yang lebih tinggi. Alhasil, tenaga lebih akan didapatkan.

2. Cocok untuk Medan Ekstrim

Mode sport berfungsi untuk melintas di jalanan menanjak. Contohnya, ketika Anda hendak ke area pegunungan yang medannya ekstrem. Selain itu, cocok untuk melakukan manuver seperti menyalip kendaraan di depan.

Saat menyalip atau menanjak, akselerasi yang cepat sangat diperlukan. Mode satu ini bisa memberikan hal tersebut, sehingga kecepatan dipertahankan saat di tanjakan.

Salah satu mobil yang dilengkapi dengan mode sport adalah Wuling Alvez. Menggunakan jenis transmisi CVT, mobil ini mengkonsumsi bahan bakar lebih efisien. Selain itu, juga membantu memberikan tenaga maksimal ketika mobil dijalankan dalam kondisi tertentu.

3. Aman Berkendara Saat di Turunan

Selain untuk menanjak, mode sport juga cocok digunakan ketika melewati turunan tajam. Saat hendak melewati turunan, aktifkan mode ini di angka 2. Hal ini akan membuat posisi transmisi menjadi otomatis. Angka 2 pada mode ini juga berguna sebagai engine brake. Tentu untuk melewati jalanan dengan turunan tajam bisa diandalkan.

Waktu Terbaik Pakai Mode Sport Mobil Matic

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, berkendara dengan memakai mode sport harus di momen yang tepat. Jika kecepatan berkendara dan situasinya memaksa Anda untuk konstan, mode satu ini tidak diperlukan.

Berbeda jika Anda hendak menyalip kendaraan di depan yang otomatis perlu kecepatan lebih. Mode satu ini bisa diaktifkan untuk mendukung kebutuhan akselerasi. Selain itu, jalanan yang menanjak juga cocok dengan mode ini. Misalnya, ketika Anda bepergian ke daerah pegunungan yang jalanannya tidak rata. Aktifkan mode ini untuk keamanan berkendara sekaligus kemudahan mengemudi.

Fungsi Mode Sport pada Mobil Matic dan Waktu Penggunaannya - 3

Cara Mengaktifkan Mode Sport Mobil Matic

Anda hanya perlu menekan tombol di tongkat persneling yang berlogo S. Untuk mobil-mobil masa kini, tulisan berpindah mode bisa ditampilkan di layar dashboard. Mode ini akan secara otomatis memberikan respon ke mesin agar lebih agresif.

Rentang jangkauan putar mesin lebih tinggi pasca pengaktifan dilakukan. Mode sport juga akan membuat konsumsi bahan bakar lebih besar karena tenaga yang diperlukan memang tinggi. Oleh karenanya, Anda perlu bijak jika ingin menggunakan fitur satu ini.

Kekurangan Mode Sport yang Harus Diperhatikan

1. Menguras BBM

Mengingat adanya peningkatan tenaga dan kecepatan, otomatis konsumsi bahan bakar juga berimbas. Mode sport dapat menguras bahan bakar sehingga harus dipakai secara bijak. Oleh karena itu, beberapa produsen kendaraan membuat tombol untuk mengaktifkannya. Tujuannya agar fitur ini tidak sembarang dipakai, hanya saat-saat tertentu untuk mendapat performa terbaik tanpa perlu khawatir boros BBM.

2. Tantangan untuk Daya Tahan Mesin

Mengaktifkan sport mode akan membuat mesin mendapat tekanan lebih besar. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi daya tahan mesin. Akan tetapi, menggunakannya secara bijak tentu lebih baik alih-alih memakai mobil tanpa mode sport.

Mesin harus disesuaikan kinerjanya dengan medan yang dilalui. Jika memang sering melalui medan tanjakan, mengaktifkan mode ini tentu menjadi kebutuhan. Sebagai catatan, Anda harus rajin melakukan servis rutin agar mesin tetap prima.

Kesimpulannya, mode sport pada mobil sangat membantu dalam melalui medan-medan tertentu. Tetapi karena menyebabkan bahan bakar lebih boros, maka sebaiknya gunakan fitur ini sesuai dengan kebutuhan agar pengalaman berkendara semakin mengesankan.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer