Fungsi Power Outlet Mobil & Penyebab Kerusakannya

2 February, 2023
clock-bold
3 menit membaca

Image Fungsi Power Outlet Mobil & Penyebab Kerusakannya

Kemudahan teknologi saat ini semakin memanjakan pemilik kendaraan, terutama pemilik mobil yang selalu bepergian, salah satunya adalah dengan adanya power outlet pada mobil masa kini. Komponen ini merupakan pengisi daya ponsel yang terdapat pada dashboard mobil. Dengan adanya komponen ini, Anda tidak perlu kerepotan lagi jika baterai smartphone Anda habis di tengah jalan.

Dalam beberapa kasus, bisa saja power outlet mobil berhenti dan tidak lagi berfungsi. Kira-kira apa yang menyebabkannya? Nah, untuk tahu lebih lanjut tentang apa itu power outlet mobil, fungsi, dan juga penyebab kerusakannya, yuk simak ulasan berikut ini!

Apa Itu Power Outlet pada Mobil?

Seperti yang sedikit dibahas sebelumnya, power outlet pada mobil adalah soket USB yang ada pada dashboard mobil yang berfungsi untuk mengisi daya ponsel. Dulunya bagian ini digunakan sebagai lighter, yaitu pemantik api untuk menyalakan rokok. Namun semakin kesini fungsi tersebut bergeser menjadi pengisi daya.

Itulah mengapa pada mobil-mobil keluaran terbaru, komponen ini tidak lagi digunakan untuk menyalakan rokok, melainkan sebagai stasiun pengisi daya portabel. Salah satunya pada mobil listrik Wuling Air ev yang memiliki fitur power outlet di bawah head unit sebagai pengisi daya ponsel, sehingga posisi ini memberi kenyamanan pengemudi untuk fokus menyetir

Fungsi Power Outlet pada Mobil

Fungsi power outlet pada mobil yang utama adalah sebagai pengisi daya baterai, baik ponsel maupun gadget lain seperti laptop atau tablet. Ini tentu memudahkan Anda ketika kehabisan baterai ponsel saat berkendara. Anda tak perlu berhenti untuk mencari colokan listrik, karena power outlet bisa mengatasinya. 

Fungsi Power Outlet Mobil & Penyebab Kerusakannya

Penyebab Power Outlet Rusak

Saat menggunakan power outlet untuk mengecas, Anda perlu hati-hati, dikarenakan bisa membahayakan diri sendiri dan sekitar jika digunakan dengan sembarangan. Risiko konsleting cukup besar sehingga berpotensi merusak gadget.  Tidak jarang bahwa bagian ini rusak atau tidak bisa digunakan sehingga daya baterai tidak dapat terisi. Lantas, apa saja yang menyebabkan power outlet rusak?

1.  Sumbatan pada Soket

Penyebab rusaknya power outlet mobil yang pertama adalah adanya sumbatan pada soket. Hal ini biasanya terjadi ketika dipasang secara vertikal sehingga barang-barang kecil mudah jatuh ke bagian dalam soket. Sumbatan tersebut dapat menghalangi aliran arus sehingga pengisi daya tidak berfungsi. Selain itu, benda-benda kecil yang masuk ke dalam soket juga dapat merusak bagian sirkuit.

2. Soket Power Putus

Penyebab kerusakan power outlet berikutnya adalah putusnya soket power sehingga daya tidak dapat terisi. Jika ini dibiarkan, maka bagian sekring juga bisa ikut putus. Inilah yang membuat komponen ini tidak berfungsi sama sekali. Selain itu, adanya masalah pada kabel juga bisa menjadi penyebab rusaknya komponen yang satu ini.

Cara Memperbaiki Power Outlet

Jika power outlet mobil Anda rusak dan tidak bisa berfungsi, maka Anda perlu mencoba memperbaikinya. Caranya adalah dengan memeriksa benda-benda asing yang kemungkinan jatuh ke dalam power outlet, seperti remahan makanan, mainan kecil, atau lainnya. Gunakan pinset untuk mengambilnya segera guna menghilangkan sumbatan.

Selain itu, Anda juga perlu memeriksa daya serta ground pada soket dengan menggunakan lampu uji. Periksa daya pada soket tersebut, jika tidak ada maka periksalah bagian sekringnya. Jika masih belum ada daya, maka periksalah sambungannya, apakah putus atau tidak. Jika power outlet putus dan tidak dapat digunakan lagi, Anda perlu menggantinya atau membawanya ke bengkel terdekat guna dilakukan perbaikan. 

Itulah ulasan lengkap tentang pengertian dan fungsi power outlet serta penyebab kerusakannya yang perlu Anda tahu. Kerusakan yang terjadi memang terlihat sepele, namun dapat mengurangi kenyamanan Anda dalam berkendara. Oleh sebab itu, segera atasi kerusakannya agar power outlet dapat digunakan kembali. Semoga bermanfaat!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer