Fungsi & Bagian-Bagian Dashboard Mobil

29 April, 2021

Image Fungsi & Bagian-Bagian Dashboard Mobil

Dashboard mobil merupakan salah satu bagian dari interior mobil yang biasanya ditempatkan di bagian depan mobil. Fungsinya adalah sebagai tempat atau rumah untuk setiap bagian mobil dan berbagai panel indikatornya, serta menjadi batas antara bagian depan mobil dengan pengendara.

Desain dashboard sangatlah bervariasi, tergantung dari brand dan fitur yang dipakai. Semakin canggih penerapan fiturnya, maka kondisi dashboard akan semakin berkualitas.

Sekilas Tentang Dashboard Mobil

Sekilas Tentang Dashboard Mobil

Dashboard memang memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah mobil, karena performa dan tampilan mobil akan terlihat jelek tanpa adanya dashboard. Apabila mobil Anda tidak menggunakan dashboard, maka saat berkendara akan terasa tidak nyaman.

Dashboard memiliki banyak sekali komponen atau bagian yang saling terhubung dan saling mendukung satu sama lain. Sebelum Anda memahami lebih jauh mengenai komponen mobil secara keseluruhan, sebaiknya Anda pahami dulu mengenai berbagai komponen yang ada di dashboard mobil.

Fungsi & Bagian Dashboard Mobil

1. Lampu Indikator Mobil

Lampu Indikator Mobil

Lampu indikator mobil menjadi salah satu komponen atau bagian yang terdapat dalam sebuah dashboard. Lampu indikator biasanya akan mendapatkan perhatian khusus dari para pengendara, karena posisinya berada tepat di depan pengendara.

Lampu indikator bisa menunjukkan temperatur mesin, pintu, indikator airbag, rem, check engine, RPM, speedometer, sabuk pengaman dan odometer. Semua barisan indikator yang disebutkan memang memiliki fungsi yang berbeda-beda.

2. Laci Mobil

Laci Mobil

Laci mobil biasanya berada tepat di bagian depan penumpang dan berfungsi untuk menyimpan berbagai jenis barang. Sebenarnya, ada beberapa barang yang wajib disimpan di dalam laci mobil, namun banyak pengendara yang mengabaikannya.

Barang yang wajib disimpan di laci mobil biasanya charger ponsel, senter, peralatan P3K, buku manual dan buku dokumen asuransi mobil. Keberadaan barang-barang tersebut sangatlah penting, sehingga laci mobil perlu diperhatikan.

3. Kunci kontak

Kunci kontak

Pada dasarnya, kunci kontak mobil biasanya berada di bagian bawah kanan setir mobil. Kegunaan dari kunci kontak adalah untuk menaruh kunci mobil supaya memudahkan Anda agar lebih praktis saat harus menyalakan mobil.

4. Tuas

Fungsi _ Bagian Bagian Dashboard Mobil 2.4 1000x569

Tuas mobil biasanya berada di bagian sisi kiri dan kanan setir mobil. Tuas berfungsi untuk menyalakan lampu sein saat akan berbelok, menyalakan lampu depan saat malam hari dan menyalakan lampu kabut saat kondisi cuaca sedang berkabut.

Untuk tuas transmisi yang dipakai dalam mobil adalah tuas yang berfungsi untuk memindahkan gigi pada sistem transmisi mobil. Dengan adanya tuas transmisi, maka Anda bisa menambah laju kendaraan atau menurunkan laju kendaraan dengan cara memindahkan gigi.

5. Head Unit

Head Unit

Secara umum, head unit menjadi pusat entertainment dari sebuah mobil. Dengan adanya head unit, maka Anda bisa memasang musik atau menyambungkan ke ponsel untuk menelpon. Jika mobil tidak dilengkapi dengan head unit, maka nuansa di dalam mobil akan membosankan.

Head unit yang ada dipasaran memiliki 2 ukuran yaitu ukuran yang 1 DIN atau single DIN dan ukuran yang 2 DIN atau double DIN. Secara artian, DIN merupakan singkatan dari Deutsche Institut fur Normung yang menjadi standar ukuran dalam pembuatan produk head unit.

6. Pusat Kontrol Fitur Mobil

Pusat Kontrol Fitur Mobil

Lalu, ada juga bagian pusat kontrol dari fitur mobil yang posisinya berada di bagian tengan dashboard. Pusat kontrol ini biasanya terdiri dari pengaturan lampu hazard, AC dan lainnya. Pengendara akan sangat mudah untuk menjangkau bagian ini.

New Confero S memberikan semua teknologi dan kelebihan pada dashboard mobil untuk meningkatkan kenyamanan saat mengendarai mobil melalui konsep Youth and Sporty yang diusungnya. Tampilan dashboard yang mewah dan elegan akan meningkatkan aura modern saat berkendara.

Head unit dengan ukuran 8 inci dan touchscreen ini akan membuat perjalanan Anda semakin mudah, fitur yang ada pada New Confero S akan sangat mudah diakses sepanjang perjalanan.

Selain itu, fitur lain yang menjadi keunggulan adalah TPMS, dengan menggunakan fitur ini semua informasi terkait tekanan ban mobil akan sangat mudah ditemukan pada layar Multi Information Display (MID) yang dapat ditemui pada dashboard New Confero S.

Dengan adanya fitur yang sangat canggih ini membuat perjalanan Anda semakin nyaman karena selalu mendapatkan informasi terkini terkait tekanan ban mobil. Tidak hanya itu saja, fitur ini juga akan mencegah Anda terkena modus kejahatan ban mobil kempes karena Anda bisa mengeceknya langsung dari fitur TPMS.

Selain TPMS, perjalanan Anda akan semakin nyaman dengan adanya Clear Rear Parking Camera yang dapat memberikan Anda visual yang cukup luas saat sedang memundurkan mobil karena akan langsung terlihat pada head unit yang ada di dashboard.

Itulah penjelasan singkat mengenai dashboard mobil dan semua bagian yang ada di dalamnya untuk menambah informasi Anda seputar mobil. Semoga bermanfaat!

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer