4 Hal yang Menyebabkan Mesin Ngelitik di Mobil | Wuling

Auto Tips

4 Hal yang Menyebabkan Mesin Ngelitik di Mobil

19 Januari, 2020

Image 4 Hal yang Menyebabkan Mesin Ngelitik di Mobil

Anda pernah mendengar suara mesin ngelitik pada mobil Anda? Suara ngelitik tersebut bahasa teknisnya adalah knocking atau detonation (detonasi) atau lengkapnya engine knocking. Ciri-ciri terjadi engine knocking adalah munculnya suara ngelitik pada mesin mobil yang cukup keras disertai munculnya getaran mesin dengan irama yang sama dengan suara tersebut.

Mesin knocking atau ngelitik juga sering dikeluhkan jika Anda berupaya untuk menaikkan kecepatan akselerasi atau mungkin di waktu mobil melibas jalanan menanjak. Beberapa hal yang menyebabkan mesin mobil ngelitik

Bahan Bakar Berkualitas Rendah

Bahan Bakar Berkualitas Rendah

Menggunakan bahan bakar yang kualitas rendah dapat menyebabkan naiknya temperatur dan tekanan di dalam ruang bakar mesin. Akibatnya bensin tidak terbakar dengan sempurna dan menyisikan senyawa yang menempel dalam ruangan silinder.

Baca juga: Cara Melakukan Pemeriksaan Mobil Rutin Sehari-Hari

Deposit Pada Dinding Silinder

Deposit Pada Dinding Silinder

Deposit ini mengambil ruang penting yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi normal mesin yaitu pencampuran udara dan bahan bakar. Deposit yang tebal dapat meningkatkan kompresi dalam silinder, dan jika kompresi yang lebih tinggi ini tidak diperkirakan juga dapat menyebabkan knocking.

Busi yang Salah

Busi yang Salah

Busi membantu mengontrol lingkungan internal mesin dan beroperasi dengan kondisi yang presisi, busi yang salah menciptakan kondisi yang kurang optimal untuk pembakaran bahan bakar.

Baca juga: Mesin Turbo dan Transmisi Wuling Cortez CT

Penyebab Lain

Penyebab Lainnya

Ini juga termasuk penyebab knocking pada mesin, yakni: injeksi kotor, knock sensor rusak, piston ring salah, valve seal, dan ada kemungkinan mesin berjalan terlalu panas. Pemicu yang lain yaitu, injektor atau mungkin karburator mobil yang punya masalah.

Setiap penyebab/kerusakan diatas memiliki solusi dan penanganan tertentu, dan biasanya perbaikannya tidak rumit. Namun, hal tersebut tidak menjamin bunyi knocking akan hilang. Dapat terjadi salah mendiagnosa penyebab knocking, dan mungkin saja terdapat lebih dari satu penyebab, untuk lebih memastikan sebaiknya Anda mungkin harus berkonsultasi dan mengunjungi bengkel yang terpercaya.

Jika Anda hanya baru-baru saja mendengar bunyi knocking dan berpikir bahwa ada masalah dengan mobil Anda, ada beberapa langkah yang dapat diambil :

  1. Mencoba Menggunakan Bahan Bakar Berkualitas Tinggi

    Pastikan Anda membeli bahan bakar dengan nilai oktan sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil – informasi ini dapat di baca pada buku panduan atau pada stiker di dekat tutup tangki bensin mobil. Kebanyakan mobil di Indonesia merekomendasikan dengan oktan 90+.

  2. Periksalah Busi Mobil Anda

    Ini adalah proses yang sederhana, tetapi jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki alat yang tepat, lebih baik diserahkan kepada bengkel yang Anda pilih. Setelah busi sudah keluar, Anda dapat membandingkan nomor model dengan rekomendasi pabrik (yang dapat ditemukan dalam buku manual mobil). Jika busi mobil Anda adalah jenis yang tepat dan dalam kondisi baik, berarti mobil Anda punya masalah lain.

Pilihlah bengkel yang tepat dan terpercaya untuk mobil Wuling Anda, sehingga permasalahan yang terjadi ketika mengalami mesin mobil ngelitik dapat teratasi dengan tuntas.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik