Kenali Fungsi & Cara Kerja Thermostat Mobil | Wuling

Auto Tips

Kenali Fungsi & Cara Kerja Thermostat Mobil

22 Juli, 2021

Image Kenali Fungsi & Cara Kerja Thermostat Mobil

Dalam mesin mobil terdapat banyak komponen yang saling terhubung dengan tingkat kompleksitas tinggi. Perputaran mesin yang sangat tinggi pada mesin ini mengakibatkan suhu dalam mesin menjadi meningkat. Oleh karena itu, dibutuhkan satu komponen yang memiliki peran penting untuk menjaga suhu mesin tetap dingin dan stabil. Salah satunya adalah thermostat pada mobil untuk mendinginkan suhu mesin.

Apa saja fungsi thermostat dan bagaimana cara kerjanya pada mobil?

Fungsi Thermostat Mobil

Fungsi Thermostat Mobil

Thermostat adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendinginan mobil, fungsi utamanya adalah mengatur sirkulasi pendinginan mesin dari radiator untuk mencegah terjadinya overheat pada mesin. Sementara sistem pendinginan mesin berfungsi supaya temperatur di dalam mesin tetap berada pada kondisi yang ideal. Thermostat terletak di dalam saluran air yang berasal dari mesin ke radiator.

Kondisi suhu ideal pada mesin berada di kisaran 80-92 derajat celcius, karena pada suhu ini proses pembakaran pada mesin akan sangat optimal. Dimana tenaga mesin berada pada kondisi terbaiknya dan pemakaian BBM sangat efisien.

Cara Kerja Thermostat Mobil

Cara Kerja Thermostat Mobil

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa fungsi utama thermostat adalah untuk menjaga suhu mesin berada pada titik yang ideal. Cara kerja thermostat akan mengikuti kinerja komponen pendingin mesin yang lain.

Pertama, water pump akan memompa air menuju ke mesin yang akan mengalir melalui water jacket. Pada tahap ini air akan mengalir di sekitar mesin untuk menangkap suhu panas yang ada di dalam mesin. Kemudian air akan keluar melalui selang dan kemudian air akan masuk ke bagian atas radiator.

Pada proses ini suhu mesin akan mengalami penurunan karena terbawa air pendingin yang terdapat di radiator. Suhu panas yang masuk ke dalam radiator akan dilepaskan melalui kisi-kisi radiator untuk kemudian didinginkan oleh kipas yang terdapat di balik radiator.

Air yang sudah turun suhunya setelah melalui kisi radiator akan keluar dari selang yang terdapat pada bagian bawah radiator untuk selanjutnya kembali dipompa menuju mesin dan melakukan proses penurunan suhu mesin kembali. Proses ini terjadi secara berulang kali saat mesin bekerja terutama pada saat mesin berada dalam suhu maksimal.

Namun pada saat mesin berada dalam kondisi dingin, air yang berputar ini akan tertutup oleh thermostat supaya sirkulasi air tidak berjalan melalui radiator supaya mesin mobil dapat mencapai suhu optimal. Thermostat kemudian akan terbuka pada suhu 850-900 derajat celcius untuk memberikan jalan ke air pendingin melakukan proses pendinginan mesin yang melewati radiator.

Secara mudahnya, thermostat berperan sebagai sakelar pada sistem pendinginan mobil. Pada saat yang dibutuhkan, thermostat akan bekerja untuk mengatur proses pendinginan mesin.

Jenis Thermostat Mobil

Berdasarkan jenisnya, thermostat mobil terbagi jadi dua, yaitu tanpa katup bypass dan dengan katup bypass. Apa saja perbedaan antara keduanya? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Thermostat Tanpa katup Bypass

Thermostat Tanpa katup Bypass

Thermostat jenis ini biasanya digunakan pada mobil keluaran lama, sudah sangat jarang mobil keluaran baru yang masih menggunakan jenis ini. Thermostat ini dapat ditemukan pada saluran masuk radiator dan masih belum dilengkapi dengan saluran cadangan yang dapat membuat air pendingin mengalir saat ada kerusakan pada thermostat. Air akan terjebak di radiator dan water jacket saat mesin mobil pada kondisi dingin.

Kelebihan thermostat jenis ini adalah harganya yang murah. Walaupun begitu, ada beberapa kekurangan pada thermostat tanpa katup bypass. Saat terjadi kerusakan, thermostat tanpa katup bypass tidak memiliki saluran pengaman. Selain itu tidak ada saluran air yang akan menjadi pendingin saat mesin mobil berada pada suhu tinggi.

2. Thermostat Dengan Katup Bypass

Thermostat Dengan Katup Bypass

Berbeda dengan jenis sebelumnya, thermostat dengan katup bypass sudah umum ditemui pada mobil keluaran terbaru. Thermostat jenis ini dapat ditemui pada saluran keluar radiator dan memiliki katup bypass yang menjadi satu dengan thermostat. Pada jenis ini water coolant tidak dapat bersirkulasi pada radiator namun akan mengalir dari water jacket menuju thermostat yang akan masuk ke dalam water pump dan dipompa kembali menuju water jacket.

Kelebihan dari thermostat dengan katup bypass ini adalah terdapat saluran pengaman saat ada kerusakan dan dapat segera mendinginkan suhu mesin yang panas karena memiliki katup bypass. Sementara itu kekurangannya adalah harganya yang mahal karena memiliki konstruksi yang cukup rumit.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik