Penjelasan Lengkap Planetary Gear: Fungsi, Komponen, Perawatan

29 January, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Penjelasan Lengkap Planetary Gear: Fungsi, Komponen, Perawatan

Bagi pemilik mobil, terutama mobil matic, mungkin pernah mendengar komponen planetary gear. Ini merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang memiliki fungsi cukup vital, yaitu mengatur dan menjalankan transmisi. Planetary gear memiliki susunan gigi gear yang bentuknya hampir mirip dengan susunan planet atau tata surya. Itulah mengapa komponen ini disebut planetary gear.

Apa yang membuatnya begitu penting? untuk tahu lebih lanjut tentang apa itu planetary gear, fungsi, dan komponennya, simak ulasan berikut ini!

Pengertian Planetary Gear

Planetary gear adalah set roda gigi yang terdiri dari komponen-komponen penting di dalamnya, seperti ring gear, sun gear, dan lainnya. Komponen-komponen tersebut membentuk susunan yang saling terhubung satu sama lain.

Peran planetary gear pada kendaraan sangat penting, terutama pada mobil dengan transmisi matic. Gunanya yaitu untuk mengatur gerak dan kecepatan mobil sehingga distribusi beban pada roda gigi lebih merata. Hampir sebagian besar mobil matic keluaran baru menggunakan planetary gear, termasuk pada Almaz RS. Terlebih pada mobil SUV Wuling ini sudah dilengkapi dengan teknologi CVT yang membuat perpindahan giginya lebih halus dan responsif saat dikendarai dengan kecepatan yang sudah diatur pengemudi.

Fungsi Planetary Gear

Seperti yang sedikit disinggung di atas, fungsi dari planetary gear adalah mengatur transmisi pada mobil, termasuk mengatur kecepatannya. Dengan adanya komponen ini, pengemudi akan lebih mudah dalam menaikkan dan menurunkan kecepatan.

Tidak hanya itu, planetary gear juga berfungsi untuk mengatur gerak mobil, yaitu gerakan maju dan mundur. Fungsi ini sangat menguntungkan pengemudi karena memudahkan dalam mengemudikan mobil.

Cara Kerja Planetary Gear

Cara Kerja Planetary Gear

Planetary gear terdiri dari komponen-komponen yang saling berhubungan, antara lain ring gear, sun gear, dan planetary pinion gear. Masing-masing komponen bekerja sesuai dengan perintah. Komponen-komponen tersebut dapat berputar dan ditahan

Ketika ring gear ditahan, maka mobil akan melesat dengan kecepatan maksimal sehingga terjadi peningkatan torsi. Dan ketika sun gear ditahan, maka ring gear berperan sebagai penggerak sehingga kecepatan mobil akan menurun.

Komponen Planetary Gear

Planetary gear terdiri dari 3 komponen, yaitu sun gear, ring gear, dan planetary pinion gear. Berikut penjelasan detailnya.

1. Ring Gear

Komponen ring gear terletak pada bagian luar planetary gear. Komponen ini berperan sangat penting yaitu sebagai tuas bagi seluruh komponen. Ring gear dipasang bertautan dengan pinion gear yang terhubung dengan gear pusat. Itulah mengapa kinerja ring gear juga dipengaruhi oleh gear pusat.

2. Sun Gear

Pada planetary gear juga terdapat sun gear yang memiliki gigi sedikit bila dibandingkan dengan ring gear. Sun gear seperti namanya berperan layaknya matahari sebagai pusat tata surya, yaitu pusat pada planetary gear. Sun gear merupakan poros dari seluruh komponen planetary gear. Sun gear terdiri dari 2 jenis, yaitu helical gear dan spur gear.

3. Planetary Pinion Gear

Komponen ketiga dari planetary gear adalah planetary pinion gear. Ini merupakan komponen yang mengelilingi poros atau pusat dan saling berhubungan dengan gigi lainnya. Planetary pinion gear memiliki diameter yang lebih kecil dan terpasang melingkari sun gear dan dikelilingi oleh ring gear.

Cara Merawat Planetary Gear

Cara Merawat Planetary Gear

Mengingat planetary gear merupakan komponen yang sangat penting pada mobil terutama mobil matic, maka Anda perlu merawatnya agar tidak cepat rusak. Terlebih komponen ini memiliki gigi yang cukup banyak yang saling terhubung satu sama lain sehingga perawatannya harus intens.

Cara merawat planetary gear agar performanya baik adalah dengan membersihkan bagian gear secara rutin. Gear sangat mudah kotor karena komponennya yang saling terhubung satu sama lain. Ketika gear tidak dibersihkan secara teratur, maka kinerja planetary gear juga terganggu. Komponen di dalamnya bisa macet dan tidak bisa berputar dengan baik.

Tentu hal tersebut membuat pengemudi sulit menggerakkan mobil dan mengatur kecepatan. Selain itu, untuk menghindari aus pada bagian transmisi, perlu diberi pelumas secara rutin. Komponen pada transmisi memang berpotensi aus karena waktu yang penggunaan yang lama.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang planetary gear yang sebaiknya Anda tahu. Dengan tahu fungsi dan kegunaan serta cara merawatnya, mobil Anda akan lebih awet dan nyaman untuk dikendarai.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer