Manfaat Cat Anti Karat pada Mobil Kesayangan Anda

30 September, 2023
clock-bold
5 menit membaca

Image Manfaat Cat Anti Karat pada Mobil Kesayangan Anda

Manfaat cat anti karat pada mobil sangat penting, pasalnya karat yang ditemukan pada mobil bisa menjadi sebuah awal dari kerusakan yang parah. Karat-karat yang dibiarkan terus-menerus, pasti akan melebar pada komponen mobil lain yang terbuat dari logam yang rentan dengan udara dan air.

Karena karat yang menyebar ini membuat beberapa komponen menjadi keropos dan melemah sehingga mudah rusak hingga hancur, seperti bagian bodi mobil maupun rangka yang sangat membutuhkan cat anti karat.

Salah satu cara untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan memberikan cat anti karat agar bodi mobil maupun rangka mobil lebih awet. Dalam memberikan cat anti karat, bisa dilakukan untuk mobil baru maupun lama.

Memberikan perlindungan berupa cat anti karat tentu akan membuat pengguna kendaraan semakin nyaman. Karena sudah terlindungi, maka mobil akan terbebas dari korosi yang biasanya banyak ditemui setelah musim hujan.

Beberapa bagian yang perlu diperhatikan untuk diberikan cat anti karat adalah bagian bawah kendaraan, rumah ban, sistem pembuangan, ruang mesin dan tangki BBM, hingga rangka. Agar mobil kesayangan Anda terbebas dari ancaman karat, simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat Anti Karat pada Mobil

Manfaat Anti Karat pada Mobil

Menggunakan lapisan anti karat, baik berupa cat maupun lapisan yang terbuat dari bahan karet, akan memberi kenyamanan saat menggunakan mobil dalam berbagai kondisi, begini manfaatnya:

1. Bagian Mobil yang Dilapisi Anti Karat Menjadi Awet

Manfaat paling utama dari anti karat pada mobil adalah memberikan perlindungan kepada berbagai komponen yang dilapisi. Dengan cara ini, komponen tersebut akan terbebas dari karat yang membuat usia pakainya semakin awet dan tidak mudah terkena korosi.

Pasalnya bila ditemukan karat pada satu bagian mobil, bisa jadi ada bagian lain yang juga terkena karat. Seperti bagian bodi yang tertutup karpet, rangka, maupun kolong mobil. Apabila sudah terjadi demikian, harus segera ditangani agar tidak melebar pada bagian lainnya.

Bahan logam pada mobil memang lebih mudah terkena korosi karena terpapar udara maupun air. Biasanya mobil yang sering melewati genangan air atau banjir akan lebih cepat berkarat.

2. Mengurangi Suara Bising pada Putaran Roda dan Mesin

Memberikan anti karat pada mobil ternyata dapat mencegah suara bising yang timbul karena putaran roda dan mesin. Apabila terdapat karat pada bagian roda mobil, tidak jarang menimbulkan suara bising yang mengganggu hingga kabin.

Begitu pula pada bagian mesin, apabila mobil dilapisi dengan anti karat yang dapat menyerap kebisingan, tentunya akan mengurangi suara bising dari mesin mobil.

3. Tetap Tenang dalam Melewati Berbagai Medan

Salah satu medan yang cukup dihindari oleh sejumlah pengguna kendaraan, terutama mobil adalah genangan air yang tinggi dan banjir. Pasalnya air dari genangan dan banjir dapat menimbulkan karat yang merusak berbagai komponen mobil.

Apabila mobil sudah menggunakan anti karat, tentu akan merasa nyaman apabila sesekali melewati genangan air maupun jalan berlumpur. Namun, jangan sampai dibiarkan cukup lama, setelah melewati genangan air dan lumpur, alangkah lebih baik untuk mencuci mobil dengan bersih agar kotorannya tidak menempel.

4. Mengurangi Biaya Perawatan Karena Karat

Mencegah lebih baik daripada memperbaiki, apabila bagian penting pada mobil sudah dilapisi dengan anti karat akan membuat mobil terbebas dari korosi. Biaya perawatan untuk mengatasi karat memang bervariasi tergantung dari kerusakannya.

Agar menghindari biaya yang berlebihan dalam perawatannya, alangkah lebih baik untuk menjaga komponen pada mobil dengan lapisan anti karat sehingga nyaman saat menggunakannya.

5. Menjaga Tampilan Mobil

Salah satu manfaat dari lapisan anti karat adalah untuk mempertahankan penampilan mobil untuk terlihat bersih. Apabila ada karat, penampilannya tentu akan berkurang dan terlihat kotor. Siapa saja yang memiliki mobil pasti ingin menjaga penampilan kendaraannya agar nyaman untuk dipandang maupun nyaman untuk digunakan.

6. Menjaga Nilai Jual Kembali

Nilai jual kembali mobil yang berkarat, sudah pasti akan turun karena pembeli akan menawar dengan harga di bawah pasaran karena munculnya karat pada beberapa bagian mobil.

Bagi sebagian orang yang menganggap mobil sebagai salah satu aset penting, tentu akan menjaga nilai jual kembali mobil agar tetap berada di harga pasaran. Maka dari itu sangat penting untuk memberikan lapisan anti karat pada mobil agar harga jualnya tidak turun drastis.

7. Menghindari Karat pada Mobil

Paling penting dalam menggunakan lapisan anti karat, adalah untuk menghindari karat pada mobil karena terpapar oleh udara maupun air. Terkadang ada air yang terjebak pada bagian mobil yang membuatnya mudah berkarat. Menggunakan lapisan anti karat ini tentu akan membuat semakin nyaman dalam menggunakan mobil dan terbebas dari karat.

Cat Anti Karat Mobil

Sampai saat ini sudah banyak cat anti karat mobil yang dijual di berbagai toko otomotif. Anda bisa menemukan cat anti karat ini dengan berbagai varian dan harga. Pastikan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Karena setiap cat anti karat pasti memiliki kegunaan untuk menjaga bodi dan rangka mobil dari karat. Namun dari banyaknya merek yang ada pasti akan memiliki ketahanan dengan waktu tertentu, baik kekurangan maupun kelebihan.

Cuci Mobil Anti Karat

Cuci Mobil Anti Karat

Mencuci mobil secara berkala akan membuat kendaraan Anda terbebas dari karat. Apabila mobil jarang dicuci, biasanya akan banyak sekali kotoran yang menempel pada bagian kolong mobil. Kotoran-kotoran yang menempel inilah nantinya dapat menimbulkan karat pada bagian mobil.

Maka dari itu perlu dilakukan pencucian secara rutin, seperti seminggu satu kali. Pencucian mobil ini bisa menggunakan air bertekanan yang dapat merontokkan kotoran tanpa merusak lapisan anti karat yang sudah ada.Selain itu bisa menggunakan cairan HF atau dikenal dengan Hidrogen Fluorida. Cairan ini mampu membersihkan kotoran yang menempel pada mobil terutama pada bagian kolong mobil ketika menggunakan sabun tidak mempan.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer