7 Cara Menghilangkan Karat pada Besi Mobil

19 October, 2020
clock-bold
4 menit membaca

Image 7 Cara Menghilangkan Karat pada Besi Mobil

Tidak sedikit pengguna mobil yang pusing saat karat sudah mulai muncul. Semua orang mendambakan mobil yang bebas karat karena akan terlihat lebih bersih dan lebih bernilai saat mobil akan dijual. Namun, tahukah kalau sebenarnya Anda pun bisa menghilangkan karat pada besi mobil cukup mudah dengan cara sendiri?

Seiring perkembangan waktu, karat pada mobil akan menyebar dari satu titik ke banyak bagian mobil akibat paparan udara dan tingkat kelembaban udara. Dari keadaan ini, logam pada mobil mulai mengalami oksidasi atau korosi.

Agar hal ini tidak terjadi sebaiknya memang tidak malas untuk membersihkan mobil secara berkala. Namun kalau sudah terjadi dan penyebaran karat begitu parah maka Anda membutuhkan beberapa tindakan tertentu.

Untuk melakukan tindakan pencegahan dan menghilangkan karat dengan langkah yang benar, Anda bisa mengikuti tips sederhana cara menghilangkan karat dari kami berikut ini:

Amplas dan Cat Ulang

Amplas dan Cat Ulang

Tindakan ini dilakukan apabila karat sudah mulai mengkhawatirkan dan bisa menyebar ke bagian mobil yang lain. Langkahnya adalah dengan mengamplas bagian mobil yang sudah mulai berkarat, Anda bisa menggunakan amplas manual atau bisa juga menggunakan sander dan grinder kalau permukaannya cukup luas.

Setelah Anda memastikan bagian yang berkarat sudah bersih, tinggal gunakan cat primer sebagai lapisan pertama, cat di lapisan kedua dan clear coat untuk bagian finishing. Jangan lupa cuci dan poles mobil bagian yang di cat supaya hasilnya bagus.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Mobil Saat PSBB Selama di Rumah Saja

Dempul

Dempul

Tindakan ini hampir mirip dengan poin sebelumnya, namun perbedaanya cara ini digunakan apabila karat sudah melubangi bagian mobil. Langkahnya adalah membersihkan bagian berkarat dengan menggunakan amplas atau grinder, lalu setelah itu tutup dengan dempul supaya lubang dapat tertutup dengan baik.

Selanjutnya, Anda bisa mengecat dengan cat primer sebagai lapisan pertama, cat di lapisan kedua dan clear coat untuk finishing. Namun sebelum melakukan pengecatan pastikan sudah meratakan dempul dengan menggunakan amplas.

Baca Juga: Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap

Cuka

Cuka

Apabila karat sudah mulai terlihat tanda tandanya, Anda bisa menghilangkan karat dengan cara mudah dengan menggunakan cuka. Kandungan asam asetat dan asam sitrat sangat efektif menyingkirkan karat.

Langkah yang harus Anda lakukan adalah bongkar bagian yang terkena karat dan rendam dengan air cuka selama 1-2 hari. Apabila karat masih terlihat, Anda bisa melanjutkan perendaman hingga karatnya hilang. Anda juga bisa menggunakan sikat untuk hasil yang lebih efektif.

Baca Juga7 Cara Merawat Mobil Pada Saat Musim Hujan

Lemon / Jeruk Nipis

Lemon / Jeruk Nipis

Lemon atau jeruk nipis tidak hanya efektif untuk menghilangkan noda pada baju, namun kandungan dalam buah lemon juga sangat efektif untuk menghilangkan karat pada mobil dengan cara yang cukup mudah. Langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan menaburi bagian yang berkarat dengan garam lalu rendam dalam air lemon atau jeruk nipis. Anda juga bisa menggunakan sikat atau penggosok alumunium untuk hasil lebih efektif.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Meninggalkan Mobil Terlalu Lama?

Baking Soda

Baking Soda

Bahan aktif dalam baking soda ternyata sangat ampuh untuk menyingkirkan berbagai macam noda termasuk juga menyingkirkan karat dari mobil. Cara menghilangkan karat dengan menggunakan baking soda juga terbilang cukup mudah, Anda hanya cukup menyikat bagian karat pada mobil dengan air yang sudah dicampur dengan baking soda. Lakukan beberapa kali untuk hasil yang lebih baik.

Baca Juga: 6 Komponen Mobil yang Perlu Dicek Saat Musim Hujan

Rust Remover

Rust Remover

Selain menggunakan cuka, lemon dan baking soda, Anda juga bisa menggunakan rust remover yang merupakan cairan khusus untuk menghilangkan karat dengan cara yang mudah. Langkah yang harus Anda lakukan adalah merendam bagian yang berkarat selama 15 menit hingga 8 jam (tergantung usia karat) lalu sikat dengan menggunakan sikat besi. Harga rust remover yang berkualitas berkisar antara Rp 100.000-Rp 150.000 untuk 1 liternya.

Baca Juga: 6 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Kecewa

Bawa ke Bengkel Resmi

Bawa ke Bengkel Resmi

Apabila keluarga Wuling mengalami hal ini, Anda tinggal bawa saja ke dealer resmi Wuling terdekat di kota Anda. Tenaga ahli yang ada di bengkel resmi Wuling akan melakukan perawatan secara menyeluruh mulai dari menghilangkan karat sampai dengan memberikan perlindungan terhadap karat. Mobil Anda yang mengalami permasalahan dengan karat akan kembali seperti semula tanpa harus repot dan menunggu waktu yang lama.

Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, Wuling dengan program #SuperBerani memberikan layanan safety secara optimal dan menyeluruh dengn mengutamakan kesehatan para pengguna mobil Wuling.

Semoga dengan adanya informasi ini, Anda sudah bisa memahami apa saja yang harus dilakukan saat menemui karat. Anda bisa melakukan beberapa cara menghilangkan karat sendiri dirumah tanpa kendala lagi. Semoga membantu Keluarga Wuling!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer