Manfaat Coating Mobil Supaya Tampilan Tetap Kinclong | Wuling

Auto Tips

Manfaat Coating Mobil Supaya Tampilan Tetap Kinclong

27 Juli, 2020

Image Manfaat Coating Mobil Supaya Tampilan Tetap Kinclong

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melindungi cat mobil. Salah satunya memoles mobil supaya tampilan catnya mirip dengan mobil baru. Kalau bicara soal cat di zaman sekarang, pasti sering mendengar istilah coating pada mobil dan tahukah bahwa ada berbagai manfaat yang didapat dengan melakukan coating mobil.

Coating mobil pada dasarnya mirip dengan memoles mobil dan merupakan bagian dari proses auto detailing. Bedanya, bila memoles mobil biasa pada saat finishing hanya menggunakan polesan wax. Sementara coating mobil biasanya menggunakan lapisan berbahan keramik berteknologi nano pada saat finishing.

Perawatan mobil dengan cara coating ini disebut ampuh untuk membuat catnya lebih awet. Mengapa demikian? Karena ceramic coating mampu mereduksi oksigen dalam pemakaian sehari-hari.

Namun ada juga sederet keuntungan lain saat melakukan coating mobil. Berikut ini penjelasannya.

Ekstra Perlindungan dari Sinar UV

Ekstra perlindungan dari sinar SUV

Sinar ultraviolet kerap disebut sebagai penyebab cepat pudarnya cat pada mobil Anda. Makanya jangan heran kalau cat mobil Anda cepat pudar jika keseringan di parkir di bawah paparan sinar matahari langsung.

Coating membuat mobil tampak mengkilap dan terlihat seperti baru. Lapisan coating juga dapat melindungi dari sinar UV langsung, sehingga cat mobil Anda tak mudah memudar ataupun kusam karena teroksidasi cahaya matahari.

Perlu diingat, sebelum melakukan coating pada mobil ada baiknya untuk memastikan kondisinya bersih. Hal itu dilakukan untuk menghindari goresan nantinya.

Baca juga: Cara Merawat Cat Mobil Agar Mengkilap 

Mudah Dibersihkan

Mudah n

Coating mobil dapat memberikan efek water repellent. Efek Water repellent ini menyerupai air pada daun talas, dengan begitu air atau kotoran yang menempel pada bodi mobil dapat lebih mudah untuk di lap dan dibersihkan.

Air atau kotoran yang menempel tak mudah menempel pada bodi mobil yang sudah diproses coating. Berbeda dengan mobil yang tak di coating, air hujan yang menempel pada bodi bisa menimbulkan jamur jika tak segera dibersihkan dan dibiarkan mengering sendirinya.

Lebih Mengkilap

Lebih Mengkilap

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, coating dapat membuat tampilan eksterior mobil mengkilap. Lapisan coating punya kualitas yang lebih baik dari wax yang digunakan pada polesan reguler.

Waktu ketahanan wax juga biasanya tak lama. Lapisan wax paling bagus setidaknya mampu bertahan melindungi cat mobil selama tiga bulan. Setelahnya bila lapisan wax telah hilang, maka cat kembali memudar. Sementara lapisan coating dapat lebih bertahan lama hingga hitungan tahun. Apabila Anda merawat mobil dengan sangat apik, lapisan coating mobil dapat mampu bertahan hingga tiga tahun.

Tak Mudah Tergores

Tidak Mudah Tergores

Coating dapat membuat mobil lebih tahan akan goresan karena terdapat lapisan yang mampu melindungi mobil lebih. Semakin tebal lapisan coating mobil yang digunakan maka makin tahan terhadap goresan.

Keluarga Wuling, itulah paparan yang menjelaskan manfaat melakukan coating pada mobil sehingga membantu eksterior bodi mobil tetap kinclong dan seperti baru. Sebaiknya lakukan pada mobil kesayangan Anda, ya.