Ingin Bodi Mobil Anda Tetap Kinclong? Perhatikan Hal Ini | Wuling

Auto Tips

Ingin Bodi Mobil Anda Tetap Kinclong? Perhatikan Hal Ini

13 Juli, 2020

Image Ingin Bodi Mobil Anda Tetap Kinclong? Perhatikan Hal Ini

Sering kali Anda melihat mobil yang relatif masih muda usianya, namun sangat disayangkan cat pada bodi mobil baru tersebut  agak kusam ataupun kurang mengkilat. Mungkin saja hal tersebut terlihat sangat sepele, namun dengan tampilan yang kusam dan kurang mengkilat tersebut membuat mobil tersebut tampak tidak menarik.

Penggunaan mobil yang terus menerus, terkena panas, hujan, debu membuat mobil Anda nampak kusam dan tidak kinclong lagi. Ingin tahu tips nya supaya mobil Anda nampak selalu seperti mobil baru ?

Cuci dengan Sampo Mobil

Cuci dengan Sampo Mobil

Sempatkan untuk mencuci mobil setidaknya seminggu sekali. Atau jika mobil kita sudah terlihat agak kotor sebaiknya langsung saja di cuci karena kotoran yang menempel pada mobil jika dibiarkan terus menerus, lama kelamaan akan sulit dibuang dan merusak cat pada bodi mobil.

Jangan Parkir Terlalu Lama di Tempat Panas

Jangan Parkir Terlalu Lama di Tempat Panas 

Jangan sering memarkirkan mobil di tempat yang panas. Hal ini dikarenakan panas sinar matahari yang tidak mampu diserap oleh warna cat pada bodi mobil, apalagi bahan mobil yang terbuat dari seng akan menambah panasnya suhu pada bodi mobil.

Jangan Pakai Sarung Mobil Ketika Basah

Jangan Pakai Sarung Mobil Ketika Basah

Jangan biasakan menutupi mobil dengan sarung mobil ketika dalam keadaan basah, karena hawa lembab yang terjadi saat mobil dikerubungi dengan sarung mobil. Sebaiknya mobil dilap bersih terlebih dahulu sebelum ditutup dengan sarung mobil agar cat bodi mobil terlihat semakin awet dan semakin kinclong.

Lindungi Saat Parkir Malam

Lindungi Saat Parkir Malam

Jika Anda memarkir mobil di garasi pada malam hari, sebaiknya lindungi dengan sarung mobil. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan cat memudar dan terkena embun dalam jangka waktu yang lama dan melindungi gesekan benda dari benda keras.

Lap Mobil dengan Kain Lembut

Lap Mobil dengan Kain Lembut

Sebaiknya lap mobil menggunakan kain yang lembut. Hal ini agar cat mobil tidak tergores dan memudar. Ada 3 jenis kain yang biasa digunakan untuk mengelap mobil:

  • Lap Chamois

    Atau orang lebih mengenalnya dengan lap kanebo. Lap kanebo ini merupakan lap yang mempunyai kemampuan untuk menyerap air lebih banyak daripada lap biasa. Biasanya lap ini digunakan pada saat mengeringkan kendaraan. Lap chamois ini sebaiknya digunakan pada tahap setelah sekujur mobil di guyur air, kemudian masuk ke tahap pembersihan kotoran.

  • Lap Microfiber

    Yaitu lap yang mempunyai lubang-lubang micro yang didalamnya terdapat celah benang berbentuk kail. Fungsi utamanya adalah sebenarnya digunakan untuk menghilangkan noda air yang masih menempel pada body kendaraan. Setelah semua kering , maka lap microfiber ini bisa digunakan sebagai finishing.

  • Lap Wash Mitt

    Ini adalah pengembangan dari lap chamois dan lap microfiber yang dapat digunakan untuk mencuci mobil seperti halnya lap chamois. Dimana bentuknya seperti kantung yang mempunyai busa lembut didalamnya, tetapi lap ini tidak bisa dipakai untuk proses pengeringan hanya untuk mencuci saja.

Luangkan waktu setidaknya seminggu sekali untuk selalu mencuci bodi mobil Wuling Anda. Tentu ada rasa puas dan senang jika melihat mobil Anda nampak kinclong selayaknya mobil baru ‘kan?

Sumber: otomaniac.com & lifestyle.liputan6.com