Manfaat I-AMT Pada Mobil Wuling Cortez

30 January, 2020
clock-bold
4 menit membaca

Image Manfaat I-AMT Pada Mobil Wuling Cortez

Teknologi i-AMT ini yaitu Intelligent Automated Mechanical Transmission dan tersedia pada model Wuling Cortez 1.8. Ini mungkin terdengar sangat teknis namun sebenarnya cukup sederhana. Pertama-tama, sebagian besar dari kita sudah menyadari bahwa mobil tersedia dengan transmisi manual atau otomatis.

Cortez dan mobil Wuling lainnya tersedia dengan manual, lalu apakah i-AMT ini? Artikel ini akan menjelaskan manfaat dari i-AMT dan bagaimana cara kerjanya.

Apa i-AMT & Cara Kerjanya?

Apa i-AMT & Cara Kerjanya

Singkatnya, transmisi ini pada dasarnya ini adalah transmisi manual yang memiliki perangkat lunak atau robot yang melekat padanya untuk melakukan perubahan gigi untuk Anda. Di mana transmisi otomatis konvensional tidak memiliki cengkeraman dan dirancang dari bawah ke atas sebagai transmisi otomatis, i-AMT adalah transmisi manual dengan cengkeraman tradisional yang dikendalikan oleh robot bukan kaki kiri Anda pada kopling.

Baca juga: Perbedaan Transmisi Otomatis dan Manual Mobil

Perbedaan visual antara i-AMT dan otomatis konvensional adalah posisi roda gigi mereka, yang mana ransmisi otomatis konvensional memiliki PRNDL/PRND2L/PRNDS (+ -), i-AMT memiliki RNDS (+ -) berbeda dalam posisi 'P' untuk Park.

Mengendarai transmisi i-AMT pada dasarnya sama dengan mengemudi otomatis konvensional kecuali ketika parkir. Kalau di transmisi otomatis konvensional ada posisi park, dan ketika parkir di permukaan yang rata, Anda dapat menyetel tuas di posisi park dan mematikan mesin. Dalam transmisi i-AMT tidak ada posisi park. Ini berarti setiap kali parkir Anda harus meletakkan gigi ke N untuk netral dan selalu ingat untuk menyalakan tombol park atau rem elektronik untuk menghindari kendaraan bergerak dengan sendirinya.

Perawatan & Biaya

Perawatan & Biaya

Karenai-AMT pada dasarnya adalah transmisi manual, maka pemeliharaan dan biaya pada dasarnya sama dengan memiliki kendaraan manual, di mana seperti kita ketahui lebih murah dari transmisi otomatis konvensional. Perangkat lunak komputer atau unit robot yang melakukan perubahan gigi juga merupakan unit yang tahan lama dan membutuhkan perawatan  terjangkau. Secara keseluruhan jika dibandingkan dengan transmisi otomatis konvensional,i-AMT memiliki biaya operasional lebih rendah dan pekerjaan perawatan sederhana.

Kenyamanan & Keamanan Mengemudi

Kenyamanan & Keamanan Mengemudi

Memiliki Wuling Cortez yang dilengkapi dengan i-AMT berarti menggerakkannya ke dalam posisi drive dan jalan. Karena sebagian besar kota-kota besar di Indonesia menjadi semakin padat, bermain kopling di dalam kendaraan Anda melelahkan. i-AMT di Wuling Cortez dirancang khusus untuk menciptakan perubahan gigi yang mulus dan mulus tanpa input driver sambil selalu mengoptimalkan efisiensi bahan bakar terutama ketika dalam mode eco.

Manfaat lain yang sangat nyaman dari i-AMT di kota-kota besar yang padat adalah kemampuan parkir paralel dan meninggalkan kendaraan dalam keadaan netral, memungkinkan petugas parkir untuk memindahkan kendaraan Anda agar memberi jalan kendaraan lain yang akan meninggalkan ruang parkir. Namun ketika tidak parker paralel di depan kendaraan lain, selalu ingat untuk mengaktifkan rem tangan atau rem elektronik sebelum mematikan dan meninggalkan kendaraan.

Baca juga: Pahami Cara Kerja Electric Parking Brake

Kinerja Sesuai Permintaan

Kinerja Sesuai Permintaan

Wuling Cortez yang dilengkapi dengan i-AMT memiliki dua mode pengendaraan, eco untuk efisiensi bahan bakar maksimal dan sport. Mengaktifkan mode sport pada Cortez Anda memungkinkan Anda untuk mengetes kekuatan Cortez Anda saat Anda menginginkannya. Mode sport mengubah pengaturan perubahan gigi, memungkinkan putaran yang lebih tinggi dan perubahan gigi yang lebih agresif untuk mengemudi yang lebih sporty dan menantang.

Mode ini paling baik dirasakan di jalan tol panjang atau jalan gunung yang curam dan berliku. Untuk kinerja yang lebih tinggi, i-AMT Cortez memungkinkan Anda untuk menggeser gigi sendiri dengan memasukkan ke posisi S (+/-).

Penting untuk dicatat bahwa tidak setiap transmisi otomatis konvensional memberi Anda opsi atau fitur ini untuk menggeser gigi sendiri. Fitur ini harus dicoba ketika mengemudi di jalan pegunungan yang curam untuk mendapatkan performa terbaik dari Wuling Cortez Anda.

Baca juga: Maksimalkan Produktivitas dengan Teknologi i-AMT

Pada intinya i-AMT di Wuling Cortez adalah inovasi teknis, yang dirancang secara efisien untuk memberi pengemudi kenyamanan berkendara yang optimal tanpa mengorbankan kinerja yang mungkin diharapkan dari manual. Jika tinggal di kota yang padat, fitur ini dapat dipertimbangkan untuk mobil Cortez Anda.

Pada dasarnyai i-AMT menggabungkan kinerja manual dan daya tahan dengan kenyamanan otomatis. Ini sesuai dengan setiap kondisi mengemudi dan tidak mengeluarkan banyak biaya operasional.

Itulah manfaat i-AMT dan cara kerjanya pada mobil Wuling Cortez Anda. Semoga informasi ini bermanfaat!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer