Mengapa Ukuran Setir Mobil Berbeda?

25 May, 2021

Image Mengapa Ukuran Setir Mobil Berbeda?

Setir mobil adalah salah satu fitur yang memiliki peranan sangat penting dalam sebuah mobil, karena dipakai untuk mengontrol arah pergerakan mobil. Secara umum, setir mobil memiliki berbagai gaya dan tipe yang berbeda. Ada beberapa tipe dan ukuran setir mobil tergantung dari kegunaannya.

Tipe Setir Mobil

1. Tilt Steering Wheels

Tilt Steering Wheels

Tilt steering wheels adalah desain setir mobil yang memungkinkan pengemudi untuk mengubah posisi setir dengan cara menggerakkan ke arah atas dan bawah.

2. Telescope Steering Wheels

Telescope Steering Wheels

Telescope steering wheels atau setir teleskopik merupakan model roda kemudi yang tingginya bisa disesuaikan. Setir mobil ini bisa Anda sesuaikan sampai ke posisi yang tidak terbatas dalam jarak sekitar 3 inci.

3. Adjustable Steering Wheels

Adjustable Steering Wheels

Adjustable steering wheels dapat disetel untuk memudahkan Anda untuk menyesuaikan ketinggian setir, namun cara penyesuaian dibedakan dengan setir mobil teleskopis. Perubahan yang bisa dilakukan tidak terlalu mencolok jika dibandingkan dengan tilt steering.

4. Swing-Away Steering Wheels

Swing-Away Steering Wheels

Swing-away steering wheels atau setir mobil swing-away menjadi perangkat dalam mobil yang sangat menarik, karena membuat keluar dan masuk mobil menjadi lebih mudah. Setir mobil ini memungkinkan setir bergerak 9 inci ke arah kanan saat parkir kendaraan.

5. Recirculating Ball Steering Wheels

Recirculating Ball Steering Wheels

Recirculating ball steering wheels sangat memungkinkan Anda untuk memutar roda mobil. Lengan pitman menjadi bagian penting dalam sistem roda kemudi ini, karena bisa menghubungkan roda kemudi dengan link di bagian tengah dan batang pengikat di bagian poros pitman.

6. Rack-and-Pinion Steering Wheels

Rack-and-Pinion Steering Wheels

Rack and pinion steering wheels memungkinkan roda gigi akan ikut berputar saat roda kemudi Anda putarkan. Tindakan ini akan membantu menggerakan rak, sehingga bisa menggerakan roda mobil.

Apa yang Membuat Ukuran Setir Mobil Berbeda

Rack-and-Pinion Steering Wheels

Setir mobil untuk penggunaan sehari hari biasanya akan memiliki ukuran diameter sekitar 14 sampai 15 inci. Untuk setir mobil tipe racing biasanya memiliki ukuran diameter sekitar 12.6 sampai 13.8 inci dan ukuran ini juga sangat diperuntukan untuk mobil yang mengikuti kompetisi balapan.

Sebelum hadirnya power steering di jaman sekarang, ukuran setir mobil sangatlah dipengaruhi oleh bobot mobilnya. Hal ini dilakukan agar mobil nyaman dan tak terasa berat saat dipakai. Jika ukuran mobil semakin berat, maka ukuran setir mobil akan semakin besar untuk memudahkan pengemudi berbelok.

Sejak hadirnya power steering, maka bobot mobil sudah tidak berpengaruh lagi. Power steering mampu meringankan putaran kemudi, sehingga para pengendara lebih mudah kendarai mobil. Memutar setir mobil juga tidak memerlukan tenaga yang ekstra.

Jaman sekarang, pembuatan setir mobil tidak berpatokan pada ukuran diameter setirnya. Setidaknya ada beberapa unsur yang memberikan pengaruh pada penentuan ukuran setir mobil.

1. Luas Kabin

Luas Kabin

Luas kabin pastinya sangat berhubungan atau berkaitan dengan unsur yang ergonomis. Secara umum, ergonomis adalah suatu ilmu yang membahas mengenai berbagai pertimbangan dalam sebuah usaha mendesain suatu benda, lingkungan buatan atau kabin mobil dan tujuan utamanya adalah untuk membuat para pengguna mobil nyaman.

Dengan mempertimbangkan luas kabin dalam menentukan ukuran setir, maka mobil akan memiliki performa yang lebih stabil. Mobil dengan kabin yang kecil, maka cocok menggunakan setir yang ukurannya kecil dan sebaliknya.

2. Jenis Mobil

Jenis Mobil

Pertimbangan dalam menentukan ukuran setir juga dilihat dari jenis mobil yang dipakai. Jika mobil akan dipakai untuk kebutuhan harian, maka ukuran setir biasanya akan lebih besar dibandingkan ukuran setir mobil untuk racing/balapan.

3. Radius Putar

Radius Putar

Radius putar merupakan ukuran besar lingkaran setir pada saat mobil dibelokkan. Setiap jenis mobil pasti memiliki radius putar yang berbeda-beda. Jika ukuran mobil kecil, maka radius putar setirnya juga akan kecil. Radius putar akan dihitung dari posisi setir yang berputar sampai dengan mentok.

4. Ukuran Bahu Manusia

Ukuran Bahu Manusia

Ukuran bahu manusia juga akan berpengaruh terhadap penentuan ukuran setir mobil. Jika setir terlalu besar, maka tidak akan pas dengan ukuran bahu yang sebenarnya. Jika Anda melakukan modifikasi pada bagian setir mobil, sebaiknya ukurannya jangan terlalu jauh dari ukuran standarnya.

 

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer